Langsung ke konten utama

Persiapan Sales Sebelum Menjual Atau Menawarkan Produk Pada Toko Baru

+persiapan dalam menawarkan produk, +yang harus disiapkan sebelum negosiasi penawaran kerjasama penjualan
Guna meningkatkan omset penjualan, Banyak cara yang bisa ditempuh, diantaranya dengan ekspansi pasar untuk meningkatkan omset penjualan. Cara ini dilakukan dengan membuka toko baru pada area baru atau dengan membuka toko baru untuk area yang sudah ada relasi disana.

Dan dalam melakukan ekspansi atau pembukaan toko baru ini, Seorang sales harus melakukan dengan hati-hati, Karena pada tahapan ini, kesan pertama atau ketertarikan dari seorang pemilik toko atau bagian order ditoko akan bisa berpengaruh pada terjadinya kerjasama penjualan.Mengingat pentingnya pertemuan pertama pada negosiasi penawaran kerjasama penjualan, Seorang sales harus mempersiapkan segalanya dengan baik dan matang.

Maka dari itu, Sebelum bertemu dengan calon relasi untuk negosiasi penawaran kerjasama penjualan, Sebaiknya beberapa hal berikut dipersiapkan terlebih dahulu dengan matang.
  1. Seorang sales harus mempersiapkan pengetahuannya tentang produk yang akan ditawarkan atau dijual. Misal untuk produk pakaian, Seorang sales harus mengetahui tentang bahan yang dipakai, Keunggulan bahan yang dipakai, Macam-macam produk yang dijual, Model-model produk yang akan ditawarkan, Harga produk, Size, Warna produk, Target pasar yang dibidik, Dan kekuatan produk yang dijual dipasaran.
  2. Cari tahu kepada siapa harus betemu untuk membicarakan penawaran kerjasama penjualan. Dan usahakan dia adalah seorang yang bisa mengambil keputusan dalam hal kerjasama penjualan.
  3. Kenali orang yang akan ditemuai pada poin no.2. Misal tentang karakteristik orang tersebut, Tipenya, Kesukaan maupun yang tidak disukai, Hobi, Kapan bisa ditemuai, Jika akan bertemu perlu bikin janji terlebih dahulu atau bisa setiap saat. Untuk mendapatkan informasi ini tugas sales sebagai intelijen pasar akan sangat diperlukan guna memperoleh informasi yang baik dan benar. Informasi tersebut diatas bisa didapatkan dari seseorang yang ada ditoko (karyawan toko) atau juga bisa ditanyakan kepada sales dari perusahaan lain yang sudah lebih dulu melakukan kerjasama dengan toko yang akan ditawari kerjasama penjualan.
  4. Usahan untuk mendapatkan informasi mengenai kebiasaan transaksi yang dilakukan toko tersebut, Hal ini dilakukan agar seorang sales bisa mempersiapkan opsi transaksi yang akan ditawarkan. Apakah transaksi penjualan putus, Transaksi penjualan putus bantu atau Konsinyasi.
  5. Cari tahu promosi, even atau iklan yang biasa dilakukan ditoko tersebut. Informasi ini sangat penting karena akan berhubungan dengan kondisi, Kebiasaan dan kemampuan perusahaan anda Saudara dalam mendukung promosi, even dan iklan tersebut. Kalau perusahaan Saudara adalah perusahaan yang besar dan selalu mensuport segala even ditoko mungkin tidak akan begitu penting informasi ini, Namun jika karena suatu hal perusahaan Saudara tidak bisa mendukung segala even ditoko, Informasi ini akan sangat penting sebagai bekal anda dalam negosiasi penawaran kerjasama penjualan.
Jika beberapa hal diatas sudah Saudara siapkan dengan matang, Saudara akan lebih mantap dalam melakukan negosiasi penawaran kerjasama penjualan. Namun yang tidak boleh dilupakan adalah pertimbangan antara bikin janji atau langsung ketoko. Kalau karena kesibukan keyperson ditoko harus bikin janji dulu, Saudara harus bikin janji ketemu dahulu.

Mengingat pentingnya kesan pertama dalam negosiasi kerjasama penjualan, Seorang sales harus mempunyai beberapa persiapan yang diperlukan, Diantaranya pengetahuan tentang produk, pengetahuan tentang karakteristik dari keyperson yang akan dihubungi dan karakteristik serta kebiasaan dari toko yang akan ditawari kerjasama penjualan.

ARTIKEL TERKAIT SALES LAPANGAN

*  Tip Agar Sales Bisa Menjual Dengan Percaya Diri Tanpa Beban
*  Tugas Sales Sebagai Intelijen Pasar
*  Persiapan Sales Sebelum Tugas Lapangan
*  Cara mengatasi Penolakan saat Menjual atau Menawarkan Barang
*  Cara Mengenali Toko Yang Baik Untuk Pengembangan Pasar
*  Memilih Hotel Untuk Sales dan Kegiatan Salesman Dihotel

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral barang sisa lebaran

Cara Menghitung Jumlah Maksimal Retur Penjualan Ideal Berdasar Harga Pokok Penjualan

Seperti telah disebutkan pada posting sebelumnya, Bahwa dalam menentukan jumlah maksimal retur menggunakan dasar penentuan jumlah dan persentase retur ideal. Salah satu dasar penentuan atau batasan jumlah atau persentase retur penjualan yang ideal adalah dengan berdasar harga pokok penjualan barang.  Apa saja dasar dalam menentukan batasan retur ideal?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini; *   dasar penentuan jumlah dan persentase retur idea l Disini harga pokok penjualan digunakan sebagai rambu-rambu untuk memberikan kebijakan batasan jumlah maksimal retur.  penjualan agar tidak  berpengaruh negatif atau menimbulkan kerugian pada perusahaan. Agar penentuan batasan jumlah maksimal retur tidak merugikan perusahaan, Tentunya perlu dilakukan perhitungan yang matang dan benar agar memberikan hasil yang optimal. Dan perhitungan dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain akan cenderung berbeda, Hal ini disebabkan karena perbedaan kebijakan biaya yang berhubu