Langsung ke konten utama

Tujuan Promosi Penjualan Secara Umum dan Uraiannya

+tujuan dan maksud perusahaan melakukan promosi penjualan barang, +manfaat promosi penjualan
Bagi perusahaan yang bergerak dalam usaha perdagangan atau penjualan produk, Promosi penjualan merupakan sesuatu yang tidak bisa ditinggalakan, Karena tidak ada perusahaan dagang atau penjualan yang tidak melakukan promosi penjualan dalam menjalankan aktifitas penjualan produknya.

Promosi penjualan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan media, Baik itu yang menggunakan anggaran biaya besar sampai yang kecil. Promosi penjualan memegang peranan yang sangat penting untuk mencapai tujuan dari usaha dagang atau usaha yang bergerak dalam penjualan produk. Semua usaha penjualan pasti mempunyai tujuan untuk menghasilkan omset penjualan besar dan menguntungkan, Namun tanpa didukung promosi penjualan yang baik omset penjualan optimal belum tentu bisa diraih.

Untuk mencapai tujuan berupa omset penjualan yang optimal dan menguntungkan, Promosi penjualan yang benar dan tepat harus dilakukan, Karena pada dasarnya promosi penjualan mempunyai tujuan penting yang akan mendukung tercapaianya omset optimal yang menguntungkan bagi perusahaan. 

Berdasarkan uraian pada definisi atau pengertian promosi secara umum, Secara garis besar ada tiga maksud atau tujuan dari promosi.

Tujuan promosi untuk;

  1. Mengenalkan atau memberitahukan tentang produk atau merek produk kepada khalayak umum.
  2. Membujuk atau mempengaruhi orang agar mau membeli dan memakai produk dari perusahaan atau merek tertentu.
  3. Untuk mengingatkan kembali agar orang tidak lupa dengan suatu produk atau merek tertentu.
Untuk mengenal dan memahami definisi atau pengertian promosi lebih rinci bisa kunjungi artikel dibawah ini;

*  Definisi atau Pengertian Promosi Secara Umum
Uraian pembahasan dari masing-masing tujuan promosi penjualan diatas adalah sebagai berikut:

Mengenalkan atau memberitahukan tentang produk atau merek produk
Setelah perusahaan membuat produk, Tentunya tidak langsung akan bisa terjual begitu saja. Dan yang perlu dilakukan adalah dikomunikasikan kepada masyarakat dengan memberitahukan dan mengenalkan terlebih dahulu agar orang mengenal produk ini, Pengenalan untuk produk meliputi merek produk, spesifikasi produk, Kelebihan produk dibanding produk pesaing sejenis serta keuntungan pembeli jika menggunakan atau memanfaatkan produk dengan merek dimaksud.

Hal diatas sangat penting dilakukan, Karena dengan mengenal produk dengan segala kelebihannya akan membuat orang tertarik, dan yang lebih baik lagi jika bisa menimbulkan rasa penasaran kepada orang tentang produk yang akan dijual. Mungkin kita masih ingat pepatah Tak kenal maka tak sayang, Bagaimana akan sayang kalau kenal saja tidak.

Membujuk atau mempengaruhi orang agar membeli dan memakai produk atau merek produk yang dijual
Setelah orang atau calon pembeli mengenal dan tertarik dengan produk dengan spesifikasi dan kelebihan yang melekat pada produk, Tentunya tidak secara langsung orang akan melakukan pembelian produk. Selanjut dengan promosi penjualan akan dilakukan usaha untuk membujuk dan mempengaruhi calon pembeli, Yaitu dengan meyakinkan calon pembeli bahwa produk yang dikenalnya benar-benar sesuai dengan yang diharapkan dan dicari.

Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, Misal dengan testimoni atau dengan segala sesuatu yang akan bisa mempengaruhi calon pembeli untuk mengambil keputusan membeli dan memakai fungsi produk yang ditawarkan untuk memenuhi keinginannya.

Mengingatkan kembali kepada orang agar tidak lupa dengan suatu merek produk atau produk.
Usia produk kadang akan membuat orang melupakan suatu produk yang pernah dibelinya, Selain karena usia produk, Persaingan produk sejenis juga akan mempengaruhi fikiran orang tentang ingatan terhadap suatu merek produk yang pernah dibeli dan dipakainya.

Maka dari itu, Dengan promosi perusahaan berharap akan bisa mengingatkan kembali seseorang terhadap manfaat dan kelebihan suatu merek produk yang sudah pernah dibeli dan dipakainya. hal ini sangat erat hubungannya dengan eksistensi produk dipasaran.

Tujuan perusahaan yang begerak dibidang penjualan produk adalah untuk mendapatkan laba dengan menjual produk yang optimal. Untuk tujuan itu, Perusahaan tidak bisa lepas dari kegiatan atau aktifitas promosi, Karena dengan promosi penjualan yang baik akan mendukung pencapaian omset optimal.

Dengan demikian  promosi penjualan mempunyai tujuan untuk mengenalkan produk, Mempengaruhi orang agar membeli dan mengingatkan kembali kepada pembeli akan keberadaan merek produk tertentu.


Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...

Pengertian Polkadot ( Corak Atau Motif Baju Polkadot ) dan Macam Polkadot

Dalam kehidupan sehari-hari, Tentu kita pernah atau bahkan sering menyebut, Mendengar dan melihat motif atau corak polkadot. Apalagi bagi orang yang sering berhubungan dengan fashion atau lebih khusus lagi busana. Di Tahun 2013 motif atau corak polkadot ini pernah menjadi trend motif baju wanita seperti halnya motif bunga di tahun 2015 saat ini. Walaupun kita pernah atau sering mendengar serta melihat baju wanita polkadot, Tentu sebagian dari kita masih ada yang belum tahu apa itu polkadot. Dan bagi yang sudah tahu pengertian polkadot, Tidak ada salahnya membaca artikel ini kembali untuk mengingat tentang definisi polkadot. Pengertian polkadot Polkadot adalah Motif atau corak bulat-bulat pada kain yang biasanya polos dengan jarak yang sama. Dari arti atau pengertian polkadot diatas, Jika dijabarkan akan tampak seperti dibawah ini; Polkadot adalah motif atau corak Jadi polkadot merupakan dekorasi atau dimensi yang menghiasi atau memperindah bidang. Dalam pemb...

Pengertian Jumpsuit Dan Overall Serta Perbedaannya

Dalam dunia fashion dan busana, Kadang kita mendengar istilah-istilah fashion yang tidak mengerti artinya. Diantara adalah istilah jumpsuit dan Overall. Tidak sedikit dari masyarakat akan memberikan sebutan salah pada dua model pakaian ini. Hal ini bisa terjadi karena bentuk modelnya yang hampir sama. Serupa tapi tak sama, Itu yang bisa katakan. Lalu dimana letak kesamaan dan perbedaan jumpsuit dengan overall? Sebelum kita menyebutkan perbedaan overall dan jumpsuit atau persamaan overall dengan jumpsuit, Alahkah baiknya kita mengenal pengertian dari dua model pakaian tersebut. Pengertian jumpsuit Jumpsuit adalah bagian dari model pakaian yang menggabungkan antara atasan dengan celana namun masih mempunyai bentuk dan karakter masing-masing. Pengertian Over all Overall adalah model pakaian mirip dengan jumpsuit berbahan jean atau denim yang dalam pemakaiannya harus dipadukan dengan dalaman kaos atau kemeja. Dari pengertian jumpsuit dan overall diatas, Kita akan ...