Seorang sales atau tenaga penjualan biasanya akan sering melakukan kunjungan ketoko relasi untuk melakukan order barang atau untuk melakukan penagihan. Namun kunjungan biasanya berdasarakan jadwal yang sudah dibuat atau ditentukan sebelumnya oleh sales dengan bersetujuan atasannya.
Namun untuk beberapa kasus, Seorang sales atau tenaga penjualan kadang enggan atau tidak mau berkunjung ketoko. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal atau alasan kenapa seorang sales atau tenaga penjual enggan dan bahkan tidak mau melakukan kunjungan ketoko.
Karena pelayanan yang lambat dari fihak terkait didalam toko
Kecepatan pelayanan dari toko akan sangat berpengaruh terhadap hasil kinerja seorang sales dilapangan jika dihubunkan dengan waktu yang disediakan dan atau jadwal yang sudah disusun. Karena keterlambatan pelayanan dari fihak toko akan mempengaruhi jadwal kunjungan untuk toko- toko berikutnya, Yang akibatnya seorang sales atau tenaga penjual harus membuat janji baru dengan relasi seanjutnya.
Dan untuk membuat janji bertemu yang baru tidaklah mudah, Karena kadang fihak toko juga sudah membuat jadwal yang lain juga. Bayangkan jika janji kedua ini tidak bisa, Dan akhirnya muncul janji ketemu yang ketiga, Mungkin seorang tenaga penjual harus membuat jadwal kunjungan yang lebih rumit dan akan terjadi pengorbanan biaya tambahan yang tidak sedikit.
Menunggu ditoko tanpa kejelasan dan kepastian
Dimana seorang sales harus menunggu namun tidak ada balasan atau informasi fihak terkait dari toko mengenai jam berapa bisa ketemu, order atau tidak, Pembayarannya bagaimana. Apakah ada toko yang seperti ini?, Jawaban saya ada.
Susah untuk menemuai bagian terkait dari toko
Mungkin karena kesibukan kerja atau penyebab lain sehingga petugas dari toko sangat susah ditemuai dan tidak meninggalkan pesan apapun untuk sales bersangkutan. Karena ada bagian order toko yang karena sibuk meninggalkan pesan kepada rekan kerja atau asistennya agar disampaikan kepada sales bersangkutan untuk kepastian order dan tidaknya. Bahkan ada bagian order toko yang secara khusus telpon atau SMS kepada sales tentang kepastian order atau tidak.
Toko jarang order dengan alasan yang kadang tidak mengenakkan
Misal dengan kata " Barang kamu jelek ", Namun tidak bisa menyebutkan kejelekan atau kekurangan produk dimana, Atau tidak memberikan saran apapun. Seorang sales atau tenaga penjual pastinya akan mencari tau apa alasan barang tidak diterima, Hal ini akan digunakan untuk laporan keperusahaan, Dan perusahaan berkepentingan atas laporan pasar dari sales guna memperbaiki produknya.
Pembayaran tidak sesuai dengan tempo yang telah disepakati atau bahkan cenderung membuat kesan mengulur-ulur waktu pembayaran
Seorang sales pasti dituntut target pembayaran, Apalagi untuk piutang yang sudah jatuh tempo, Pasti akan diusahakan semaksimal mungkin. hal ini sangat berpengaruh terhadap bonus yang akan diterima. Kadang sales akan berfikir kenapa harus melanjutkan kerjasama dengan toko yang membuat bonus hangus, Kalu masih ada toko yang lebih baik dalam hal pembayaran. Atau malah akan mencari toko baru sebagai penggantinya.
Sebagai catatan: Ini adalah hal baik dan profesional dari karyawan bagian order dari toko yang takut untuk menerima produk promosi atau bonus dari sales, Hal ini terjadi karena memang fihak toko menerapkan aturan ketat dimana seorang sales atau pemasok barang dilarang keras memberikan hadiah, imbalan, atau apapun dan dalam bentuk apapun.
Namun untuk beberapa kasus, Seorang sales atau tenaga penjualan kadang enggan atau tidak mau berkunjung ketoko. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal atau alasan kenapa seorang sales atau tenaga penjual enggan dan bahkan tidak mau melakukan kunjungan ketoko.
