Langsung ke konten utama

Strategi Marketing Busana Menghadapi Kenaikan Harga BBM

+Strategi marketing menghadapi kenaikan harga solar dan premium
Tanggal 18 November 2014 jam 00:00 WIB Presiden Jokowi telah Mengumumkan diberlakukannya harga BBM baru di Indonesia. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap hampir semua produk kebutuhan Masyarakat.

Bagaimana dengan Busana?
Tidak bisa dihindari bahwa kenaikan harga BBM juga akan berpengaruh pada produk busana di Indonesia. Kenaikan ini karena adanya kenaikan biaya operasional dan bahan.

Dengan adanya hal ini, Tentu Marketing busana tidak akan begitu saja mengikuti arus pasar busana yang sedang berjalan. Untuk hal ini, Mungkin produsen busana bisa mengilhami apa yang dilakukan oleh produsen motor.

Apa yang dilakukan produsen motor?
Selain melakukan inovasi dalam hal pemasaran, Produsen motor selalu melakukan inovasi pada produk, Dan salah satunya dalam hal pemakaian BBM. Selama ini beberapa produsen motor melakukan inovasi produk motor agar lebih irit. Dan ini bisa dikatakan sebagai sesuatu yang baru dan berbeda pada saat inovasinya ditawarkan dimasyarakat.

Namun untuk produk busana tidaklah mungkin berinovasi dalam hal pengiritan BBM. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh produsen busana untuk waktu dekat agar produk tetap bisa bersaing?. Untuk strategi marketing saat harga solar atau premium naik bisa kita terapkan pada beberapa variabel marketing mix.

DARI VARIABEL MARKETING MIX PRODUK
Pada variabel marketing mix produk, Ada dua kemungkinan yang bisa dilakukan oleh produsen busana dalam menghadapi kenaikan harga BBM;
  1. Meningkatkan kapasitas produksi.
  2. Menciptakan produk busana dengan model yang berbeda.

Dua hal diatas adalah tindakan yang bisa dipandang lebih aman jika dibandingkan dengan memangkas biaya promosi dan penjualan.

Meningkatkan kapasitas produksi.
Ini berlaku untuk produsen busana dengan tingkat pemasaran yang luas dan volume sale out yang besar. Karena dengan cara ini akan bisa memperkecil biaya tetap yang berkaitan dengan produk per pcs.

Cara ini akan bisa membuat harga tetap stabil meskipun ada penambahan biaya produksi secara total. Dengan demikian diharapkan produk bisana branded tetap akan bisa bersaing dipasaran.

Menciptakan produk busana dengan model yang berbeda namun berpeluang menjadi trend.
Tindakan ini akan cocok dijalankan oleh produsen dengan kapasitas sale out sedang atau kecil. Karena jika dipaksakan untuk melakukan peningkatan produksi pada tindakan pertama diatas ditakutkan akan terjadi produk macet dalam jumlah besar.

Menciptakan produk busana dengan model yang berbeda atau bisa dikatakan benar-benar baru dipasaran akan bisa mengurangi tingkat persaingan. Jadi produk busana yang dipasarkan akan lebih leluasa beredar dipasaran.

Sebagai catatan, Selain menciptakan produk yang berbeda, Produsen juga harus memperhatikan peluang suatu produk menjadi trend dimasyarakat. Karena tidak ada gunanya produsen menciptakan produk dengan model berbeda jika tidak diminati dipasaran.

Cara ini ditempuh untuk mengimbangi adanya kenaikan harga yang akan terjadi karena adanya kenaikan pada biaya produksi. Dalam hal ini produsen sudah memberikan nilai lebih kepada konsumen busana berupa produk baru yang tidak bisa didapatkan dari merek atau brand lain dipasaran. Dalam situasi seperti ini, Kadang harga bukan merupakan pertimbangan utama dalam membeli suatu produk, Dan tidak terkecuali produk busana.

