Langsung ke konten utama

Dasar Penentuan Jumlah atau Persentase Retur Penjualan Ideal

+hal-hal yang bisa digunakan sebagai dasar atau pertimbangan dalam menentukan jumlah atau persentase retur penjualan yang ideal
Kalau membahas mengenai berapa jumlah atau persentase retur barang yang ideal, Sebetulnya tidak ada aturan atau pedoman baku atau pedoman khusus yang bisa membuat seragam batasan maksimal jumlah retur. Karena untuk masing-masing perusahaan atau pemasok barang mempunyai kebijakan jumlah maksimal retur barang yang berbeda-beda.

Ada yang mempunyai kebijakan jumlah retur hanya 10% dari jumlah netto nota, Atau ada juga yang memberikan batasan maksimal retur tanpa batas. Namun dari pemasok atau penjual barang mempunyai dasar atau pedoman dalam menetapkan jumlah maksimal retur dari penjualannya.

Dari beberapa pemasok atau penjual barang, Dalam memberikan jumlah maksimal retur berdasrkan beberapa hal berikut.
  1. Berdasarkan Harga pokok penjualan barang atau produk.
  2. Berdasarkan kekuatan atau daya saing penjualan barang atau produk dipasar. 
Berikut uraian dan penjabaran untuk kedua dasar pemberian kebijakan jumlah maksimal retur diatas.

Berdasarkan Harga pokok penjualan barang atau produk
Untuk dasar ini, Pemasok atau penjual tidak bisa begitu saja memberikan jumlah atau persentase maksimal retur. Dan untuk menentukan batasan maksimal retur diperlukan cara menghitung batasab jumlah retur ideal agar kebijakan retur yang diambil tidak berdampak negatif pada laba perusahaan.

Bagaimana cara menghitung batasan retur ideal?, Saudara bisa kunjungi artikel dibawah ini;

Cara menghitung batasan jumlah retur yang ideal

Agar perusahaan bisa menentukan jumlah retur ideal, Tentunya harus bisa menghitung dan menentukan dengan benar berapa jumlah harga pokok penjualan untuk suatu produk yang akan dipasarkan. Untuk penghitungan awal, Biasanya akan ditentukan jumlah maksimal retur pada posisi break event point, Dimana pada posisi ini pemasok atau penjual berada pada titik tidak untung dan juga tidak rugi. Pada posisi ini, Sekilas perusahaan tidak mendapatkan keuntungan, Namun jika dipahami lebih mendalam sebetulnya perusahaan masih akan memperoleh keuntungan. Karena pada posisi BEP, Pemasok atau penjual masih mempunyai produk yang diretur pembeli atau toko yang masih bisa dijual kembali. Dan dengan mengelola retur agar menjadi omset penjualan pemasok masih akan mendapatkan laba.

Bagaimana mengelola retur agar menjadi omset penjualan?, Silahkan baca pada artikel dibawah ini;

*  Mengelola retur agar menjadi omset penjualan 

Berdasarkan kekuatan atau daya saing penjualan barang atau produk dipasar
Jika perusahaan menggunakan dasar ini, Tentu perusahaan dituntut untuk bisa melakukan pengamatan dan evaluasi kekuatan produk dipasaran. Jika produk mempunyai daya jual dan penyerapan pasar yang tinggi dibanding pesaing, Perusahaan pemasok bisa menentukan kebijakan jumlah atau persentase retur yang besar atau bahkan bisa memberikan kebijakan retur tanpa batas kepada toko atau relasinya. Karena pada dasarnya kebijakan retur yang terapkan tidak akan begitu berpengaruh besar kepada pemasok atau bahkan kepada relasi. Hal ini terjadi karena barang akan cenderung laku dipasaran atau bahkan dicari konsumen, Jadi kemungkinan terjadi retur dalam jumlah banyak sangat kecil. Dalam posisi barang mempunyai daya serap pasar yang tinggi, Kadang toko relasi tidak akan begitu memikirkan kebijakan retur yang ditentukan oleh pemasok barang.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberap...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Contoh Banner Promosi Jual Ruko Menarik

Bagi pengembang atau pebisnis property, Ruko merupakan produk yang perlu dipromosikan agar masyarakat tahu. Sedangkan bagi konsumen, Ruko merupakan bangunan yang dianggap strategis untuk jualan dan sekaligus sebagai tempat tinggal. Agar konsumen tertarik dengan ruko yang dijual, Tentu diperlukan adanya usaha publikasi dalam bentuk promosi atau iklan. Untuk keberhasilan publikasi, Tentu diperlukan usaha promosi yang baik dan menarik. Promosi yang menarik, Ini bisa dilihat dari kalimat promosi yang disajikan kepada konsumen. Hal ini tentu juga harus didukung dengan desain iklan menarik, Kombinasi warna, Letak, Media dan masih banyak aspek lainnya. Untuk menyampaikan pesan promosi yang telah didesain sedemikian rupa menarik, Tentu diperlukan adanya media promosi untuk menyampaikan pesan dimaksud. Dalam hal ini adalah promosi penjualan ruko ( property ) yang disampaikan degan media promosi banner. Pada artikel iklan promosi kali ini, Go Klaten Jualan Go akan menyampaikan ...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...