Langsung ke konten utama

Definisi Cash Diskon Serta Pertimbangan Dalam Memberi Cash Dicount

Pertimbangan penjual untuk memberikan cash diskon adalah kekuatan produk
Dalam transaksi penjualan, Sering kita mendengar istilah cash diskon. Apakah kita sudah tahu apa itu cash diskon?, Saya yakin dari pembaca sudah banyak yang tau artinya. Tapi tidak ada salahnya kalau kita mengingat kembali arti atau pengertian cash diskon.

Berikut adalah pengertian cash diskon;

Arti atau pengertian cash diskon Adalah potongan tunai yang diberikan dari fihak penjual kepada fihak pembeli karena melakukan pembayaran lebih cepat dari tempo yang semestinya sesuai ketentuan.

Ketentuan yang dimasud adalah mengacu pada syarat pembayaran. Berikut beberapa contoh syarat pembayaran dan pengertiannya;

  1. 4/10 n/30, Yang artinya pembeli akan mendapat potongan cash diskon sebesar 4% jika melakukan pembayaran maksimal 10 hari dari tanggal nota atau tanggal barang sampai sesuai kesepakatan awal. Berdasar syarat diatas tempo pembayaran adalah 30 hari.
  2. 4/10 2/20 n/45, Yang artinya pembeli akan mendapat potongan cash diskon sebesar 4% jika melakukan pembayaran maksimal 10 hari, Dan akan mendapat cash diskon 2% jika pembayaran dilakukan dalam waktu maksimal 20 hari dari tanggal nota atau tanggal barang sampai sesuai kesepakatan awal. Berdasar syarat pembayaran diatas, Tempo pembayaran 45 hari.
Potongan pembayaran ditawarkan kepada pembeli dengan maksud atau tujuan agar pembeli melakukan pembayaran hutangnya lebih cepat dari tempo yang telah ditentukan. Yang jadi pertanyaan, Apa yang  menjadi dasar  pertimbangan penjual memberikan cash diskon kepada pembeli?.

Beberapa penjual mungkin memberikan cash diskon kepada pembeli dengan dasar pertimbangan cash flow perusahaan,  Karena semakain cepat pembayaran dilakukan uang akan bisa diputar lagi untuk mengasilkan. Namun dalam kondisi tertentu tidak semua pembeli mau melakukan pembayaran lebih cepat agar mendapatkan cash diskon atau potongan pembayaran. Hal ini terjadi jika produk atau barang dari penjual tidak laku dipasaran, Karena dalam kondisi seperti ini pembeli atau fihak toko akan cenderung menunda pembayaran sampai jatuh tempo dan akan menggunakan uangnya untuk berbelanja produk yang lebih laku dipasaran.

Tapi jika barang penjual laku dipasaran, Besar kemungkinan pembeli akan memanfaatkan peluang untuk mendapatkan cash diskon. Tapi dalam kondisi seperti ini, Dimana barang mempunyai daya saing kuat dan laku keras dipasaran, Mungkin penjual tidak akan menawarkan cash diskon. Hal ini terjadi karena tanpa penawaran cash diskonpun akan banyak pembeli melakukan permintaan barang, Jadi pembeli mana yang melakukan pembayaran lebih bagus akan mendapat prioritas dalam pengadaan barang. 

Berdasarkan uraian diatas, Dimana penjual akan menawarkan cash diskon dengan dasar pertimbangan barang kurang laku dipasaran, Namun pembeli belum tentu akan mengambil cash diskon tersebut. Dan pada kondisi lain disaat produk laku keras dipasaran pembeli akan mengejar untuk memanfaatkan cash diskon, Tapi belum tentu penjual memberikan tawaran cash diskon, Jadi akan lebih tepat jika penjual menawarkan cash diskon pada saat produk dalam posisi menengah, Yaitu tidak terlalu laku keras namun  produk juga masih laku dipasaran.

Kalau membaca uraian diatas, Untuk memberikan tawaran cash diskon, penjual tidak hanya semata- mata mendasarkan pada cash fow perusahaan, Tapi juga akan memperhatikan kekuatan daya saing produk dipasaran. Karena pada saat produk laku keras dipasaran, Tanpa menawarkan cash diskonpun cash flow tetap akan lancar, Karena pembeli akan beromba-lomba untuk mendapatkan barang dari penjual.

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral barang sisa lebaran

Cara Menghitung Jumlah Maksimal Retur Penjualan Ideal Berdasar Harga Pokok Penjualan

Seperti telah disebutkan pada posting sebelumnya, Bahwa dalam menentukan jumlah maksimal retur menggunakan dasar penentuan jumlah dan persentase retur ideal. Salah satu dasar penentuan atau batasan jumlah atau persentase retur penjualan yang ideal adalah dengan berdasar harga pokok penjualan barang.  Apa saja dasar dalam menentukan batasan retur ideal?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini; *   dasar penentuan jumlah dan persentase retur idea l Disini harga pokok penjualan digunakan sebagai rambu-rambu untuk memberikan kebijakan batasan jumlah maksimal retur.  penjualan agar tidak  berpengaruh negatif atau menimbulkan kerugian pada perusahaan. Agar penentuan batasan jumlah maksimal retur tidak merugikan perusahaan, Tentunya perlu dilakukan perhitungan yang matang dan benar agar memberikan hasil yang optimal. Dan perhitungan dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain akan cenderung berbeda, Hal ini disebabkan karena perbedaan kebijakan biaya yang berhubu