Langsung ke konten utama

Persiapan Sales Sebelum Tugas Lapangan

+apa yang harus disiapkan seorang sales sebelum tugas lapangan, +kenapa sales harus melakukan persiapan jika tugas lapangan
Seorang sales atau tenaga penjual adalah ujung tombak bagi terdistribusinya barang dari produsen kerelasi, Maka dari itu, seorang sales dalam melaksanakan tugasnya akan selalu disertai yang namanya target penjualan dan target pembayaran.

Untuk itu, Seorang sales harus bekerja secara maksimal untuk hasil yang optimal guna melaksanakan tugas yang diembannya. Dan dalam usahanya untuk meraih hal itu, Seorang sales harus bekerja dengan rencana dan persiapan yang matang. Karena persiapan yang matang akan sangat mendukung kinerja seorang sales dalam menjalankan tugas dilapangan.

Pada kesempatan ini, Saya akan menyampaikan beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh seorang sales produk pakaian dengan relasi toko-toko fashion. Dan dalam menjalankan tugasnya ini, Selain  menjual seorang sales juga harus melakukan  penagihan pembayaran. Asumsi pembayaran dilakukan dengan tempo.

Berikut adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh seorang sales atau tenaga penjualan sebelum melaksanakan tugas lapangan.
  1. Mengevaluasi pembayaran relasi untuk bulan sebelumnya, Untuk pekerjaan ini seorang sales bisa bekerja sama dengan bagian pengendali piutang. Karena selain dari data yang kita bukukan sendiri, Kita juga perlu cros cek untuk pembayaran yang melalui Trasfer Bank, Giro yang dikirim via Pos. Ini perlu dilakukan agar kita bisa menentukan  prioritas turun barang kerelasi.
  2. Mengecek nota yang sudah jatuh tempo, Ini untuk menentukan prioritas penagihan. Karena nota jatuh tempo ini akan menjadi target pembayaran seorang sales untuk bulan bersangkutan. Dan jika memungkinkan bisa langsung serah terima nota yang akan dibawa.
  3. Cek stok barang yang akan dibawa jika kanvas, atau cek stok barang pertanggal akan berangkat. Hal ini dilakukan karena akan berhubungan dengan prioritas pemberian barang kepada toko relasi.
  4. Buat daftar prioritas kunjungan toko, dengan pertimbangan poin 1,2,3 dan jalur kunjungan.
  5. Buat prediksi waktu kunjungan yang akan diperlukan.
  6. Membuat jadwal kunjungan sales yang efektif efisien.
  7. Dengan berdasarkan jadwal kunjungan pada poin 6 diatas, Buat anggaran biaya yang diperlukan. Meliputi biaya makan, Penginapan, BBM, dan biaya lain-lain. Lakukan koordinasi dengan bagian kendaraan, Meliputi biaya yang ada hubungannya dengan kendaraan dan kesiapan kendaraan yang akan dipakai. Kesiapan kendaraan ini akan dipakai untuk menentukan waktu muat barang.
  8. Ajukan rencana biaya kunjungan tersebut kepimpinan untuk dilakukan persetujuan, Dan jika sudah disetujui ajukan kekasir.
  9. Siapkan Pakaian dan kebutuhan pribadi secukupnya untuk keperluan dijalan.

Karena adanya tanggung jawab atas tercapainya target penjualan dan pembayaran, Seorang tenaga penjual perlu membuat persiapan dan perencanaan matang sebelum melakukan tugas lapangan, Persiapan itu berhubungan dengan nota untuk menagih, Barang yang akan dibawa, Jalur dan prioritas toko yang akan dikunjungi serta perencanaan biaya perjalanan.

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberapa tempat.