Langsung ke konten utama

Cara Berfikir Positif Namun Tetap Hati-hati Untuk Menekan Resiko ( Tips Sales )

+Cara berfikir positif, +Kekuatan berfikir positive
Pada artikel tips salesman kali ini saya akan mengulas tentang dua hal yang perlu pertimbangan matang saat tugas dilapangan. Dua hal dimaksud adalah berfikir positif dan Hati-hati. Kedua hal ini kadang akan menjadi dilema pada saat kita melakukan ekspansi pasar dalam bentuk pembukaan toko baru atau relasi baru dengan sistem pembayaran tempo.

Berfikir positif ( Positive thinking ) dapat dideskripsikan sebagai suatu cara berfikir yang lebih menekankan pada sudut pandang serta emosi positif. Jadi kita akan membiasakan untuk melihat segala sesuatu yang dihadapi dari segi positif.

Sedangkan hati-hati adalah suatu sikap waspada terhadap suatu kondisi tertentu yang kurang menguntungkan atau merugikan dimasa mendatang.

Sebagai sales force, Tidak jarang kita dihadapkan pada dua hal diatas, Disatu sisi kita harus bisa berfikir positif ( Positive thinking ) atas calon relasi ( Toko baru ), Dan disisi lain kita dituntut untuk bisa meminimkan resiko kerugian yang mungkin akan timbul dalam melakukan transaksi.

Bagaimana menyikapi dua hal diatas saat akan melakukan ekspansi pasar?.

Berhubungan dengan positive thinking.
Dalam hal ini, Positive thinking atau berfikir positif sebaiknya kita arahkan pada dua hal:

Pertama adalah pada semangat kita
Dalam hal ini kita akan selalu berfikir bahwa kita pasti mampu untuk melaksanakan tugas ekspansi pasar tersebut.

Kedua adalah pada kondisi calon relasi, 
Dalam hal ini kita harus selalu berfikir bahwa kita akan mampu berbuat yang terbaik agar calon relasi bisa menepati perjanjian yang telah disepakati.

Kenapa terhadap dua hal diatas kita harus selalu berifikir positif?
Jawabannya adalah agar kita terhidar dari keragu-raguan dalam bertindak saat bertugas dilapangan, Sehingga kita tidak akan lambat dalam mengambil keputusan.

Positive thinking berfikir positif terhadap calon relasi memang sangat penting, Namun sebagai salesman kita juga tetap harus berhati-hati, Apalagi dalam hal ekspansi pasar dengan sistem pembayaran tempo. Dalam hal ini, berfikir hati-hati adalah memahami resiko terbesar apabila mengambil keputusan.

Maka dari itu, Untuk menjalankan prinsip hati-hati, Sebagai seorang sales kita harus mampu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang calon relasi target. Karena dengan cara ini kita akan bisa mengetahui resiko terbesar yang mungkin akan terjadi dikemudian hari. Informasi ini untuk mengevaluasi atau menilai seberapa besar kemungkinan resiko yang akan timbul.

Bagaimana cara mengenali toko target expansi pasar?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini;


Berfikir dan bersikap hati-hati sangatlah baik, Tetapi jangan terlalu berhati-hati. Karena terlalu berhati-hati juga tidak baik. Ini akan bisa membawa kita terjebak pada sikap ragu-ragu.

Karena jika seorang salesman sudah terjangkit ragu-ragu tindakannya akan cenderung lambat, Dan seandainya cepat, Hasilnya tidak akan bisa optimal.

Positif Thinking sangat diperlukan oleh semua salesman dilapangan, Namun mengarahkan pemikiran positif yang tepat akan mampu memberikan motivasi yang kuat serta hasil yang lebih bisa dipertanggungjawabkan. Berfikir tidak harus melupakan prinsif kehati-hatian, Karena dengan hati-hati kita akan mampu memprediksi kemungkinan resiko terbesar dikemudian hari. Hati-hati tidak bleh berlebihan, Karena ini akan membuat seorang salesman menjadi ragu-ragu dalam bertindak, Yang hasilnya akan membuat salesman lambat.

Demikian artikel cara menjual dari Go Klaten Jualan Go dengan tema Cara berfikir positive namun tetap hati-hati untuk menekan resiko ( Tip sales ). Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini;


Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberapa tempat.