Langsung ke konten utama

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Dengan Strategi Pasar Baru

+Strategi cara membuka pasar baru untuk meningkatkan omset penjualan
Membuka pasar baru merupakan keharusan bagi produsen jika ingin meningkatkan omset penjualan, Pasar baru adalah salah satu strategi untuk meningkatkan omset penjualan bagi perusahaan. Banyak cara untuk pengembangan pasar baru, Dan masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Salah satu cara membuka pasar baru untuk meningkatkan omset penjualan adalah dengan membuka kerjasama dengan mitra baru dalam jumlah yang banyak. Namun dengan cara ini akan menyebabkan peningkatan biaya operasional. Tapi hal ini tidak akan jadi masalah jika persentase biaya operasional lebih kecil jika dibandingakan dengan peningkatan omset penjualan.

Pada artikel marketing kali ini, Go Klaten Jualan Go akan share tentang strategi membuka pasar baru dengan cara sebaliknya. Yaitu hanya membuka kerjasama dengan satu atau beberapa mitra. Bagaimana strategi membuka pasar baru ini?.

Caranya adalah dengan membalik dari kebiasaan membuka kerjasama dengan relasi baru dalam jumlah banyak menjadi membuka kerjasama dengan satu mitra distributor. Dalam menjalankan strategi ini, Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.

Pertimbangan pada Distributor

Dalam memilih Distributor untuk pasar baru, Tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, Dalam hal ini ada beberapa kriteria sebagai pertimbangan. Kriteria tersebut antara lain;
  1. Distributor harus sudah mempunyai jaringan luas, Dan bukan sekedar nama grosir atau distributor.
  2. Jaringan dari distributor harus berupa toko pengecer. Dan bukan penjual dari rumah kerumah.
  3. Jaringan distributor harus berupa toko pengecer yang berada diluar area dari toko produsen. Dan akan lebih baik jika toko terletak pada area yang lebih kecil. Misal di area kecamatan.
  4. Distributor harus mampu mengendalikan distribusi barang dengan baik, Hal ini agar tidak terjadi persaingan pasar dengan produsen.
  5. Distributor harus mempunyai team penjualan atau sales dan tim promosi ( Syarat Mutlak ).


Pertimbangan cara transaksi

Selain pertimbangan pada calon mitra atau distributor, Yang kedua adalah pertimbangan tentang cara transaksi. Ini merupakan hal yang penting dalam membuka pasar baru untuk meningkatkan omset penjualan, Karena akan berhubungan dengan perputaran barang dan cashflow perusahaan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk hal ini.
  1. Tempo pembayaran, Untuk masalah tempo pembayaran, Sebaiknya produsen melakukan evaluasi pada kekuatan produk yang dimiliki. Jika produk mempunyai kekuatan daya jual yang bagus, Mungkin tempo pembayaran bisa dipercepat. Namun jika percepatan ini diberlakukan untuk produk dengan daya jual rendah, Tentu akan susah terjadi kerjasama dalam usaha membuka pasar baru. 
  2. Untuk pengadaan barang, Hal ini juga hampir sama pada tempo pembayaran. Penentunya adalah Kekuatan daya jual produk. Jika daya jual produk lemah, Berikan kebebasan pada Distributor dalam hal produk mana yang akan dijual pada jaringan distribusinya. Hal ini juga bisa diberlakukan pada retur barang. Hati-hati dalam hal ini, Karena jika salah langkah tidak akan bisa membuka pasar baru.
  3. Diskon atau margin untuk distributor. Untuk hal ini, Produsen harus mempertimbangkan beberapa hal, Diantaranya daya saing produk dipasaran, Keuntungan perusahaan, Rata-rata tempo pembayaran dari toko pengecer, Margin dari Produsen lain. Karena beberapa hal ini akan sangat berpengaruh pada strategi meningkatkan omset penjualan.


Pertimbangan pembagian area

Pembagian area adalah hal yang sangat penting pada strategi membuka pasar baru ini, Dan sebaiknya dibicarakan oleh kedua belah pihak. Disini akan memuat kesepakatan toko mana yang akan dikerjakan oleh produsen, Dan toko mana yang akan dipegang oleh distributor untuk mencapai omset penjualan optimal.

Dengan strategi membuka pasar baru seperti ini, Diharapkan cara meningkatkan omset penjualan dengan persentase penambahan biaya operasional yang rendah akan dapat tercapai.

Demikian artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema cara  meningkatkan omset penjualan dengan strategi pasar baru melalui Distributor. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa kunjungi artikel marketing menarik lainnya dibawah ini;


Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberap...

Kalimat Promosi Jual hp Second atau Handphone Bekas Yang Trend

Promosi merupakan salah satu roh dari martketing dalam usaha menginformasikan suatu produk. Karena dengan promosi orang atau calon konsumen akan menjadi tahu tentang produk atau usaha kita. Bagaimana dengan Jual handphone atau jual hp bekas?. Handphone juga merupakan produk, Jadi juga tidak akan lepas dari yang namanya promosi. Banyak cara telah dilakukan oleh orang yang jual hp second atau handphone bekas dalam mengkampanyekan produk yang dijual. Salah satunya dalam bentuk tulisan. Biasanya tulisan ini ditempatkan pada media banner yang dipajang didepan toko handphone, Selain itu, Bisanya banner dibuat dalam warna yang mencolok. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang yang lewat depan toko hp tersebut. Selain warna banner yang mencolok, Biasanya kalimatnya juga sangat menarik dan menggugah orang yang lewat. Sebetulnya banyak kata-kata atau kalimat yang sering kita jumpai dalam promosi jual hp second atau handphone Bekas. Berikut beberapa kata promosi atau k...