Karena pelayanan yang lambat dari fihak terkait didalam toko
Kecepatan pelayanan dari toko akan sangat berpengaruh terhadap hasil kinerja seorang sales dilapangan jika dihubunkan dengan waktu yang disediakan dan atau jadwal yang sudah disusun. Karena keterlambatan pelayanan dari fihak toko akan mempengaruhi jadwal kunjungan untuk toko- toko berikutnya, Yang akibatnya seorang sales atau tenaga penjual harus membuat janji baru dengan relasi seanjutnya.
Dan untuk membuat janji bertemu yang baru tidaklah mudah, Karena kadang fihak toko juga sudah membuat jadwal yang lain juga. Bayangkan jika janji kedua ini tidak bisa, Dan akhirnya muncul janji ketemu yang ketiga, Mungkin seorang tenaga penjual harus membuat jadwal kunjungan yang lebih rumit dan akan terjadi pengorbanan biaya tambahan yang tidak sedikit.
Menunggu ditoko tanpa kejelasan dan kepastian
Dimana seorang sales harus menunggu namun tidak ada balasan atau informasi fihak terkait dari toko mengenai jam berapa bisa ketemu, order atau tidak, Pembayarannya bagaimana. Apakah ada toko yang seperti ini?, Jawaban saya ada.
Susah untuk menemuai bagian terkait dari toko
Mungkin karena kesibukan kerja atau penyebab lain sehingga petugas dari toko sangat susah ditemuai dan tidak meninggalkan pesan apapun untuk sales bersangkutan. Karena ada bagian order toko yang karena sibuk meninggalkan pesan kepada rekan kerja atau asistennya agar disampaikan kepada sales bersangkutan untuk kepastian order dan tidaknya. Bahkan ada bagian order toko yang secara khusus telpon atau SMS kepada sales tentang kepastian order atau tidak.
Toko jarang order dengan alasan yang kadang tidak mengenakkan
Misal dengan kata " Barang kamu jelek ", Namun tidak bisa menyebutkan kejelekan atau kekurangan produk dimana, Atau tidak memberikan saran apapun. Seorang sales atau tenaga penjual pastinya akan mencari tau apa alasan barang tidak diterima, Hal ini akan digunakan untuk laporan keperusahaan, Dan perusahaan berkepentingan atas laporan pasar dari sales guna memperbaiki produknya.
Pembayaran tidak sesuai dengan tempo yang telah disepakati atau bahkan cenderung membuat kesan mengulur-ulur waktu pembayaran
Seorang sales pasti dituntut target pembayaran, Apalagi untuk piutang yang sudah jatuh tempo, Pasti akan diusahakan semaksimal mungkin. hal ini sangat berpengaruh terhadap bonus yang akan diterima. Kadang sales akan berfikir kenapa harus melanjutkan kerjasama dengan toko yang membuat bonus hangus, Kalu masih ada toko yang lebih baik dalam hal pembayaran. Atau malah akan mencari toko baru sebagai penggantinya.
Sebagai catatan: Ini adalah hal baik dan profesional dari karyawan bagian order dari toko yang takut untuk menerima produk promosi atau bonus dari sales, Hal ini terjadi karena memang fihak toko menerapkan aturan ketat dimana seorang sales atau pemasok barang dilarang keras memberikan hadiah, imbalan, atau apapun dan dalam bentuk apapun.
Penyebab dan kejadian diatas tidak bisa dianggap remeh, Mungkin pada saat produk yang dibawa sales tidak begitu laris dipasaran tidak akan membawa dampak yang signifikan, Tapi yang harus diingat, bahwa perusahaan pemasok akan selalu berupaya agar produknya laris dipasaran, dan akan menjadi kerugian bagi toko jika diwaktu mendatang produk yang dibawa sales laris dipasaran namun sales sudah mendapat pengalaman dari toko untuk hal-hal diatas.
ARTIKEL TERKAIT MARKETING LAINNYA
* Persiapan Sales Sebelum Menawarkan Produk Kepada relasi Baru
* Definsi Marketing atau Pemasaran
* Definisi Promosi dan Uraiannya
* Persiapan Sales Sebelum Menawarkan Produk Kepada relasi Baru
* Definsi Marketing atau Pemasaran
* Definisi Promosi dan Uraiannya