Langsung ke konten utama

Tugas Marketing ( Tim Marketing ) Secara Umum

+Tugas tim marketing atau marketing secara umum dalam pemasaran
Apa Tugas marketing?, Kalau kita bicara tentang tugas marketing, Tentu tidak bisa lepas dari yang namanya tim marketing. Dan dalam tim marketing akan terdapat yang namanya marketer. Marketer sendiri mengarah pada SDM yang ada dalam sebuah perusahaan. Walaupun peroranganpun bisa menjadi marketer.

Sebelum kita masuk pembahasan tentang tugas marketing ( tim marketing ), Tentu kita harus mengerti apa itu marketing. Secara garis besar, Marketing adalah suatu proses yang dijalankan secara menyeluruh dan terencana sebagai penghubung antara perusahaan pembuat dan pemilik produk dengan konsumen.

Proses marketing diatas meliputi kegiatan Penciptaan produk, Memberi harga, Mendistribusikan produk dan Pelayanan purna jual. Dan semua itu tujuannya adalah untuk memberi kepuasan kepada konsumen. Kalau kita berpedoman pada proses marketing diatas, Tentu tugas marketing ( Tim marketing ) akan diarahkan pada beberapa hal berikut ini;
  1. Peciptaan produk
  2. Pendistribusian produk
  3. Pelayanan purna jual.

Selanjutnya kita akan membahas tugas marketing ( tim Marketing ) berdasarkan pada tiga ( 3 ) hal diatas..

Penciptaan Produk 
Apa tugas marketing ( Tim marketing ) Pada proses penciptaan produk ini?. Tugas marketing akan sangat penting pada tahap ini, Karena proses ini akan menjadi salah satu penentu pada kekuatan produk untuk bersaing dipasaran. Berikut beberapa tugas marketing jika berdasarkan pada penciptaan produk;
  1. Melakukan pengamatan pada karakter produk yang diinginkan konsumen, Ini akan menjadi tolak ukur perusahaan dalam menciptakan produk agar bisa bersaing dipasaran. Pada proses ini, Tehnologi pembuatan juga perlu untuk diperhatikan, Karena hal ini akan berkaitan dengan kualitas produk secara umum.
  2. Melakukan pengamatan pada harga untuk produk yang diinginkan konsumen. Hal ini sangat penting, Karena harga merupakan salah satu pertimbangan bagi konsumen dalam membeli produk. Pengamatan yang baik pada harga pesaing akan menambah kekuatan pada suatu produk dalam bersaing dipasar.
  3. Melakukan pengamatan pada kemasan produk dipasar, Termasuk dalam hal ini adalah perkembangan tehnologi dalam pengemasan barang. Kemasan yang baik akan bisa menggugah selera orang, Selain ini, Kemasan yang menarik juga akan bisa menarik perhatian dan keinginan konsumen pada suatu produk.


Pendistribusian produk
Kalau kita bicara tentang pendistribusian produk, Ini tidak sekedar pada bagaimana cara barang dikirim agar sampai ketangan konsumen. Tapi akan lebih jauh lagi. Yaitu meliputi;
  1. Pemberitahuan kepada konsumen tentang suatu produk ( Promosi/ Penjualan ). Ini bisa dilakukan melalui kegiatan promosi atau publikasi pada media dan atau dengan datang ketarget pasar melalui tenaga penjual. Ini merupakan langkah awal pada proses penjualan, Karena kegiatan ini termasuk pada aktivitas mencari pembeli.
  2. Mempengaruhi konsumen untuk membeli produk ( Promosi/ Penjualan ). Setelah calon konsumen tahu dan mengerti akan keberadaan produk dipasar, Tugas marketing ( Tim marketing ) selanjutnya adalah merayu atau membujuk calon konsumen agar mau membeli dan memakai produk. Ini merupakan langkah kedua dalam proses penjualan.
  3. Saluran distribusi ( Penjualan ). Ini merupakan salah satu aktivitas dari penjualan, Yaitu mencari calon pembeli. Dan pada perusahaan tertentu, Selain menggunakan saluran distribusi juga akan menugaskan tenaga penjual untuk langsung berhubungan dengan calon konsumen perseorangan. Dalam tahap ini, Tim marketing akan dihadapkan pada beberapa hal, Diantaranya tentang Kredibilitas calon relasi, Sistem transaksi, Sistem order dan lain-lain.
  4. Pengiriman produk ( Penjualan ).

Tugas marketing ( Tim marketing ) pada tahapan ini akan cenderung mengarah pada bagaimana barang sampai kepada konsumen atau bisa dikatakan pencapaian pada tujuan penjualan dan promosi. Dimana tim marketing akan diarahkan pada tugas untuk mengenalkan produk kepada konsumen, Merayu atau membujuk calon konsumen agar mau membeli dan menggunakan produk, Serta bagaimana produk akan disalurkan kepada konsumen.

Dalam tahapan ini, Tugas marketing ( Tim marketing ) akan selalu dihadapkan pada strategi pasar yang dijalankan oleh para pesaing. Untuk itu, Tugas tim marketing sebagai intelijen pasar akan sangat membantu perusahaan dalam menentukan strategi marketing ( Marketing Strategy ) yang akan dijalankan.

Pelayanan purna Jual
Tahapan ini sangat penting untuk dijalankan oleh tim marketing. Karena berhubungan dengan informasi kepuasan konsumen. Jika tahapan ini bisa dilaksanakan dengan baik, Peluang besar untuk terjadinya pembelian ulang akan terbuka lebar. Berikut beberapa contoh tugas tim marketing yang akan dijalankan pada tahap ini;
  1. Menanggapi komplain dari konsumen dengan baik dan sesuai aturan perusahaan.
  2. Melakukan tindak lanjut yang tepat saat ada pengajuan kerusakan pada masa garansi.
  3. Mengumpulkan informasi terkait produk dan pelayanan dari tim marketing. Ini merupakan bentuk perhatian kepada konsumen yang sudah memakai produk. Hal ini akan mampu menciptakan loyalitas konsumen terhadap suatu produk dan atau perusahaan.

Demikian tadi artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema tugas marketing ( Tim Marketing ) secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa kunjungi artikel marketing menarik lainnya dibawah ini;


Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit motor

Pengertian Dan Jenis Dress Wanita Berdasarkan Panjang Badan Serta Gambar

Pada lebaran tahun 2015, Dress merupakan salah satu pakaian atau baju wanita yang menjadi trend dipasaran. Dalam hal ini, Dress wanita dimaksud adalah dress wanita yang dikombinasi dengan model cardigan sehingga membentuk model baju wanita two pieces. Selain dari segi model, Dress wanita batik dan motif bunga juga mempunyai kontribusi besar dalam menciptakan trend baju dress di masyarakat.  Secara garis besar, Dress wanita dibagi menjadi 2 kategori besar, Yaitu dress wanita berdasarkan bentuk potongan dan model serta dress wanita berdasarkan ukuran panjang badan. Untuk pembahasan mengenai pembagian kategori dress wanita ini, Saudara bisa kunjungi artikel berikut ini. Kategori Dress Wanita Yang Sering Kita Dengan Dan pada artikel kali ini, Go Klaten Jualan Go akan membahas lebih dalam mengenai kategori dress wanita berdasarkan panjang badan. Untuk kategori ini, Macam atau jenis dress wanita akan dipengaruhi oleh ukuran panjang badan.  Berdasarkan kategori ukuran panja