Langsung ke konten utama

Cara Membuat Jadwal Kunjungan Sales Efektif dan Efisien

Cara membuat jadwal kunjungan sales, Bagaimana membuat jadwal kunjungan sales yang efektif dan efisien
Strategi dalam melakukan kunjungan seorang sales ketoko merupakan sesuatu yang sangat penting, Hal ini berhubungan dengan waktu dan biaya kerja lapangan seorang tenaga penjualan.

Karena semakin cepat dan tepat seorang tenaga penjualan dalam melakukan kunjungan, Berarti semakin efisien biaya yang akan dikeluarakan, Dan jika kunjungan bisa tepat sesuai rencana yang telah dibuat, Berarti kunjungan sales efektif.

Mengingat pentingnya ketepatan kunjungan seorang sales dalam melaksanakan tugas lapangan, Maka seorang salesman atau tenaga penjualan harus bisa membuat jadwal kunjungan kerelasi yang dibutuhkan. Karena jadwal kunjungan sales merupakan bagian dari persiapan sales sebelum tugas lapangan.

Dari beberapa tenaga penjualan atau sales tentunya mempunyai cara tersendiri dalam membuat dan menentukan jadwal kunjungan kerelasi. Namun tujuannya tetap sama, Yaitu agar kunjungan lebih efektif dan efisien dengan hasil yang optimal. Berikut urut-urutan dalam membuat jadwal kunjungan sales:

  1. Pertama evaluasi nota jatuh tempo dan data penjualan dari masing-masing relasi, Hal ini untuk mengetahui relasi mana yang pembayarannya harus ditagih dalam perjalanan ini, Serta data penjualan untuk mengetahui toko mana yang penjualannya paling bagus. 
  2. Buat prioritas kunjungan toko dengan berdasar evaluasi nota jatuh tempo dan data penjualan. Setelah mengetahui nota jatuh tempo dan data penjualan toko mana yang paling bagus, Buat rangking priorita toko mana yang perlu mendapat perhatian khusus. Tentu dengan memperhatikan kebiasaan toko mana yang pelayanannya cepat dan bagus.
  3. Buat jadwal kunjungan bayangan dengan berdasar poin 2 diatas, Dan jangan lupa pertimbangan jalur atau kota-kota yang akan dilewati.
  4. Setelah jadwal kunjungan bayangan (sementara ) selesai, Telpon ketoko atau relasi untuk bikin janji datang dan ketemu, Dan jangan lupa sampaikan tujuan kunjungan saudara, Misal akan ada tagihan, atau sampaikan jika ada produk baru dan lain-lain yang Saudara pandang perlu.
  5. Jika relasi bisa ditemuai sesuai dengan jadwal bayangan, Berarti jadwal bayangan  bisa digunakan sebagi jadwal kunjungan.
  6. Namun jika dari hasil telpon diatas hasilnya tidak semua bisa, Sebisa mungkin Saudara harus memohon agar bisa diusahan sesuai jadwal bayangan, Tentunyan dengan alasan yang baik dan benar.
  7. Dan jika sudah memohon tetap tidak bisa, Anda harus mencatat kapan saja bisanya ketemu(minta info kapan saja bisa ketemu, Jangan hanya satu waktu, Tapi usahakan ada beberapa waktu alternatif ).Setelah itu Saudara harus merubah jadwal untuk toko-toko yang tidak bisa dikunjungi sesuai jadwal bayangan tadi. Dalam hal ini, Jadwal dibuat dengan berdasarkan toko-toko yang bisa dikunjungi sesuai jadwal bayangan.
  8. Susun jadwal baru yang lebih baik.
Dalam menyusun jadwal kunjungan, Hindari beberapa hal berikut;
  1. Hindari jadwal yang membuat Saudara bolak-balik, Misal hari Senin ketoko A, Hari rabu harus balik ketoko A lagi.
  2. Membuat jadwal tanpa konfirmasi terlebih dahulu dengan fihak relasi atau toko.
Jadwal kunjungan memang sangat penting bagi seorang sales, karena akan bisa memberi petunjuk arah dalam melakukan kerja dilapangan. Karena itu dalam membuat jadwal harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Urut-urutan membuat jadwal kunjungan yang bisa dilakukan adalah, Pertama Evaluasi nota dan data penjualan relasi, Kedua buat jadwal bayangan, Ketiga telpon toko untuk janji ketemu. Penting untuk diingat, Jangan biasakan berkunjung ketoko tanpa bikin janji terlebih dahulu.

ARTIKEL TERKAIT SALES LAPANGAN

*  Persiapan sales sebelum Tugas Lapangan
*  Tugas Dan Kerja Sales Dilapangan Secara Umum
*  Tugas sales Sebagai Intel Pasar
*  Cara Menjual Agar Percaya Diri Dab Tanpa Beban

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...

Pengertian Polkadot ( Corak Atau Motif Baju Polkadot ) dan Macam Polkadot

Dalam kehidupan sehari-hari, Tentu kita pernah atau bahkan sering menyebut, Mendengar dan melihat motif atau corak polkadot. Apalagi bagi orang yang sering berhubungan dengan fashion atau lebih khusus lagi busana. Di Tahun 2013 motif atau corak polkadot ini pernah menjadi trend motif baju wanita seperti halnya motif bunga di tahun 2015 saat ini. Walaupun kita pernah atau sering mendengar serta melihat baju wanita polkadot, Tentu sebagian dari kita masih ada yang belum tahu apa itu polkadot. Dan bagi yang sudah tahu pengertian polkadot, Tidak ada salahnya membaca artikel ini kembali untuk mengingat tentang definisi polkadot. Pengertian polkadot Polkadot adalah Motif atau corak bulat-bulat pada kain yang biasanya polos dengan jarak yang sama. Dari arti atau pengertian polkadot diatas, Jika dijabarkan akan tampak seperti dibawah ini; Polkadot adalah motif atau corak Jadi polkadot merupakan dekorasi atau dimensi yang menghiasi atau memperindah bidang. Dalam pemb...

Pengertian Jumpsuit Dan Overall Serta Perbedaannya

Dalam dunia fashion dan busana, Kadang kita mendengar istilah-istilah fashion yang tidak mengerti artinya. Diantara adalah istilah jumpsuit dan Overall. Tidak sedikit dari masyarakat akan memberikan sebutan salah pada dua model pakaian ini. Hal ini bisa terjadi karena bentuk modelnya yang hampir sama. Serupa tapi tak sama, Itu yang bisa katakan. Lalu dimana letak kesamaan dan perbedaan jumpsuit dengan overall? Sebelum kita menyebutkan perbedaan overall dan jumpsuit atau persamaan overall dengan jumpsuit, Alahkah baiknya kita mengenal pengertian dari dua model pakaian tersebut. Pengertian jumpsuit Jumpsuit adalah bagian dari model pakaian yang menggabungkan antara atasan dengan celana namun masih mempunyai bentuk dan karakter masing-masing. Pengertian Over all Overall adalah model pakaian mirip dengan jumpsuit berbahan jean atau denim yang dalam pemakaiannya harus dipadukan dengan dalaman kaos atau kemeja. Dari pengertian jumpsuit dan overall diatas, Kita akan ...