Tanggal 18 November 2014 jam 00:00 WIB Presiden Jokowi telah Mengumumkan diberlakukannya harga BBM baru di Indonesia. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap hampir semua produk kebutuhan Masyarakat.
Bagaimana dengan Busana?
Tidak bisa dihindari bahwa kenaikan harga BBM juga akan berpengaruh pada produk busana di Indonesia. Kenaikan ini karena adanya kenaikan biaya operasional dan bahan.
Dengan adanya hal ini, Tentu Marketing busana tidak akan begitu saja mengikuti arus pasar busana yang sedang berjalan. Untuk hal ini, Mungkin produsen busana bisa mengilhami apa yang dilakukan oleh produsen motor.
Apa yang dilakukan produsen motor?
Selain melakukan inovasi dalam hal pemasaran, Produsen motor selalu melakukan inovasi pada produk, Dan salah satunya dalam hal pemakaian BBM. Selama ini beberapa produsen motor melakukan inovasi produk motor agar lebih irit. Dan ini bisa dikatakan sebagai sesuatu yang baru dan berbeda pada saat inovasinya ditawarkan dimasyarakat.
Namun untuk produk busana tidaklah mungkin berinovasi dalam hal pengiritan BBM. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh produsen busana untuk waktu dekat agar produk tetap bisa bersaing?. Untuk strategi marketing saat harga solar atau premium naik bisa kita terapkan pada beberapa variabel marketing mix.
DARI VARIABEL MARKETING MIX PRODUK
DARI VARIABEL MARKETING MIX PRODUK
Pada variabel marketing mix produk, Ada dua kemungkinan yang bisa dilakukan oleh produsen busana dalam menghadapi kenaikan harga BBM;
- Meningkatkan kapasitas produksi.
- Menciptakan produk busana dengan model yang berbeda.
Dua hal diatas adalah tindakan yang bisa dipandang lebih aman jika dibandingkan dengan memangkas biaya promosi dan penjualan.
Meningkatkan kapasitas produksi.
Ini berlaku untuk produsen busana dengan tingkat pemasaran yang luas dan volume sale out yang besar. Karena dengan cara ini akan bisa memperkecil biaya tetap yang berkaitan dengan produk per pcs.
Cara ini akan bisa membuat harga tetap stabil meskipun ada penambahan biaya produksi secara total. Dengan demikian diharapkan produk bisana branded tetap akan bisa bersaing dipasaran.
Cara ini akan bisa membuat harga tetap stabil meskipun ada penambahan biaya produksi secara total. Dengan demikian diharapkan produk bisana branded tetap akan bisa bersaing dipasaran.
Menciptakan produk busana dengan model yang berbeda namun berpeluang menjadi trend.
Tindakan ini akan cocok dijalankan oleh produsen dengan kapasitas sale out sedang atau kecil. Karena jika dipaksakan untuk melakukan peningkatan produksi pada tindakan pertama diatas ditakutkan akan terjadi produk macet dalam jumlah besar.
Menciptakan produk busana dengan model yang berbeda atau bisa dikatakan benar-benar baru dipasaran akan bisa mengurangi tingkat persaingan. Jadi produk busana yang dipasarkan akan lebih leluasa beredar dipasaran.
Sebagai catatan, Selain menciptakan produk yang berbeda, Produsen juga harus memperhatikan peluang suatu produk menjadi trend dimasyarakat. Karena tidak ada gunanya produsen menciptakan produk dengan model berbeda jika tidak diminati dipasaran.
Cara ini ditempuh untuk mengimbangi adanya kenaikan harga yang akan terjadi karena adanya kenaikan pada biaya produksi. Dalam hal ini produsen sudah memberikan nilai lebih kepada konsumen busana berupa produk baru yang tidak bisa didapatkan dari merek atau brand lain dipasaran. Dalam situasi seperti ini, Kadang harga bukan merupakan pertimbangan utama dalam membeli suatu produk, Dan tidak terkecuali produk busana.
Cara ini ditempuh untuk mengimbangi adanya kenaikan harga yang akan terjadi karena adanya kenaikan pada biaya produksi. Dalam hal ini produsen sudah memberikan nilai lebih kepada konsumen busana berupa produk baru yang tidak bisa didapatkan dari merek atau brand lain dipasaran. Dalam situasi seperti ini, Kadang harga bukan merupakan pertimbangan utama dalam membeli suatu produk, Dan tidak terkecuali produk busana.
Kenapa harus menciptakan produk yang berbeda dengan kompetitor?
Bayangkan jika kita membuat produk busana yang sama dengan kompetitor, terutama produk busana tanah Abang, Tentu kita akan kalah bersaing dalam hal harga. Selain itu, Konsumen akan mempunyai kesempatan untuk membandingkan dengan produk lain serupa, Dan harga lebih murahlah yang pasti dipilih konsumen busana.
