Langsung ke konten utama

Cara Agar Percaya Diri Saat Menjual Produk Atau Barang

+persiapan sebelum ketemu calon relasi atau relasi, +persiapan menghadapi konsumen, +apa yang harus dilakukan sebelum ketemu relasi, +persiapan sebelum menemui calon relasi untuk menawarkan produk
Penjualan produk merupakan salah satu nafas bagi perusahaan perdagangan, Karena dengan penjualan yang bagus dan sehat perputaran uang atau arus kas perusahaan akan menjadi lancar. Guna menunjang penjualan yang baik, Perusahaan harus mempu menyiapkan tenaga-tenaga atau team penjualan yang baik.

Untuk itu, seorang penjual atau tenaga penjualan yang akan secara langsung bertemu dengan key person dari relasi maupun calon relasi harus mempunyai kesiapan yang memadai. Hal ini agar seorang penjual atau sales bisa menjalankan aktifitas penjualan dengan baik dan tanpa beban.


Menjual tanpa beban yang dimaksud adalah, Bahwa seorang sales atau tenaga penjual sudah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan sebelum menemui key person dari relasi ataupun calon relasi. Jadi bukan tanpa beban target penjualan maupun pembayaran. Untuk seorang tenaga penjual atau sales baru kadang merasa kurang percaya diri saat akan menemui key person dari perusahaan yang akan ditawari kerjasama penjualan, Hal ini terjadi karena beberapa penyebab.
  1. Karena diri sales sendiri
  2. Karena produk yang dijual atau karena aturan transaksi dari perusahaan yang diwakili.
  3. Karena orang yang akan ditemui.
Agar seorang sales atau tenaga penjual bisa melakukan penjualan secara optimal, Ketiga hal diatas harus diperhatikan secara seksama baik oleh seorang sales maupun perusahaan dimana seorang sales bekerja. Karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap mental seorang tenaga penjual atau sales saat menjalankan tugas dilapangan, Dan akan sangat berpengaruh juga terhadap penjualan.

Karena diri sales sendiri
Seorang sales baru, kadang mempunyai perasaan tidak percaya diri, Ragu atau bahkan takut yang berasal dari dalam dirinya sendiri saat akan menghadapi relasi dan atau calon relasi. Untuk hal ini, Seorang sales sebaiknya selalu berfikir bahwa orang yang akan ditemui adalah manusia biasa, Jadi sama-sama manusia kenapa harus takut atau ragu untuk bertemu. Atau anda selalu berfikir bahwa Anda sama dengan dia atau bahkan anda mempunyai sesuatu yang lebih dari dia.

Jadi jangan pernah berfikir bahwa Anda adalah seorang sales yang sangat membutuhkan dia, Berfikirlah bahwa Anda adalah Anda sendiri yang akan bertemu orang lain untuk menawarkan kerjasama dan bukan memohon keputusan dari dia untuk menerima kerjasama tersebut.  Dan saya pernah mendengar kata- kata "Iseng-iseng berhadiah", yang artinya jika penawaran anda diterima berarti Anda akan dapat hadiah atau hasil, Namun jika tidak diterima Anda anggap kegiatan iseng Anda.

Karena produk yang dijual atau karena aturan transaksi perusahaan yang diwakili
Penyebab lain seorang sales tidak percaya diri bisa karena kurang pengetahuan tentang produk yang dijual atau aturan transaksi dari perusahaan yang diwakili. Hal ini perlu menjadi perhatian, Agar saat penyampaian atau pada waktu ditanya calon relasi mengenai produk dan aturan transaksinya seorang sales sudah siap dengan jawaban yang tepat tanpa ada keraguan. Maka dari itu, seorang sales harus benar-benar mempelari sampai mengerti benar pengetahuan produk yang dijual dan aturan transaksinya.

Karena orang yang akan ditemuai
Untuk membantu Seorang sales dalam menumbuhkan percaya diri, Seorang sales harus mempunyai pengetahuan tentang relasi, Baik itu karakteristik key person yang akan dihadapi maupun karakteristik toko atau instansi yang akan ditawari kerjasama penjualan. Hal ini agar seorang sales bisa mempersiapkan diri baik dari segi sikap, Cara bicara maupun materi yang tepat untuk disampaikan. Misal key person mempunyai karakter suka humor, Seorang sales bisa mempersiapkan diri bagaimana menghadi orang yang suka humor.

Menjual produk tanpa beban bukan berarti seorang sales tidak mempunyai beban target omset atau target pembayaran, Beban disini lebih kepada beban mental untuk menghadapi calon relasi atau konsumen. Beban seorang sales akan sangat berpengaruh terhadap mental seorang sales dalam menjual produk, Beban sales bisa berasal dari diri sendiri dan pengaruh luar. Untuk itu, dengan mengatasi beban tersebut akan bisa membantu kelancaran sales dalam melakukan aktifitas penjualannya.

ARTIKEL TERKAIT PENJUALAN

*  Persiapan sebelum menawarkan produk ketoko baru
*  Tugas sales sebagai intelijen pasar
*  Ekspansi pasar untuk meningkatkan penjualan
*  Tugas dan kerja sales dilapangan
*  Membuat jadwal kunjungan sales yang efektife dan efisien

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberapa tempat.