Langsung ke konten utama

Perbedaan Penjualan Putus bantu dan Semi konsinyasi


+bedanya transaksi penjualan semi konsinyasi dan penjualan putus bantu
Mungkin beberapa dari kita sudah pernah atau bahkan sering mendengar kata penjualan semi konsinyasi dan atau penjualan putus bantu, Dan beberapa orang mengatakan keduanya sama, Dengan alasan keduanya sama-sama bisa retur. Tapi kalau kita pahami lebih dalam pada kedua transaksi diats, Kita akan bisa membedakannya.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang perbedaan dua cara penjualan diatas, Alangkah baiknya kita mengerti dahulu definisi dari masing-masing cara penjualan tersebut.

Dibawah ini adalah definisi penjulan semi konsinyasi dan penjualan putus bantu;

*  Penjualan semi konsinyasi
*  Penjualan putus bantu,

Selanjutnya mari kita bahas perbedaannya, Dan pembahasan perbedaan kedua transaksi diatas justru dari hal yang dianggap menjadi persamaan, Yaitu sama- sama bisa retur. Dan saya juga akan membedakan dari  pembayaran serta cara order .


Berikut beberapa perbedaan penjualan semi konsinyasi dan penjualan putus bantu :

Dari dasar jumlah retur
Pada transaksi putus bantu, Jumlah retur dilakukan pembatasan dalam bentuk persentase, Misal retur maksimal 25% dari jumlah nominal nota yang akan dibayar. Sedangkan pada transaksi penjualan semi konsinyasi  pembatasan retur bukan dengan persentase tertentu, Tapi sisa stok barang untuk nota tabggal pengiriman tertentu. Jadi dalam transaksi penjualan semi konsinyasi retur  tidak ada pembatasan jumlah. 

Dari dasar jumlah item yang diretur 
Pada transaksi putus bantu, Kadang jumlah retur peritemnya mengisyaratkan ketentuan tertentu, Misal item AA order 6pcs, Jika untuk item AA stok masih minimal 3 pcs bisa diretur, tapi jika stok untuk item AA Cuma 2pcs tidak bisa diretur. Sedangkan untuk transaksi semi  konsinyasi sebagian besar sisa stok bisa diretur berapapun jumlahnya.

Pembayaran atas nominal nota pengiriman awal 
Pada transaksi putus bantu, pembayaran atas nota pengiriman awal bisa langsung dipotong retur sesuai ketentuan dalam perjanjian, Sedangkan untuk pemotongan retur atas pembayaran pada transaksi semi konsinyasi bisa dilakukan pada saat retur sudah dilkukan, Yaitu setelah barang berada ditoko untuk jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan, Jadi pada transaksi penjualan semi konsinyasi, pembayaran untuk nota pengiriman pertama  bisa dikatakan penuh.

Cara order barang
Pada penjualan putus bantu rata- rata dengan melihat sampel produk atau catalog. Hal ini karena fihak took sebagai pengorder akan menanggung resiko kerugian atas produk tidak laku. Pada penjualan semi konsinyasi untuk order rata- rata dilakukan dengan open order, Jadi untuk setiap ada produk model baru akan dikirim.

Demikian artikel marketing dan penjualan dari Go Klaten Jualan Go dengan tema perbedaan penjualan putus bantu dan semi konsinyasi. semogo artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Marketing dan penjualan di G+

ARTIKEL MARKETING DAN PENJUALAN LAINNYA

*  Pengertian Penjualan Online 
*  Perkembangan Strategi menjual Busana Muslim 
*  Cara Menjual Busana Dirumah tanpa Toko 
*  Definisi Penjualan dan Penjabarannya 
*  Definisi Sistem Penjualan dan Unsurnya 

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberapa tempat.