Kalau kita bicara tentang strategi pemasaran atau marketing strategy, Tentu tidak hanya terbatas pada bagaimana produk bisa terdistribusi kepasar. Tapi lebih jauh dari itu, Kita akan berbicara mulai dari ide pembuatan produk sampai bagaimana pelayanan purna jual kepada konsumen.
Bagaimana dengan strategi pemasaran atau marketing strategy untuk jas hujan diera modern saat sekarang?
Kalau berpedoman pada dasar strategi pemasaran diatas, Tentu kita akan berfikir pada suatu perencanaan dan pembuatan jas hujan, Pemberian harga, dan Penjualan jas hujan. Dan ini bisa mengarah pada marketing mix.
Perencanaan produk
Bukan rahasia lagi bahwa orang mencari atau membeli jas hujan untuk melindungi diri dari air hujan. Ini jika ditinjau dari fungsi jas hujan paling dasar.
Apakah membuat jas hujan berdasarkan fungsi diatas produsen akan mampu sukses dipasaran?, Jawabannya belum tentu bisa. Hal ini terjadi karena akan banyak pesaing dipasar. Untuk itu diperlukan adanya perencanaan pembuatan produk jas hujan yang tidak hanya berdasar fungsi saja.
Lalu bagaimana membuat jas hujan agar bisa bersaing dipasaran?
Agar produk jas hujan bisa bersaing dipasaran, Tentu kita juga harus berpedoman pada hal lain selain fungsi dasar dari jas hujan. Untuk hal ini kita perlu memasukkan unsur fashion pada jas hujan yang akan diproduksi.
Kenapa kita memasukkan unsur fashion pada produk jas hujan?
Kita tahu bahwa fashion adalah perpaduan gaya atau style dengan desain. Sehingga dalam membuat jas hujan perlu kita masukkan unsur style dan desain. Dalam hal ini, Produsen harus mampu menciptakan jas hujan yang modis, Modis disini bisa diartikan memasukkan unsur trend busana yang sedang trend. Dalam hal ini memasukkan desain model baju trend akan memberi tampilan berbeda dengan jas hujan lainnya.
Jadi dalam perencanaan produk jas hujan, Memasukkan unsur fungsi dan model akan cenderung mempunyai nilai lebih tinggi jika dibanding jas hujan pada umumnya. Karena produk jas hujan modis ini akan mampu memberikan dua nilai kepada konsumen.
- Nilai pertama adalah dari fungsi jas hujan sebagai penahan air hujan.
- Nialai kedua adalah tampilan model jas hujan yang modis.
Selain fungsi diatas, Akan lebih baik jika produsen jas hujan menambahkan fungsi lain selain penahan air hujan, Yaitu fungsi kehangatan. Dalam hal ini, Produsen bisa menambahkan kain hangat pada bagian dalam jas hujan.
Harga Jas Hujan
Ini merupakan hal sensitif yang perlu mendapat perhatian dari produsen. Karena sedikit kesalahan dalam strategi harga, Produk tidak akan bisa terjual dengan optimal. Bagaimana dengan jas hujan modis?. Karena produk ini mempunyai dua nilai lebih, Apalagi jika modelnya unik dan menarik, Kadang sebagian orang tidak begitu memperhatikan harga. Namun akan lebih baik jika harga yang tawarkan memperlihatkan kewajaran.
Strategi penjualan
Kalau kita bicara strategi penjualan, Tentu kita akan bicara mulai dari usaha mencari pembeli, Menawarkan, Transaksi, Penyerahan barang dan pelayanan purna jual.
Untuk hal ini, Sebetulnya tidak ada perbedaan dengan produk-produk lainnya. Tapi ada perbedaan sedikit jika dibandingkan dengan strategi penjualan jas hujan pada umumnya. Karena jas hujan ini memasukkan usnsur modis atau fashion, Jadi produsen juga akan mempunyai peluang untuk menjual pada mitra penjual produk fashion. Dalam hal ini cenderung ketoko atau mitra yang menjual produk pakaian.
Strategi pemasaran modern produk jas hujan, strategi ini dimulai dari perencanaan produk yang menggabungkan unsur fungsi jas hujan pada umumnya dan fashion atau mode. Sehingga konsumen akan mendapatkan dua fungsi sekaligus, Yaitu jas hujan penahan air huajan dan dingin serta mendapat produk jas hujan modis. Dua nilai inilah yang akan membuat jas hujan modern mampu bersaing dipasaran.
Demikian artikel marketing dan trend busana dari Go Klaten Jualan Go dengan tema strategi pemasaran atau marketing strategy modern produk jas hujan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Saudara bisa kunjungi artikel marketing dan trend busana menarik lainnya dibwah ini;