Langsung ke konten utama

Persiapan Sales Sebelum Menjual Atau Menawarkan Produk Pada Toko Baru

+persiapan dalam menawarkan produk, +yang harus disiapkan sebelum negosiasi penawaran kerjasama penjualan
Guna meningkatkan omset penjualan, Banyak cara yang bisa ditempuh, diantaranya dengan ekspansi pasar untuk meningkatkan omset penjualan. Cara ini dilakukan dengan membuka toko baru pada area baru atau dengan membuka toko baru untuk area yang sudah ada relasi disana.

Dan dalam melakukan ekspansi atau pembukaan toko baru ini, Seorang sales harus melakukan dengan hati-hati, Karena pada tahapan ini, kesan pertama atau ketertarikan dari seorang pemilik toko atau bagian order ditoko akan bisa berpengaruh pada terjadinya kerjasama penjualan.Mengingat pentingnya pertemuan pertama pada negosiasi penawaran kerjasama penjualan, Seorang sales harus mempersiapkan segalanya dengan baik dan matang.

Maka dari itu, Sebelum bertemu dengan calon relasi untuk negosiasi penawaran kerjasama penjualan, Sebaiknya beberapa hal berikut dipersiapkan terlebih dahulu dengan matang.
  1. Seorang sales harus mempersiapkan pengetahuannya tentang produk yang akan ditawarkan atau dijual. Misal untuk produk pakaian, Seorang sales harus mengetahui tentang bahan yang dipakai, Keunggulan bahan yang dipakai, Macam-macam produk yang dijual, Model-model produk yang akan ditawarkan, Harga produk, Size, Warna produk, Target pasar yang dibidik, Dan kekuatan produk yang dijual dipasaran.
  2. Cari tahu kepada siapa harus betemu untuk membicarakan penawaran kerjasama penjualan. Dan usahakan dia adalah seorang yang bisa mengambil keputusan dalam hal kerjasama penjualan.
  3. Kenali orang yang akan ditemuai pada poin no.2. Misal tentang karakteristik orang tersebut, Tipenya, Kesukaan maupun yang tidak disukai, Hobi, Kapan bisa ditemuai, Jika akan bertemu perlu bikin janji terlebih dahulu atau bisa setiap saat. Untuk mendapatkan informasi ini tugas sales sebagai intelijen pasar akan sangat diperlukan guna memperoleh informasi yang baik dan benar. Informasi tersebut diatas bisa didapatkan dari seseorang yang ada ditoko (karyawan toko) atau juga bisa ditanyakan kepada sales dari perusahaan lain yang sudah lebih dulu melakukan kerjasama dengan toko yang akan ditawari kerjasama penjualan.
  4. Usahan untuk mendapatkan informasi mengenai kebiasaan transaksi yang dilakukan toko tersebut, Hal ini dilakukan agar seorang sales bisa mempersiapkan opsi transaksi yang akan ditawarkan. Apakah transaksi penjualan putus, Transaksi penjualan putus bantu atau Konsinyasi.
  5. Cari tahu promosi, even atau iklan yang biasa dilakukan ditoko tersebut. Informasi ini sangat penting karena akan berhubungan dengan kondisi, Kebiasaan dan kemampuan perusahaan anda Saudara dalam mendukung promosi, even dan iklan tersebut. Kalau perusahaan Saudara adalah perusahaan yang besar dan selalu mensuport segala even ditoko mungkin tidak akan begitu penting informasi ini, Namun jika karena suatu hal perusahaan Saudara tidak bisa mendukung segala even ditoko, Informasi ini akan sangat penting sebagai bekal anda dalam negosiasi penawaran kerjasama penjualan.
Jika beberapa hal diatas sudah Saudara siapkan dengan matang, Saudara akan lebih mantap dalam melakukan negosiasi penawaran kerjasama penjualan. Namun yang tidak boleh dilupakan adalah pertimbangan antara bikin janji atau langsung ketoko. Kalau karena kesibukan keyperson ditoko harus bikin janji dulu, Saudara harus bikin janji ketemu dahulu.

Mengingat pentingnya kesan pertama dalam negosiasi kerjasama penjualan, Seorang sales harus mempunyai beberapa persiapan yang diperlukan, Diantaranya pengetahuan tentang produk, pengetahuan tentang karakteristik dari keyperson yang akan dihubungi dan karakteristik serta kebiasaan dari toko yang akan ditawari kerjasama penjualan.

ARTIKEL TERKAIT SALES LAPANGAN

*  Tip Agar Sales Bisa Menjual Dengan Percaya Diri Tanpa Beban
*  Tugas Sales Sebagai Intelijen Pasar
*  Persiapan Sales Sebelum Tugas Lapangan
*  Cara mengatasi Penolakan saat Menjual atau Menawarkan Barang
*  Cara Mengenali Toko Yang Baik Untuk Pengembangan Pasar
*  Memilih Hotel Untuk Sales dan Kegiatan Salesman Dihotel

Postingan populer dari blog ini

Contoh Banner Promosi Jual Ruko Menarik

Bagi pengembang atau pebisnis property, Ruko merupakan produk yang perlu dipromosikan agar masyarakat tahu. Sedangkan bagi konsumen, Ruko merupakan bangunan yang dianggap strategis untuk jualan dan sekaligus sebagai tempat tinggal. Agar konsumen tertarik dengan ruko yang dijual, Tentu diperlukan adanya usaha publikasi dalam bentuk promosi atau iklan. Untuk keberhasilan publikasi, Tentu diperlukan usaha promosi yang baik dan menarik. Promosi yang menarik, Ini bisa dilihat dari kalimat promosi yang disajikan kepada konsumen. Hal ini tentu juga harus didukung dengan desain iklan menarik, Kombinasi warna, Letak, Media dan masih banyak aspek lainnya. Untuk menyampaikan pesan promosi yang telah didesain sedemikian rupa menarik, Tentu diperlukan adanya media promosi untuk menyampaikan pesan dimaksud. Dalam hal ini adalah promosi penjualan ruko ( property ) yang disampaikan degan media promosi banner. Pada artikel iklan promosi kali ini, Go Klaten Jualan Go akan menyampaikan ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberap...

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...