Langsung ke konten utama

Penyebab Sales Enggan Ketoko untuk Kunjungan

+beberapa penyebab serta alasan yang mendorong sales atau tenaga penjualan tidak melakukan kunjungan ketoko relasi
Seorang sales atau tenaga penjualan biasanya akan sering melakukan kunjungan ketoko relasi untuk melakukan order barang atau untuk melakukan penagihan. Namun kunjungan biasanya berdasarakan jadwal yang sudah dibuat atau ditentukan sebelumnya oleh sales dengan bersetujuan atasannya.

Namun untuk beberapa kasus, Seorang sales atau tenaga penjualan kadang enggan atau tidak mau berkunjung ketoko. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal atau alasan kenapa seorang sales atau tenaga penjual enggan dan bahkan tidak mau melakukan kunjungan ketoko.

Karena pelayanan yang lambat dari fihak terkait didalam toko
Kecepatan pelayanan dari toko akan sangat berpengaruh terhadap hasil kinerja seorang sales dilapangan jika dihubunkan dengan waktu yang disediakan dan atau jadwal yang sudah disusun. Karena keterlambatan pelayanan dari fihak toko akan mempengaruhi jadwal kunjungan untuk toko- toko berikutnya, Yang akibatnya seorang sales atau tenaga penjual harus membuat janji baru dengan relasi seanjutnya. 

Dan untuk membuat janji bertemu yang baru tidaklah mudah, Karena kadang fihak toko juga sudah membuat   jadwal yang lain juga. Bayangkan jika janji kedua ini tidak bisa, Dan akhirnya muncul janji ketemu yang ketiga, Mungkin seorang tenaga penjual harus membuat jadwal kunjungan yang lebih rumit dan akan terjadi pengorbanan biaya tambahan yang tidak sedikit.

Menunggu ditoko tanpa kejelasan dan kepastian 
Dimana seorang sales harus menunggu namun tidak ada balasan atau informasi fihak terkait dari toko mengenai jam berapa bisa ketemu, order atau tidak, Pembayarannya bagaimana. Apakah ada toko yang seperti ini?, Jawaban saya ada.

Susah untuk menemuai bagian terkait dari toko
Mungkin karena kesibukan kerja atau penyebab lain sehingga petugas dari toko sangat susah ditemuai dan tidak meninggalkan pesan apapun untuk sales bersangkutan. Karena ada bagian order toko yang karena sibuk meninggalkan pesan kepada rekan kerja atau asistennya agar disampaikan kepada sales bersangkutan untuk kepastian order dan tidaknya. Bahkan ada bagian order toko yang secara khusus telpon atau SMS kepada sales tentang kepastian order atau tidak. 

Toko jarang order dengan alasan yang kadang tidak mengenakkan
Misal dengan kata " Barang kamu jelek ", Namun tidak bisa menyebutkan kejelekan atau kekurangan produk dimana, Atau tidak memberikan saran apapun. Seorang sales atau tenaga penjual pastinya akan mencari tau apa alasan barang tidak diterima, Hal ini akan digunakan untuk laporan keperusahaan, Dan perusahaan berkepentingan atas laporan pasar dari sales guna memperbaiki produknya.

Pembayaran tidak sesuai dengan tempo yang telah disepakati atau bahkan cenderung membuat kesan mengulur-ulur waktu pembayaran
Seorang sales pasti dituntut target pembayaran, Apalagi untuk piutang yang sudah jatuh tempo, Pasti akan diusahakan semaksimal mungkin. hal ini sangat berpengaruh terhadap bonus yang akan diterima. Kadang sales akan berfikir kenapa harus melanjutkan kerjasama dengan toko yang membuat bonus hangus, Kalu masih ada toko  yang lebih baik dalam hal pembayaran. Atau malah akan mencari toko baru sebagai penggantinya.

Sebagai catatan: Ini adalah hal baik dan profesional dari karyawan bagian order dari toko yang takut untuk menerima produk promosi atau bonus dari sales, Hal ini terjadi karena memang fihak toko menerapkan aturan ketat dimana seorang sales atau pemasok barang dilarang keras memberikan hadiah, imbalan, atau apapun dan dalam bentuk apapun

Penyebab dan kejadian diatas tidak bisa dianggap remeh, Mungkin pada saat produk yang dibawa sales tidak begitu laris dipasaran tidak akan membawa dampak yang signifikan, Tapi yang harus diingat, bahwa perusahaan pemasok akan selalu berupaya agar produknya laris dipasaran, dan akan menjadi kerugian bagi toko jika diwaktu mendatang produk yang dibawa sales laris dipasaran namun sales sudah mendapat pengalaman dari toko untuk hal-hal diatas.

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral barang sisa lebaran

Cara Menghitung Jumlah Maksimal Retur Penjualan Ideal Berdasar Harga Pokok Penjualan

Seperti telah disebutkan pada posting sebelumnya, Bahwa dalam menentukan jumlah maksimal retur menggunakan dasar penentuan jumlah dan persentase retur ideal. Salah satu dasar penentuan atau batasan jumlah atau persentase retur penjualan yang ideal adalah dengan berdasar harga pokok penjualan barang.  Apa saja dasar dalam menentukan batasan retur ideal?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini; *   dasar penentuan jumlah dan persentase retur idea l Disini harga pokok penjualan digunakan sebagai rambu-rambu untuk memberikan kebijakan batasan jumlah maksimal retur.  penjualan agar tidak  berpengaruh negatif atau menimbulkan kerugian pada perusahaan. Agar penentuan batasan jumlah maksimal retur tidak merugikan perusahaan, Tentunya perlu dilakukan perhitungan yang matang dan benar agar memberikan hasil yang optimal. Dan perhitungan dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain akan cenderung berbeda, Hal ini disebabkan karena perbedaan kebijakan biaya yang berhubu