Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.
Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal.
Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi "Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan". Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB".
Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat "5 Menit cair". dalam banner promosinya.
Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.
Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon konsumen untuk mengikuti ajakan. Jika dalam koperasi, Ini akan memberi daya tarik kepada anggota maupun calon anggota.
Yang jadi pertanyaan adalah, Benarkah kalimat diatas bisa digunakan untuk memenangkan persaingan dalam usaha menarik anggota maupun calon anggota?
Selanjutnya mari kita bahas dan menganalisa contoh strategi promosi koperasi simpan pinjam yang sering kita temui dipinggir jalan tersebut.
Berikut contoh banner promosinya.
Berikut contoh banner promosinya.
Contoh banner promosi Koperasi Simpan Pinjam |
Foto diatas adalah salah satu contoh banner promosi dari koperasi simpan pinjam. Dalam perjalanan, Kita akan dengan mudah menemukan banner promosi dengan materi seperti diatas.
Dalam strategi promosi ksp diatas, Kekuatan pelayanan digunakan sebagai daya tarik untuk memenangkan persaingan, Hal itu bisa terlihat dari kalimat "5 Menit cair".
Terkait dengan pertanyaan diatas, Yaitu " Benarkah kalimat tersebut akan bisa memenangkan persaingan guna menarik calon konsumen"?. Mari kita analisa lebih lanjut.
Sebelum menjawab pertanyaan itu, Mari kita mengingat. Pernahkan Saudara melihat Kalimat promosi "5 Menit cair" Dari Koperasi lainnya?.Jika pernah atau bahkan hampir semua KSP menggunakan kalimat tersebut, Bisa dipastikan kalimat tersebut bukan merupakan kekuatan dalam usaha menarik konsumen untuk meminjam dana dari pengiklan. Dalam hal ini, Calon anggota koperasi bisa meminjam dana dari koperasi lain yang juga mampu memberikan pelayan 5 menit cair.
Setelah membaca uraian diatas, Bagi saya pribadi kalimat promosi "5 Menit cair" sudah bukan merupakan kekuatan untuk menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam yang akan mampu memikat calon anggota.
Kenapa demikian?. Karena sudah banyak KSP menggunakan kalimat tersebut dalam kampanye promosinya.
Kenapa demikian?. Karena sudah banyak KSP menggunakan kalimat tersebut dalam kampanye promosinya.
Dari banner promosi koperasi simpan pinjam diatas, Saya melihat ada tiga bagian materi.
- Materi pertama pada kalimat "OJO NGEBUT MAS, AKU ISIH TRESNO SLIRAMU" ( Jangan ngebut Mas, Aku masih cinta kamu ). Ini adalah bagian untuk menarik perhatian masyarakat agar mau melihat banner promosi yang dipasang. ( Tanda panah kuning )
- Materi kedua adalah inti promosi guna pemikat masyarakat. Ini bisa terlihat pada kalimat " 5 menit cair ". ( Pada banner terdapat kalimat Jaminan BPKB ). ( Pada tanda panah merah).
- Sedangkan pada area yang saya blog kuning merupakan infomasi instansi dan nomor kontak yang bisa dihubungi.
Setelah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam diatas, Saya pribadi agak ragu dengan keberhasilan materi pertama, Yaitu pada bagian yang digunakan untuk menarik perhatian " Ojo Ngebut Mas, Aku Isih Tresno Sliramu".
Kalau kita perhatikan, Kalimat tersebut sangat kalah dari Materi kedua " 5 Menit Cair". Baik itu dari segi ukuran maupun warnanya. Menurut saya, Saat orang melihat banner promosi tersebut pandangan akan langsung tertuju pada kalimat "5 Menit cair". Setelah itu baru akan melihat kalimat yang lain.
Jika pencantuman materi pertama ditujukan utuk menarik perhatian masyarakt agar mau melihat banner promosi, Saya bisa bilang itu kurang berhasil. Kenapa demikian?, Karena pandangan orang akan lebih tertuju pada materi kedua, Yaitu " 5 Menit cair" yang dicantumkan dengan huruf berukuran serta desain lebih super terlihat.
Kalau kita kaitkan dengan uraian sebelumnya, Yaitu bahwa kalimat ' 5 Menit cair" bukan merupakan daya tarik kuat lagi, Bisa jadi tujuan pemasangan banner oleh KSP tersebut hanya sebagai pemberitahuan yang sifatnya biasa.
Dari uraian diatas, Sedikit banyak kita bisa menyimpulkan sebagai berikut;
- Bahwa Kalimat paling atas " Ojo ngebut mas, Aku isih tresno sliramu " kalah dari segi daya fokus pandang dibandingkan kalimat " 5 Menit cair".
- Inti dari kalimat promosi ( 5 Menit cair ) yang digunakan sebagai daya tarik atau ajakan agar calon anggota lebih memilih untuk meminjam dari pemasang iklan sudah kurang menarik lagi. Hal ini dikarenakan pesaing juga menawarkan hal yang sama.
- Dari segi keberhasilan strategi promosi Koperasi Simpan Pinjam diatas menurut saya kurang optimal.
Diatas adalah pendapat saya, Bisa jadi Saudara atau pemasang banner berpendapat lain karena analisa dilakukan dari sudut pandang yang berbeda. Demikian artikel promosi dari blog marketing dan busana-BW dengan tema Contoh strategi promosi Koperasi simpan pinjam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara bisa kunjungi artikel menarik lainnya dibawah ini,