Langsung ke konten utama

Tugas Sales Lapangan Sebagai Intelijen Pasar

+sales mata-mata pasar, +Sales mengumpulkan informasi pasar guna membuat strategi pasar, +informasi untuk memenangkan persaingan dipasaran
Dalam menghadapi persaingan didunia pemasaran yang semakin ketat, Perusahaan dituntut untuk bisa mendapatkan informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan perubahan-perubahan pasar terbaru dengan cepat dan akurat.

Untuk itu, perusahaan yang bergerak dibidang penjualan atau perdagangan harus mempunyai Tenaga penjualan yang mampu menjadi itelejen pasar.

Tugas sales lapangan sebagai intelijen pasar adalah  mencari, Mengamati dan mengumpulkan informasi-informasi terkini. Baik itu  informasi yang berhubungan dengan faktor internal maupun eksternal. Kemudian informasi yang didapat dipasar akan dianalisis serta disampaikan kepada atasan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan untuk membuat strategi pasar guna menghadapi persaingan pasar. Pada artikel ini saya batasi pada tugas sales lapangan untuk pengamatan dan pengumpulan informasi seputar produk pakaian jadi.

Mengingat pentingnya informasi dari lapangan dalam membuat strategi pasar, Tugas sales lapangan sebagai intelejen pasar juga dituntut bisa mencari, Mengamati, Mengumpulkan dan menganalisi informasi tentang kondisi pasar terkini. Baik itu informasi yang berhubungan dengan kondisi pasar internal perusahaan maupun eksternal perusahaan. Dan ini merupakan salah satu tugas dan kerja sales lapangan.

Apa saja tugas dan kerja sales lapangan? Saudara bisa baca lebih lengkap pada artikel dibawah ini;

Tugas dan kerja sales dilapangan

Seperti telah disampaikan diatas, Bahwa sebagai intelijen pasar seorang salesman harus mampu mengumpulkan beberapa informasi penting dari lapangan.

Berikut informasi pasar yang diperlukan dan harus dilakukan pengamatan oleh seorang sales dilapangan. 
  1. Keinginan dan kebutuhan konsumen, Informasi mengenai kebutuhan konsumen akan produk pakaian yang sedang dibutuhkan saat itu merupakan peluang pasar yang harus cepat ditanggapi oleh produsen. Misal perubahan model yang sedang dicari konsumen, warna yang sedang ngetren dan dicari konsumen saat itu. 
  2. Kondisi dan perkembangan pasar, Informasi mengenai kondisi pasar ini erat hubungannya dengan pesaing untuk produk bersangkutan. Segala hal yang dilakukan oleh pesaing harus selalu diamati dan dianalisis dengan baik dan benar. Baik itu mengenai perubahan yang berhubungan dengan produk pesaing, Misal perubahan harga, Model dari produk pesaing atau Even yang dilakukan pesaing misal mengadakan program diskon.
  3. Kondisi relasi atau toko, Toko adalah tempat dimana kita mendisplay produk, Jadi segala perubahan yang terjadi ditoko, Baik itu kebijakan transaksi, Kebijakan promosi, Kebijakan penataan counter barang dan atau kebijakan lainnya yang akan mempengaruhi omset penjualan harus secepatnya kita tanggapi. Misal kebijakan promosi berupa pemasangan banner dalam toko, Perubahan susunan rak counter dan lain-lain.
  4. Kondisi produk sendiri dipasaran, Informasi ini sangat penting bagi perusahaan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan produk dalam bersaing dipasaran. Jangan sepelekan sedikit kritik dari toko terhadap produk dipasar. 

Segala informasi yang sesuai dengan realitas pasar saat itu sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam membuat strategi pasar. Tugas sales lapangan sebagai intelijen pasar dituntut bisa mendeteksi perubahan yang terjadi dipasar dengan cepat dan melaporkan kepada atasan agar semakin besar peluang perusahaan untuk bisa memenangkan persaingan.

Informasi perubahan pasar sangat penting bagi perusahaan, Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap strategi pasar yang harus diterapkan dalam menjual produk. Maka dari itu, segala informasi yang berhubungan dengan realitas pasar harus cepat diketahui.

Untuk tujuan itu, Tugas sales lapangan sebagai intelijen pasar dituntut untuk bisa mencari, Mengamati, Mengumpulkan dan menganalisis segala perubahan yang terjadi dipasar sebagai informasi keperusahaan. Informasi perubahan tersebut meliputi Kondisi keinginan dan kebutuhan konsumen, Kondisi dan perkembangan pasar, Kondisi relasi atau toko, Dan kemampuan produk sendiri dalam bersaing dipasaran. Informasi yang tepat dan cepat dari seorang sales dilapangan akan sangat berpengaruh dalam memenangkan persaingan dipasar.

ARTIKEL TERKAIT SALES LAPANGAN

*  Cara Mengatasi Ponolakan Penjualan
*  Cara Menjual Barang Agar Percaya Diri
*  Persiapan sales Sebelum Menjual
*  Cara Membuat Jadwal Kunjungan Sales Yang Efektif dan Efisien
*  Persiapan Sales Sebelum Menawarkan Produk Pada Relasi Baru
.

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberap...

Kalimat Promosi Jual hp Second atau Handphone Bekas Yang Trend

Promosi merupakan salah satu roh dari martketing dalam usaha menginformasikan suatu produk. Karena dengan promosi orang atau calon konsumen akan menjadi tahu tentang produk atau usaha kita. Bagaimana dengan Jual handphone atau jual hp bekas?. Handphone juga merupakan produk, Jadi juga tidak akan lepas dari yang namanya promosi. Banyak cara telah dilakukan oleh orang yang jual hp second atau handphone bekas dalam mengkampanyekan produk yang dijual. Salah satunya dalam bentuk tulisan. Biasanya tulisan ini ditempatkan pada media banner yang dipajang didepan toko handphone, Selain itu, Bisanya banner dibuat dalam warna yang mencolok. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang yang lewat depan toko hp tersebut. Selain warna banner yang mencolok, Biasanya kalimatnya juga sangat menarik dan menggugah orang yang lewat. Sebetulnya banyak kata-kata atau kalimat yang sering kita jumpai dalam promosi jual hp second atau handphone Bekas. Berikut beberapa kata promosi atau k...