Setiap produk atau nama usaha yang mempunyai merek, Tentu berharap brand tersebut dapat dikenal oleh masyarakat secara luas. Karena dengan dikenalnya merek tersebut akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.
Karena pentingnya merek atau brand bagi perusahaa, Maka banyak perusahaan mengupayakan agar brand yang dimilikinya dapat terkenal. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang rela mengeluarkan biaya tinggi untuk hal tersebut.
Sebenarnya banyak cara yang dapat ditempuh oleh perusahaan agar sebuah brand atau merek dagang dapat terkenal, Dari yang memerlukan biaya rendah sampai yang menggunakan pengorbanan biaya sangat tinggi.
Kalau kita belajar dari beberapa orang terkenal di Indonesia saat ini, Mungkin kita bisa meniru cara atau strategi bagaimana publik figur tertentu tersebut dapat dan tetap bertahan terkenal dimasyarakat. Sedikit pertanyaan untuk Saudara, Siapa orang yang paling anda kenal saat ini?. Jawab dalam hati dan fikirkan kenapa orang tersebut bisa paling Saudara kenal untuk saat sekarang. Jika kita kumpulkan, Tentu akan terdapat beberapa jawaban yang tidak sama. Walaupun demikian, Tentu akan terdapat pengerucutan jawaban yang hasilnya akan mengarah pada satu jawaban terbesar.
Pengerucutan jawaban tersebut diatas mungkin akan mengarah pada satu kata, Yaitu Sensasi. Kata ini memang akan memberikan dampak luar biasa dalam mengenalkan atau mengingatkan seseorang pada suatu objek tertentu.
Selama ini mungkin kita sering mendengar kata itu dari berita-berita ditelevisi, Misal kalimat berikut " Apakah tindakan artis X ini benar-benar terjadi atau hanya untuk mencari sensasi agar terkenal ". Penggalan kalimat diatas menunjukkan bahwa sensasi akan mampu mendongkrak atau membuat seorang public figur tertentu terkenal.
Sensasi bisa diciptakan dalam hal baik maupun hal tidak baik. Misalnya membuat pertentangan yang bikin heboh, Melakukan hal yang tidak lazim, Melakukan hal unik atau bahkan dengan melakukan hal yang tidak biasa. Dan inti dari sensasi adalah bisa mengundang perhatian orang, Selain mengundang perhatian orang, Tindakan tersebut akan membuat orang menceritakan kembali dengan orang lain secara sukarela. Atau bahkan secara sukarela orang akan memburu dan diberitakan kemasyarakat.
Apakah hal diatas bisa dilakukan untuk merek dagang atau brand sebuah produk?, Tentu bisa, Karena pada dasarnya sebuah sensasi akan mampu membuat identitas objek menjadi dikenal. Kita tahu bahwa merek dagang atau brand juga merupakan identitas, Jadi sebuah sensasi juga akan dapat membuat merek dagang atau brand menjadi terkenal dimasyarakat.
Dalam membuat merek dagang atau brand terkenal dengan sebuah sensasi, Tentu juga harus diimbangi dengan kualitas produk yang baik. Karena ini akan berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Mungkin ini yang membedakan antara penciptaan sensasi oleh public figur tertentu dengan merek dagang atau brand.
Berikut beberapa contoh sensasi yang mampu membuat brand atau merek dikenal masyarakat.
- Sensasi ini sebetulnya lebih cenderung berupa pembuktian kualitas atau kemampuan sebuah produk, Kenapa pembuktian?, Karena apa yang disampaikan benar. Misal sebuah produk hp yang dimasukkan dalam air dan tidak mati atau rusak. Tentu hal ini akan mengundang perhatian orang banyak. Kenapa demikian?, Karena hal ini tidak biasa atau tidak lazim terjadi pada produk handphone. Dari hal ini, Merek hp bersangkutan bisa lebih terkenal dimasyarakat.
- Sensasi dengan berita negatif, Pernahkah Saudara mendengar berita atau iklan negatif tentang produk yang diiklankan oleh pemilik produk. Mungkin kita masih ingat berita negatif dari merek produk pembasmi nyamuk yang akan ditarik dari pasar karena suatu sebab, Dan dalam berita itu juga diinfokan akan diganti dengan merek baru.
Membuat sensasi untuk membuat sebuah merek dagang atau brand terkenal bisa diterapkan untuk semua jenis produk. Karena pada dasarnya strategi ini merupakan kegiatan, Jadi objek apapun akan bisa dilibatkan.
Bagimana membuat sensasi agar merek baju dapat dikenal oleh masyarakat?. Salah satu cara mudah adalah dengan menciptakan suatu hal yang tidak lazim. Misal kita membuat baju ukuran terbesar di Indonesia dengan memberi sebutan Baju raksasa. Dalam hal ini kita harus mengikut sertakan identitas merek produk dalam segala hal yang berhubungan dengan even terkait baju raksasa atau baju terbesar didunia.
Merek dagang atau brand sebuah produk merupakan sesuatu yang sangat penting untuk untuk dikenal masyarakat, Karena brand adalah identitas khusus bagi sebuah produk. Untuk itu, Membuat merek dagang atau brand dikenal masyarakat sangatlah penting. Salah satu cara membuat brand agar terkenal adalah dengan menciptakan sensasi. Bukan rahasia lagi bahwa saat ini banyak public figur tertentu terkenal karena menciptakan sebuah sensasi. Dan hal ini juga bisa diterapkan untuk brand atau merek dagang agar terkenal.
Demikian artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema Belajar membuat merek terkenal dari public figur tertentu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa kunjungi artikel marketing menarik lainnya dibawah ini;