Langsung ke konten utama

Cara Agar Percaya Diri Saat Menjual Produk Atau Barang

+persiapan sebelum ketemu calon relasi atau relasi, +persiapan menghadapi konsumen, +apa yang harus dilakukan sebelum ketemu relasi, +persiapan sebelum menemui calon relasi untuk menawarkan produk
Penjualan produk merupakan salah satu nafas bagi perusahaan perdagangan, Karena dengan penjualan yang bagus dan sehat perputaran uang atau arus kas perusahaan akan menjadi lancar. Guna menunjang penjualan yang baik, Perusahaan harus mempu menyiapkan tenaga-tenaga atau team penjualan yang baik.

Untuk itu, seorang penjual atau tenaga penjualan yang akan secara langsung bertemu dengan key person dari relasi maupun calon relasi harus mempunyai kesiapan yang memadai. Hal ini agar seorang penjual atau sales bisa menjalankan aktifitas penjualan dengan baik dan tanpa beban.


Menjual tanpa beban yang dimaksud adalah, Bahwa seorang sales atau tenaga penjual sudah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan sebelum menemui key person dari relasi ataupun calon relasi. Jadi bukan tanpa beban target penjualan maupun pembayaran. Untuk seorang tenaga penjual atau sales baru kadang merasa kurang percaya diri saat akan menemui key person dari perusahaan yang akan ditawari kerjasama penjualan, Hal ini terjadi karena beberapa penyebab.
  1. Karena diri sales sendiri
  2. Karena produk yang dijual atau karena aturan transaksi dari perusahaan yang diwakili.
  3. Karena orang yang akan ditemui.
Agar seorang sales atau tenaga penjual bisa melakukan penjualan secara optimal, Ketiga hal diatas harus diperhatikan secara seksama baik oleh seorang sales maupun perusahaan dimana seorang sales bekerja. Karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap mental seorang tenaga penjual atau sales saat menjalankan tugas dilapangan, Dan akan sangat berpengaruh juga terhadap penjualan.

Karena diri sales sendiri
Seorang sales baru, kadang mempunyai perasaan tidak percaya diri, Ragu atau bahkan takut yang berasal dari dalam dirinya sendiri saat akan menghadapi relasi dan atau calon relasi. Untuk hal ini, Seorang sales sebaiknya selalu berfikir bahwa orang yang akan ditemui adalah manusia biasa, Jadi sama-sama manusia kenapa harus takut atau ragu untuk bertemu. Atau anda selalu berfikir bahwa Anda sama dengan dia atau bahkan anda mempunyai sesuatu yang lebih dari dia.

Jadi jangan pernah berfikir bahwa Anda adalah seorang sales yang sangat membutuhkan dia, Berfikirlah bahwa Anda adalah Anda sendiri yang akan bertemu orang lain untuk menawarkan kerjasama dan bukan memohon keputusan dari dia untuk menerima kerjasama tersebut.  Dan saya pernah mendengar kata- kata "Iseng-iseng berhadiah", yang artinya jika penawaran anda diterima berarti Anda akan dapat hadiah atau hasil, Namun jika tidak diterima Anda anggap kegiatan iseng Anda.

Karena produk yang dijual atau karena aturan transaksi perusahaan yang diwakili
Penyebab lain seorang sales tidak percaya diri bisa karena kurang pengetahuan tentang produk yang dijual atau aturan transaksi dari perusahaan yang diwakili. Hal ini perlu menjadi perhatian, Agar saat penyampaian atau pada waktu ditanya calon relasi mengenai produk dan aturan transaksinya seorang sales sudah siap dengan jawaban yang tepat tanpa ada keraguan. Maka dari itu, seorang sales harus benar-benar mempelari sampai mengerti benar pengetahuan produk yang dijual dan aturan transaksinya.

Karena orang yang akan ditemuai
Untuk membantu Seorang sales dalam menumbuhkan percaya diri, Seorang sales harus mempunyai pengetahuan tentang relasi, Baik itu karakteristik key person yang akan dihadapi maupun karakteristik toko atau instansi yang akan ditawari kerjasama penjualan. Hal ini agar seorang sales bisa mempersiapkan diri baik dari segi sikap, Cara bicara maupun materi yang tepat untuk disampaikan. Misal key person mempunyai karakter suka humor, Seorang sales bisa mempersiapkan diri bagaimana menghadi orang yang suka humor.

Menjual produk tanpa beban bukan berarti seorang sales tidak mempunyai beban target omset atau target pembayaran, Beban disini lebih kepada beban mental untuk menghadapi calon relasi atau konsumen. Beban seorang sales akan sangat berpengaruh terhadap mental seorang sales dalam menjual produk, Beban sales bisa berasal dari diri sendiri dan pengaruh luar. Untuk itu, dengan mengatasi beban tersebut akan bisa membantu kelancaran sales dalam melakukan aktifitas penjualannya.

ARTIKEL TERKAIT PENJUALAN

*  Persiapan sebelum menawarkan produk ketoko baru
*  Tugas sales sebagai intelijen pasar
*  Ekspansi pasar untuk meningkatkan penjualan
*  Tugas dan kerja sales dilapangan
*  Membuat jadwal kunjungan sales yang efektife dan efisien

Postingan populer dari blog ini

Contoh Banner Promosi Jual Ruko Menarik

Bagi pengembang atau pebisnis property, Ruko merupakan produk yang perlu dipromosikan agar masyarakat tahu. Sedangkan bagi konsumen, Ruko merupakan bangunan yang dianggap strategis untuk jualan dan sekaligus sebagai tempat tinggal. Agar konsumen tertarik dengan ruko yang dijual, Tentu diperlukan adanya usaha publikasi dalam bentuk promosi atau iklan. Untuk keberhasilan publikasi, Tentu diperlukan usaha promosi yang baik dan menarik. Promosi yang menarik, Ini bisa dilihat dari kalimat promosi yang disajikan kepada konsumen. Hal ini tentu juga harus didukung dengan desain iklan menarik, Kombinasi warna, Letak, Media dan masih banyak aspek lainnya. Untuk menyampaikan pesan promosi yang telah didesain sedemikian rupa menarik, Tentu diperlukan adanya media promosi untuk menyampaikan pesan dimaksud. Dalam hal ini adalah promosi penjualan ruko ( property ) yang disampaikan degan media promosi banner. Pada artikel iklan promosi kali ini, Go Klaten Jualan Go akan menyampaikan ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberap...

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...