Langsung ke konten utama

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.

Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal.

Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi "Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan". Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB".

Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat "5 Menit cair". dalam banner promosinya.

Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam. 

Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon konsumen untuk mengikuti ajakan. Jika dalam koperasi, Ini akan memberi daya tarik kepada anggota maupun calon anggota.

Yang jadi pertanyaan adalah, Benarkah kalimat diatas bisa digunakan untuk memenangkan persaingan dalam usaha menarik anggota maupun calon anggota?

Selanjutnya mari kita bahas dan menganalisa contoh strategi promosi koperasi simpan pinjam yang sering kita temui dipinggir jalan tersebut.

Berikut contoh banner promosinya.

+Banner promosi, +Contoh banner promosi ksp, +Baner promosi koperasi simpan pinjam, +Strategi promosi koperasi simpan pinjam, +Cara promosi koperasi simpan pinjam
Contoh banner promosi Koperasi Simpan Pinjam
Foto diatas adalah salah satu contoh banner promosi dari koperasi simpan pinjam. Dalam perjalanan, Kita akan dengan mudah menemukan banner promosi dengan materi seperti diatas.

Dalam strategi promosi ksp diatas, Kekuatan pelayanan digunakan sebagai daya tarik untuk memenangkan persaingan, Hal itu bisa terlihat dari kalimat "5 Menit cair". 

Terkait dengan pertanyaan diatas, Yaitu " Benarkah kalimat tersebut akan bisa memenangkan persaingan guna menarik calon konsumen"?. Mari kita analisa lebih lanjut.

Sebelum menjawab pertanyaan itu, Mari kita mengingat. Pernahkan Saudara melihat Kalimat promosi "5 Menit cair" Dari Koperasi lainnya?.Jika pernah atau bahkan hampir semua KSP menggunakan kalimat tersebut, Bisa dipastikan kalimat tersebut bukan merupakan kekuatan dalam usaha menarik konsumen untuk meminjam dana dari pengiklan. Dalam hal ini, Calon anggota koperasi bisa meminjam dana dari koperasi lain yang juga mampu memberikan pelayan 5 menit cair.

Setelah membaca uraian diatas, Bagi saya pribadi kalimat promosi "5 Menit cair" sudah bukan merupakan kekuatan untuk menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam yang akan mampu memikat calon anggota.

Kenapa demikian?. Karena sudah banyak KSP menggunakan kalimat tersebut dalam kampanye promosinya.

Dari banner promosi koperasi simpan pinjam diatas, Saya melihat ada tiga bagian materi. 
  1. Materi pertama pada kalimat "OJO NGEBUT MAS, AKU ISIH TRESNO SLIRAMU" ( Jangan ngebut Mas, Aku masih cinta kamu ). Ini adalah bagian untuk menarik perhatian masyarakat agar mau melihat banner promosi yang dipasang. ( Tanda panah kuning )
  2. Materi kedua adalah inti promosi guna pemikat masyarakat. Ini bisa terlihat pada kalimat " 5 menit cair ". ( Pada banner terdapat kalimat Jaminan BPKB ). ( Pada tanda panah merah).
  3. Sedangkan pada area yang saya blog kuning merupakan infomasi instansi dan nomor kontak yang bisa dihubungi.
Setelah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam diatas, Saya pribadi agak ragu dengan keberhasilan materi pertama, Yaitu pada bagian yang digunakan untuk menarik perhatian " Ojo Ngebut Mas, Aku Isih Tresno Sliramu".

Kalau kita perhatikan, Kalimat tersebut sangat kalah dari Materi kedua " 5 Menit Cair". Baik itu dari segi ukuran maupun warnanya. Menurut saya, Saat orang melihat banner promosi tersebut pandangan akan langsung tertuju pada kalimat "5 Menit cair". Setelah itu baru akan melihat kalimat yang lain.

Jika pencantuman materi pertama ditujukan utuk menarik perhatian masyarakt agar mau melihat banner promosi, Saya bisa bilang itu kurang berhasil.  Kenapa demikian?, Karena pandangan orang akan lebih tertuju pada materi kedua, Yaitu " 5 Menit cair" yang dicantumkan dengan huruf berukuran serta desain lebih super terlihat.

Kalau kita kaitkan dengan uraian sebelumnya, Yaitu bahwa kalimat ' 5 Menit cair" bukan merupakan daya tarik kuat lagi, Bisa jadi tujuan pemasangan banner oleh KSP tersebut hanya sebagai pemberitahuan yang sifatnya biasa.

Dari uraian diatas, Sedikit banyak kita bisa menyimpulkan sebagai berikut;
  1. Bahwa Kalimat paling atas " Ojo ngebut mas, Aku isih tresno sliramu " kalah dari segi daya fokus pandang dibandingkan kalimat " 5 Menit cair". 
  2. Inti dari kalimat promosi ( 5 Menit cair ) yang digunakan sebagai daya tarik atau ajakan agar calon anggota lebih memilih untuk meminjam dari pemasang iklan sudah kurang menarik lagi. Hal ini dikarenakan pesaing juga menawarkan hal yang sama.
  3. Dari segi keberhasilan strategi promosi Koperasi Simpan Pinjam diatas menurut saya kurang optimal. 
Diatas adalah pendapat saya, Bisa jadi Saudara atau pemasang banner berpendapat lain karena analisa dilakukan dari sudut pandang yang berbeda. Demikian artikel promosi dari blog marketing dan busana-BW dengan tema Contoh strategi promosi Koperasi simpan pinjam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara bisa kunjungi artikel menarik lainnya dibawah ini,

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...

Kalimat Promosi Jual hp Second atau Handphone Bekas Yang Trend

Promosi merupakan salah satu roh dari martketing dalam usaha menginformasikan suatu produk. Karena dengan promosi orang atau calon konsumen akan menjadi tahu tentang produk atau usaha kita. Bagaimana dengan Jual handphone atau jual hp bekas?. Handphone juga merupakan produk, Jadi juga tidak akan lepas dari yang namanya promosi. Banyak cara telah dilakukan oleh orang yang jual hp second atau handphone bekas dalam mengkampanyekan produk yang dijual. Salah satunya dalam bentuk tulisan. Biasanya tulisan ini ditempatkan pada media banner yang dipajang didepan toko handphone, Selain itu, Bisanya banner dibuat dalam warna yang mencolok. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang yang lewat depan toko hp tersebut. Selain warna banner yang mencolok, Biasanya kalimatnya juga sangat menarik dan menggugah orang yang lewat. Sebetulnya banyak kata-kata atau kalimat yang sering kita jumpai dalam promosi jual hp second atau handphone Bekas. Berikut beberapa kata promosi atau k...