Langsung ke konten utama

Pengertian Penjualan konsinyasi Serta Pelaksanaannya

Definisi penjualan konsinyasi, Definisi transaksi penjualan konsinyasi,pengertian transaksi penjualan konsinyasi,pelaksanaan penjualan konsinyasi
Mungkin kita sering mendengar kata konsinyasi, Baik itu pada penjualan sekala kecil yang ada pada toko didaerah pedesaan maupun pada toko- toko besar yang beroperasi dikota- kota besar. Kalau pada artikel sebelumnya yang berjudul pengertian transaksi semi konsinyasi dan penerapannya sudah dibahas apa pengertian penjualan semi konsinyasi dan pelaksanaanya pada toko dengan produk pakaian jadi.

Pada artikel ini akan membahas transaksi penjualan konsinyasi pada toko skala besar dengan produk pakaian jadi.

Namun tidak ada salahnya jika kita membaca lagi artikel tentang transaksi semi konsinyasi dibawah ini sebelum masuk kepada artikel konsinyasi lebih lanjut.

 *  Pengertian transaksi semi konsinyasi dan penerapannya 

Definisi atau arti kata Transaksi penjualan konsinyasi :
Adalah hubungan kerjasama penjualan antara penyalur penjualan barang dengan pemilik barang, Dimana pemilik barang akan memasukkan barang ketoko peyalur penjualan untuk didisplay agar bisa dilihat dan dibeli oleh calon pembeli, Dan pemilik toko akan membayar sejumlah nilai ominal netto dari barang yang terjual dengan ketentuan yang telah disepakati. Penjualan konsinyasi sering dikenal juga titip jual.

Berikut proses pelaksanaan transaksi penjualan konsinyasi untuk toko skala besar :
  1. Sebelum pemilik produk menempatkan produk ditoko, Awalnya akan dilakukan pembicaraan terlebih dahulu mengenai tempat untuk mendisplay produk pada area toko dan hal- hal lain yang dipandang perlu.
  2. Pemilik barang akan memasang big wall (tidak wajib ), Rak dan sarasi lainnya untuk mendukung penjualan produk ditoko.
  3. Pemilik barang akan mempersiapkan SPG guna mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas penjualan produk ditoko. Gaji SPG ditanggung pemilik barang yang menempatkan SPG tersebut.
  4. Setelah poin 1, 2 dan 3 dilaksanakan, Kemudian pemilik barang akan mengirim barang untuk didispaly pada temapt yang sudah ditentukan untuk dijual kepada pengunjung toko. Disini peranan SPG dan dukungan dari fihak toko sangat sangat diperlukan.
  5. Setelah terjadi penjualan dalam perhitungan satu bulan, Biasanya perhitungan dalam bulan dan bukan perhitungan jumlah hari.. Misal mulai dibuka tgl 7 Oktober, Pembayaran pertama yang dilakukan atas penjualan tanggal 7 Oktober sampai dengan tanggal  31 Oktober. Dan untuk pembayaran kedua dan selanjutnya atas penjualan dalam satu bulan penuh.
Pertimbangan fihak toko maupun pemasok memilih menggunakan penjualan konsinyasi
  • Bagi fihak toko : Penjualan konsinyasi resikonya lebih kecil, Karena produk yang dikirim merupakan produk titipan dari pemilik barang. Dan dari segi biaya tenaga kerja penjualan dicounter juga kan lebih sedikit, Karena pemilik produk sudah menempatkan SPG dengan biaya gaji dikeluarkan oleh pemilik produk. 
  • Bagi fihak pemilik produk : Penjualan konsinyasi memberikan keleluasaan kepada pemilik barang untuk mengatur barang, Dan dengan adanya SPG yang akan melakukan pelaporan penjualan setiap bulan, Pemilik produk bisa mengevaluasi keberhasilan produk dipasaran. Sehingga akan bisa menentukan strategi yang tepat dan sesuai situasi pasar saat itu.

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...

Kalimat Promosi Jual hp Second atau Handphone Bekas Yang Trend

Promosi merupakan salah satu roh dari martketing dalam usaha menginformasikan suatu produk. Karena dengan promosi orang atau calon konsumen akan menjadi tahu tentang produk atau usaha kita. Bagaimana dengan Jual handphone atau jual hp bekas?. Handphone juga merupakan produk, Jadi juga tidak akan lepas dari yang namanya promosi. Banyak cara telah dilakukan oleh orang yang jual hp second atau handphone bekas dalam mengkampanyekan produk yang dijual. Salah satunya dalam bentuk tulisan. Biasanya tulisan ini ditempatkan pada media banner yang dipajang didepan toko handphone, Selain itu, Bisanya banner dibuat dalam warna yang mencolok. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang yang lewat depan toko hp tersebut. Selain warna banner yang mencolok, Biasanya kalimatnya juga sangat menarik dan menggugah orang yang lewat. Sebetulnya banyak kata-kata atau kalimat yang sering kita jumpai dalam promosi jual hp second atau handphone Bekas. Berikut beberapa kata promosi atau k...