Kenapa harus menciptakan produk yang berbeda dengan kompetitor?
Bayangkan jika kita membuat produk busana yang sama dengan kompetitor, terutama produk busana tanah Abang, Tentu kita akan kalah bersaing dalam hal harga. Selain itu, Konsumen akan mempunyai kesempatan untuk membandingkan dengan produk lain serupa, Dan harga lebih murahlah yang pasti dipilih konsumen busana.

Bagi produsen besar, Tentu akan lebih baik jika menerapkan kedua pilihan diatas, Karena dengan demikian akan bisa menjadi juara dipasaran busana.

DARI VARIABEL MARKETING PLACE
Place atau tempat, Ini merupakan tempat untuk menyalurkan produk bisana agar sampai ketangan konsumen. Untuk Place atau saluran distribusi ini, Tentu kita akan berpedoman pada stratei produk diatas.

Meningkatkan kapasitas produksi
Sebelum produsen dengan sale out sedang atau kecil berfikir untuk meningkatkan produksi busananya, Tentu harus menyiapkan saluran distribusi agar mampu menampung produk yang dibuatnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan exspansi pasar atau penambahan saluran distribusi. Karena tanpa wadah berupa saluran distribusi yang besar, Mungkin akan menjadi sia-sia mempunyai produk dalam jumlah besar.

Menciptakan produk busana dengan model baru, Berbeda dan berpeluang menjadi trend
Pada usaha ini, Usaha yang dilakukan akan sangar berbeda dengan kasus diatas, Karena pada usaha ini, Harga mahal tetap akan tercipta. Dengan harga yang relatif tinggi, Tentu kita harus selektif dalam memilih saluran distribusi. Dalam hal ini kita harus bisa memilih saluran distribusi yang biasa menjual atau melayani pembeli dengan harga jual tinggi. Selain konsumen yang rela mengeluarkan uang relatif banyak untuk suatu barang, Tentu juga melayani konsumen yang menginginkan produk berkelas limited edition.

DARI VARIABEL MARKETING PROMOSI DAN PRICE
Promosi merupaka hal penting dalam marketing, Jadi mempertahankan promosi pada posisi semula atau justru meningkatkan usaha promosi adalah sesuatu yang baik. Apalagi pada saat seperti ini promosi sangat diperlukan. Jika dihubungkan pada strategi produk dan place diatas, terlihat bahwa usaha promosi untuk meningkatkan brand agar penjualan meningkat sangat diperlukan. Sedangkan dari segi price atau harga, Kita hanya bisa berpedoman pada kapasitas produk diatas.

Strategi marketing ini sebenarnya sudah umum diterapkan oleh produsen atau marketer dalam memasarkan produknya, Selain itu, Strategi marketing ini juga berlaku untuk semua produk yang dijual dipasaran.

Demikian artikel strategi matketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema Strategi marketing busana menghadapi kenaikan harga BBM di Indosesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa kunjungi artikel busana menarik lainnya dibawah ini;


Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Contoh Banner Promosi Jual Ruko Menarik

Bagi pengembang atau pebisnis property, Ruko merupakan produk yang perlu dipromosikan agar masyarakat tahu. Sedangkan bagi konsumen, Ruko merupakan bangunan yang dianggap strategis untuk jualan dan sekaligus sebagai tempat tinggal. Agar konsumen tertarik dengan ruko yang dijual, Tentu diperlukan adanya usaha publikasi dalam bentuk promosi atau iklan. Untuk keberhasilan publikasi, Tentu diperlukan usaha promosi yang baik dan menarik. Promosi yang menarik, Ini bisa dilihat dari kalimat promosi yang disajikan kepada konsumen. Hal ini tentu juga harus didukung dengan desain iklan menarik, Kombinasi warna, Letak, Media dan masih banyak aspek lainnya. Untuk menyampaikan pesan promosi yang telah didesain sedemikian rupa menarik, Tentu diperlukan adanya media promosi untuk menyampaikan pesan dimaksud. Dalam hal ini adalah promosi penjualan ruko ( property ) yang disampaikan degan media promosi banner. Pada artikel iklan promosi kali ini, Go Klaten Jualan Go akan menyampaikan

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit motor