Bagi produsen besar, Tentu akan lebih baik jika menerapkan kedua pilihan diatas, Karena dengan demikian akan bisa menjadi juara dipasaran busana.
DARI VARIABEL MARKETING PLACE
DARI VARIABEL MARKETING PLACE
Place atau tempat, Ini merupakan tempat untuk menyalurkan produk bisana agar sampai ketangan konsumen. Untuk Place atau saluran distribusi ini, Tentu kita akan berpedoman pada stratei produk diatas.
Meningkatkan kapasitas produksi
Sebelum produsen dengan sale out sedang atau kecil berfikir untuk meningkatkan produksi busananya, Tentu harus menyiapkan saluran distribusi agar mampu menampung produk yang dibuatnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan exspansi pasar atau penambahan saluran distribusi. Karena tanpa wadah berupa saluran distribusi yang besar, Mungkin akan menjadi sia-sia mempunyai produk dalam jumlah besar.
Menciptakan produk busana dengan model baru, Berbeda dan berpeluang menjadi trend
Pada usaha ini, Usaha yang dilakukan akan sangar berbeda dengan kasus diatas, Karena pada usaha ini, Harga mahal tetap akan tercipta. Dengan harga yang relatif tinggi, Tentu kita harus selektif dalam memilih saluran distribusi. Dalam hal ini kita harus bisa memilih saluran distribusi yang biasa menjual atau melayani pembeli dengan harga jual tinggi. Selain konsumen yang rela mengeluarkan uang relatif banyak untuk suatu barang, Tentu juga melayani konsumen yang menginginkan produk berkelas limited edition.
DARI VARIABEL MARKETING PROMOSI DAN PRICE
Promosi merupaka hal penting dalam marketing, Jadi mempertahankan promosi pada posisi semula atau justru meningkatkan usaha promosi adalah sesuatu yang baik. Apalagi pada saat seperti ini promosi sangat diperlukan. Jika dihubungkan pada strategi produk dan place diatas, terlihat bahwa usaha promosi untuk meningkatkan brand agar penjualan meningkat sangat diperlukan. Sedangkan dari segi price atau harga, Kita hanya bisa berpedoman pada kapasitas produk diatas.
Strategi marketing ini sebenarnya sudah umum diterapkan oleh produsen atau marketer dalam memasarkan produknya, Selain itu, Strategi marketing ini juga berlaku untuk semua produk yang dijual dipasaran.
Meningkatkan kapasitas produksi
Sebelum produsen dengan sale out sedang atau kecil berfikir untuk meningkatkan produksi busananya, Tentu harus menyiapkan saluran distribusi agar mampu menampung produk yang dibuatnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan exspansi pasar atau penambahan saluran distribusi. Karena tanpa wadah berupa saluran distribusi yang besar, Mungkin akan menjadi sia-sia mempunyai produk dalam jumlah besar.
Menciptakan produk busana dengan model baru, Berbeda dan berpeluang menjadi trend
Pada usaha ini, Usaha yang dilakukan akan sangar berbeda dengan kasus diatas, Karena pada usaha ini, Harga mahal tetap akan tercipta. Dengan harga yang relatif tinggi, Tentu kita harus selektif dalam memilih saluran distribusi. Dalam hal ini kita harus bisa memilih saluran distribusi yang biasa menjual atau melayani pembeli dengan harga jual tinggi. Selain konsumen yang rela mengeluarkan uang relatif banyak untuk suatu barang, Tentu juga melayani konsumen yang menginginkan produk berkelas limited edition.
DARI VARIABEL MARKETING PROMOSI DAN PRICE
Promosi merupaka hal penting dalam marketing, Jadi mempertahankan promosi pada posisi semula atau justru meningkatkan usaha promosi adalah sesuatu yang baik. Apalagi pada saat seperti ini promosi sangat diperlukan. Jika dihubungkan pada strategi produk dan place diatas, terlihat bahwa usaha promosi untuk meningkatkan brand agar penjualan meningkat sangat diperlukan. Sedangkan dari segi price atau harga, Kita hanya bisa berpedoman pada kapasitas produk diatas.
Strategi marketing ini sebenarnya sudah umum diterapkan oleh produsen atau marketer dalam memasarkan produknya, Selain itu, Strategi marketing ini juga berlaku untuk semua produk yang dijual dipasaran.
Demikian artikel strategi matketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema Strategi marketing busana menghadapi kenaikan harga BBM di Indosesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa kunjungi artikel busana menarik lainnya dibawah ini;
* Cara Menciptakan Fashion Trend Atau Trend Busana
* Contoh Strategi Promosi 3In 1 Yang Baik Dengan Media Tari Daerah
* Strategi Promosi Dalam Marketing
* Contoh Strategi Promosi 3In 1 Yang Baik Dengan Media Tari Daerah
* Strategi Promosi Dalam Marketing