Langsung ke konten utama

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Dengan Strategi Pasar Baru

+Strategi cara membuka pasar baru untuk meningkatkan omset penjualan
Membuka pasar baru merupakan keharusan bagi produsen jika ingin meningkatkan omset penjualan, Pasar baru adalah salah satu strategi untuk meningkatkan omset penjualan bagi perusahaan. Banyak cara untuk pengembangan pasar baru, Dan masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Salah satu cara membuka pasar baru untuk meningkatkan omset penjualan adalah dengan membuka kerjasama dengan mitra baru dalam jumlah yang banyak. Namun dengan cara ini akan menyebabkan peningkatan biaya operasional. Tapi hal ini tidak akan jadi masalah jika persentase biaya operasional lebih kecil jika dibandingakan dengan peningkatan omset penjualan.

Pada artikel marketing kali ini, Go Klaten Jualan Go akan share tentang strategi membuka pasar baru dengan cara sebaliknya. Yaitu hanya membuka kerjasama dengan satu atau beberapa mitra. Bagaimana strategi membuka pasar baru ini?.

Caranya adalah dengan membalik dari kebiasaan membuka kerjasama dengan relasi baru dalam jumlah banyak menjadi membuka kerjasama dengan satu mitra distributor. Dalam menjalankan strategi ini, Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.

Pertimbangan pada Distributor

Dalam memilih Distributor untuk pasar baru, Tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, Dalam hal ini ada beberapa kriteria sebagai pertimbangan. Kriteria tersebut antara lain;
  1. Distributor harus sudah mempunyai jaringan luas, Dan bukan sekedar nama grosir atau distributor.
  2. Jaringan dari distributor harus berupa toko pengecer. Dan bukan penjual dari rumah kerumah.
  3. Jaringan distributor harus berupa toko pengecer yang berada diluar area dari toko produsen. Dan akan lebih baik jika toko terletak pada area yang lebih kecil. Misal di area kecamatan.
  4. Distributor harus mampu mengendalikan distribusi barang dengan baik, Hal ini agar tidak terjadi persaingan pasar dengan produsen.
  5. Distributor harus mempunyai team penjualan atau sales dan tim promosi ( Syarat Mutlak ).


Pertimbangan cara transaksi

Selain pertimbangan pada calon mitra atau distributor, Yang kedua adalah pertimbangan tentang cara transaksi. Ini merupakan hal yang penting dalam membuka pasar baru untuk meningkatkan omset penjualan, Karena akan berhubungan dengan perputaran barang dan cashflow perusahaan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk hal ini.
  1. Tempo pembayaran, Untuk masalah tempo pembayaran, Sebaiknya produsen melakukan evaluasi pada kekuatan produk yang dimiliki. Jika produk mempunyai kekuatan daya jual yang bagus, Mungkin tempo pembayaran bisa dipercepat. Namun jika percepatan ini diberlakukan untuk produk dengan daya jual rendah, Tentu akan susah terjadi kerjasama dalam usaha membuka pasar baru. 
  2. Untuk pengadaan barang, Hal ini juga hampir sama pada tempo pembayaran. Penentunya adalah Kekuatan daya jual produk. Jika daya jual produk lemah, Berikan kebebasan pada Distributor dalam hal produk mana yang akan dijual pada jaringan distribusinya. Hal ini juga bisa diberlakukan pada retur barang. Hati-hati dalam hal ini, Karena jika salah langkah tidak akan bisa membuka pasar baru.
  3. Diskon atau margin untuk distributor. Untuk hal ini, Produsen harus mempertimbangkan beberapa hal, Diantaranya daya saing produk dipasaran, Keuntungan perusahaan, Rata-rata tempo pembayaran dari toko pengecer, Margin dari Produsen lain. Karena beberapa hal ini akan sangat berpengaruh pada strategi meningkatkan omset penjualan.


Pertimbangan pembagian area

Pembagian area adalah hal yang sangat penting pada strategi membuka pasar baru ini, Dan sebaiknya dibicarakan oleh kedua belah pihak. Disini akan memuat kesepakatan toko mana yang akan dikerjakan oleh produsen, Dan toko mana yang akan dipegang oleh distributor untuk mencapai omset penjualan optimal.

Dengan strategi membuka pasar baru seperti ini, Diharapkan cara meningkatkan omset penjualan dengan persentase penambahan biaya operasional yang rendah akan dapat tercapai.

Demikian artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema cara  meningkatkan omset penjualan dengan strategi pasar baru melalui Distributor. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa kunjungi artikel marketing menarik lainnya dibawah ini;


Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit motor

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Jumpsuit Dan Overall Serta Perbedaannya

Dalam dunia fashion dan busana, Kadang kita mendengar istilah-istilah fashion yang tidak mengerti artinya. Diantara adalah istilah jumpsuit dan Overall. Tidak sedikit dari masyarakat akan memberikan sebutan salah pada dua model pakaian ini. Hal ini bisa terjadi karena bentuk modelnya yang hampir sama. Serupa tapi tak sama, Itu yang bisa katakan. Lalu dimana letak kesamaan dan perbedaan jumpsuit dengan overall? Sebelum kita menyebutkan perbedaan overall dan jumpsuit atau persamaan overall dengan jumpsuit, Alahkah baiknya kita mengenal pengertian dari dua model pakaian tersebut. Pengertian jumpsuit Jumpsuit adalah bagian dari model pakaian yang menggabungkan antara atasan dengan celana namun masih mempunyai bentuk dan karakter masing-masing. Pengertian Over all Overall adalah model pakaian mirip dengan jumpsuit berbahan jean atau denim yang dalam pemakaiannya harus dipadukan dengan dalaman kaos atau kemeja. Dari pengertian jumpsuit dan overall diatas, Kita akan

Pengertian Warna Monokrom Dan Contoh Warna Monocrom

Pengertian warna monokrom, Atau juga bisa ditulis monocrom dan monochrome. Istilah monokrom bisa kita temui dalam beberapa hal. Salah satunya adalah dunia fashion atau desain fashion. Karena fashion akan selalu memberikan sentuhan warna sesuai trend agar bisa memberikan daya tarik kepada konsumen fashion. Pengertian warna monokrom sendiri lebih mengacu pada kata pembentuknya. Yaitu mono dan chrome . Mono diartikan satu dan chrome adalah warna. Dalam bahasa Indonesia, Mono berarti satu dan chrome adalah warna. Jadi jika digabungkan monokrom berarti satu warna. Dalam fotografi, Monocrom bisa diartikan foto dengan gradasi tone yang hanya didasari satu warna dasar tanpa ada warna dasar lain. Misal warna biru tua dipadukan dengan warna dasar biru muda, Warna merah tua dipadukan dengan warna dasar merah muda dan sebagainya.  Jadi monocrom tidak terbatas hanya pada warna hitam dan putih yang biasa kita dengar selama ini. Monocrom bisa terjadi karena adanya warna turunan dari w