Langsung ke konten utama

Tugas Marketing ( Tim Marketing ) Secara Umum

+Tugas tim marketing atau marketing secara umum dalam pemasaran
Apa Tugas marketing?, Kalau kita bicara tentang tugas marketing, Tentu tidak bisa lepas dari yang namanya tim marketing. Dan dalam tim marketing akan terdapat yang namanya marketer. Marketer sendiri mengarah pada SDM yang ada dalam sebuah perusahaan. Walaupun peroranganpun bisa menjadi marketer.

Sebelum kita masuk pembahasan tentang tugas marketing ( tim marketing ), Tentu kita harus mengerti apa itu marketing. Secara garis besar, Marketing adalah suatu proses yang dijalankan secara menyeluruh dan terencana sebagai penghubung antara perusahaan pembuat dan pemilik produk dengan konsumen.

Proses marketing diatas meliputi kegiatan Penciptaan produk, Memberi harga, Mendistribusikan produk dan Pelayanan purna jual. Dan semua itu tujuannya adalah untuk memberi kepuasan kepada konsumen. Kalau kita berpedoman pada proses marketing diatas, Tentu tugas marketing ( Tim marketing ) akan diarahkan pada beberapa hal berikut ini;
  1. Peciptaan produk
  2. Pendistribusian produk
  3. Pelayanan purna jual.

Selanjutnya kita akan membahas tugas marketing ( tim Marketing ) berdasarkan pada tiga ( 3 ) hal diatas..

Penciptaan Produk 
Apa tugas marketing ( Tim marketing ) Pada proses penciptaan produk ini?. Tugas marketing akan sangat penting pada tahap ini, Karena proses ini akan menjadi salah satu penentu pada kekuatan produk untuk bersaing dipasaran. Berikut beberapa tugas marketing jika berdasarkan pada penciptaan produk;
  1. Melakukan pengamatan pada karakter produk yang diinginkan konsumen, Ini akan menjadi tolak ukur perusahaan dalam menciptakan produk agar bisa bersaing dipasaran. Pada proses ini, Tehnologi pembuatan juga perlu untuk diperhatikan, Karena hal ini akan berkaitan dengan kualitas produk secara umum.
  2. Melakukan pengamatan pada harga untuk produk yang diinginkan konsumen. Hal ini sangat penting, Karena harga merupakan salah satu pertimbangan bagi konsumen dalam membeli produk. Pengamatan yang baik pada harga pesaing akan menambah kekuatan pada suatu produk dalam bersaing dipasar.
  3. Melakukan pengamatan pada kemasan produk dipasar, Termasuk dalam hal ini adalah perkembangan tehnologi dalam pengemasan barang. Kemasan yang baik akan bisa menggugah selera orang, Selain ini, Kemasan yang menarik juga akan bisa menarik perhatian dan keinginan konsumen pada suatu produk.


Pendistribusian produk
Kalau kita bicara tentang pendistribusian produk, Ini tidak sekedar pada bagaimana cara barang dikirim agar sampai ketangan konsumen. Tapi akan lebih jauh lagi. Yaitu meliputi;
  1. Pemberitahuan kepada konsumen tentang suatu produk ( Promosi/ Penjualan ). Ini bisa dilakukan melalui kegiatan promosi atau publikasi pada media dan atau dengan datang ketarget pasar melalui tenaga penjual. Ini merupakan langkah awal pada proses penjualan, Karena kegiatan ini termasuk pada aktivitas mencari pembeli.
  2. Mempengaruhi konsumen untuk membeli produk ( Promosi/ Penjualan ). Setelah calon konsumen tahu dan mengerti akan keberadaan produk dipasar, Tugas marketing ( Tim marketing ) selanjutnya adalah merayu atau membujuk calon konsumen agar mau membeli dan memakai produk. Ini merupakan langkah kedua dalam proses penjualan.
  3. Saluran distribusi ( Penjualan ). Ini merupakan salah satu aktivitas dari penjualan, Yaitu mencari calon pembeli. Dan pada perusahaan tertentu, Selain menggunakan saluran distribusi juga akan menugaskan tenaga penjual untuk langsung berhubungan dengan calon konsumen perseorangan. Dalam tahap ini, Tim marketing akan dihadapkan pada beberapa hal, Diantaranya tentang Kredibilitas calon relasi, Sistem transaksi, Sistem order dan lain-lain.
  4. Pengiriman produk ( Penjualan ).

Tugas marketing ( Tim marketing ) pada tahapan ini akan cenderung mengarah pada bagaimana barang sampai kepada konsumen atau bisa dikatakan pencapaian pada tujuan penjualan dan promosi. Dimana tim marketing akan diarahkan pada tugas untuk mengenalkan produk kepada konsumen, Merayu atau membujuk calon konsumen agar mau membeli dan menggunakan produk, Serta bagaimana produk akan disalurkan kepada konsumen.

Dalam tahapan ini, Tugas marketing ( Tim marketing ) akan selalu dihadapkan pada strategi pasar yang dijalankan oleh para pesaing. Untuk itu, Tugas tim marketing sebagai intelijen pasar akan sangat membantu perusahaan dalam menentukan strategi marketing ( Marketing Strategy ) yang akan dijalankan.

Pelayanan purna Jual
Tahapan ini sangat penting untuk dijalankan oleh tim marketing. Karena berhubungan dengan informasi kepuasan konsumen. Jika tahapan ini bisa dilaksanakan dengan baik, Peluang besar untuk terjadinya pembelian ulang akan terbuka lebar. Berikut beberapa contoh tugas tim marketing yang akan dijalankan pada tahap ini;
  1. Menanggapi komplain dari konsumen dengan baik dan sesuai aturan perusahaan.
  2. Melakukan tindak lanjut yang tepat saat ada pengajuan kerusakan pada masa garansi.
  3. Mengumpulkan informasi terkait produk dan pelayanan dari tim marketing. Ini merupakan bentuk perhatian kepada konsumen yang sudah memakai produk. Hal ini akan mampu menciptakan loyalitas konsumen terhadap suatu produk dan atau perusahaan.

Demikian tadi artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema tugas marketing ( Tim Marketing ) secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa kunjungi artikel marketing menarik lainnya dibawah ini;


Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...