Langsung ke konten utama

Definisi Penjualan dan Penjabarannya

Artikel tentang definisi penjualan serta uraian dan penjabaran dari definisi penjualan
Dalam kehidupan sehari- hari kita sering mendengar kata penjualan, Baik itu dari kalangan desa maupun kota. Apakah yang dimaksud dengan penjualan hanya sekedar pertukaran uang dengan barang?, Ada sebagian Masyarakat yang mengatakan begitu. Sebenarnya definisi atau pengertian penjualan itu lebih luas lagi. 

Apa itu penjualan?
Pengertian dan arti penjualan : Suatu proses usaha yang dilakukan oleh perseorangan atau team dengan segala sumber daya yang ada untuk mencari atau mendapatkan calon pembeli, Menawarkan dan membujuk calon pembeli agar mau membeli dan memanfaatkan produk yang ditawarkan sesuai yang diharapkan.

Kalau melihat pengertian diatas, Penjualan terdiri dari tahapan- tahapan usaha dan didukung dengan sumberdaya yang ada dalam pelaksanaan prosesnya. Penjabaran dari definisi penjualan diatas sebagai berikut:

  1. Suatu proses usaha : Bahwa usaha untuk mendapatkan order atau transaksi dilakukan melalui beberapa   tahapan tahapan. Tahapan itu meliputi mencari calon pembeli, Menawarkan dan membujuk calon pembeli, order atau transaksi.
  2. Dilakukan oleh perseorangan atau team : Bahwa dalam proses usaha mencapai tujuan yang ditetapkan, Penjualan bisa dilakukan dan atas nama pribadi atau bisa dilakukan team atau atas nama team.
  3. Mencari atau mendapatkan calon pembeli : Dalam tahap ini penjual melakukan segala sumber daya yang ada secara optimal untuk mendapatkan calon pembeli, Usaha ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara itu antara lain :  Pertama: dengan  menerjunkan sumber daya manusia yang didukung dengan sumber daya lainnya kelapangan langsung, Bisa dari rumah- kerumah, Bisa dari toko- ketoko. Kedua : Dengan pemasangan iklan atau promosi, Baik melalui sepanduk, iklan radio, iklan tivi dll. Ketiga : Dengan mengadakan atau mengikuti even- even. Keempat : Yang tidak kalah penting yaitu dengan memberikan pengalaman  baik, Benar dan menyenangkan kepada pemakai atau pembeli produk.
  4. Menawarkan dan membujuk calon pembeli : Setelah tahap poin tiga ( atau tahap pertama ) dijalankan dan menemukan calon pembeli, Selanjutnya penjual harus melakukan tahap ini, Yaitu Menawarkan produk dan merayu calon pembeli agar mau membeli dan memanfaatkan produk yang ditawarkan. Tentunya harus dilakukan dengan baik dan benar, Dalam tahap ini sumber daya yang ditugaskan harus menguasai pengetahuan dan seluk beluk produk yang ditawarkan, Setelah pengetahuan tentang produk dikuasai, Sumber daya yang ditugasi harus bisa menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan produk dengan baik dan benar. Sehingga calon pembeli yang melakukan pembelian benar- benar menerima barang sesuai dengan apa yang dijelaskan tenaga penjual atau deskripsi pada kemasan.
  5. Membeli dan memanfaatkan Produk : Jika poin 4 ( empat ) berjalan dengan baik dan menghasilkan transaksi yang sehat, Dimana pembeli menerima barang sesuai dengan apa yang dijelaskan tenaga penjual, Berarti sudah terjadi hal yang luar biasa. Hal yang luar biasa itu apa? Bukan sekedar ada yang sudah membeli produk, Tapi sumber daya penjual baru saja menyelesaikan dua tahapan ( poin 3 dan 4 diatas ). Yaitu pertama ( poin 3 ) tahapan Mencari calon penjual, Yang kedua ( Poin 4 ) tahapan menawarkan dan membujuk. Hal ini terjadi karena pembeli yang puas dan punya pengalaman  menyenangkan atas produk akan bercerita kepada saudara maupun teman- temannya.
Penjualan tidak sama dengan marketing atau pemasaran, Karena penjualan merupakan bagian dari proses marketing atau pemasaran, Dengan demikian cakupan penjualan lebih sempit jika dibandingkan dengan marekting atau pemasaran. Jika dilakukan pembandingan antara definisi penjualan diatas dengan pengertian marketing atau pemasaran akan bisa dilihat dengan jelas perbedaannya.

Apa pengertian marketing?, Saudara bisa kunjungi artikel dibawah ini;

*  Definisi marketing atau pemasaran

Demikian tadi sedikit uraian dari artikel definisi penjualan dan penjabarannya, Kritik dan saran yang membangun dari pembaca akan selalu saya nantikan guna perbaikan artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfat. Untuk artikel info marketing dan penjualan bisa kunjungi Halaman G+

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberapa tempat.