Langsung ke konten utama

Tugas Sales Lapangan Sebagai Intelijen Pasar

+sales mata-mata pasar, +Sales mengumpulkan informasi pasar guna membuat strategi pasar, +informasi untuk memenangkan persaingan dipasaran
Dalam menghadapi persaingan didunia pemasaran yang semakin ketat, Perusahaan dituntut untuk bisa mendapatkan informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan perubahan-perubahan pasar terbaru dengan cepat dan akurat.

Untuk itu, perusahaan yang bergerak dibidang penjualan atau perdagangan harus mempunyai Tenaga penjualan yang mampu menjadi itelejen pasar.

Tugas sales lapangan sebagai intelijen pasar adalah  mencari, Mengamati dan mengumpulkan informasi-informasi terkini. Baik itu  informasi yang berhubungan dengan faktor internal maupun eksternal. Kemudian informasi yang didapat dipasar akan dianalisis serta disampaikan kepada atasan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan untuk membuat strategi pasar guna menghadapi persaingan pasar. Pada artikel ini saya batasi pada tugas sales lapangan untuk pengamatan dan pengumpulan informasi seputar produk pakaian jadi.

Mengingat pentingnya informasi dari lapangan dalam membuat strategi pasar, Tugas sales lapangan sebagai intelejen pasar juga dituntut bisa mencari, Mengamati, Mengumpulkan dan menganalisi informasi tentang kondisi pasar terkini. Baik itu informasi yang berhubungan dengan kondisi pasar internal perusahaan maupun eksternal perusahaan. Dan ini merupakan salah satu tugas dan kerja sales lapangan.

Apa saja tugas dan kerja sales lapangan? Saudara bisa baca lebih lengkap pada artikel dibawah ini;

Tugas dan kerja sales dilapangan

Seperti telah disampaikan diatas, Bahwa sebagai intelijen pasar seorang salesman harus mampu mengumpulkan beberapa informasi penting dari lapangan.

Berikut informasi pasar yang diperlukan dan harus dilakukan pengamatan oleh seorang sales dilapangan. 
  1. Keinginan dan kebutuhan konsumen, Informasi mengenai kebutuhan konsumen akan produk pakaian yang sedang dibutuhkan saat itu merupakan peluang pasar yang harus cepat ditanggapi oleh produsen. Misal perubahan model yang sedang dicari konsumen, warna yang sedang ngetren dan dicari konsumen saat itu. 
  2. Kondisi dan perkembangan pasar, Informasi mengenai kondisi pasar ini erat hubungannya dengan pesaing untuk produk bersangkutan. Segala hal yang dilakukan oleh pesaing harus selalu diamati dan dianalisis dengan baik dan benar. Baik itu mengenai perubahan yang berhubungan dengan produk pesaing, Misal perubahan harga, Model dari produk pesaing atau Even yang dilakukan pesaing misal mengadakan program diskon.
  3. Kondisi relasi atau toko, Toko adalah tempat dimana kita mendisplay produk, Jadi segala perubahan yang terjadi ditoko, Baik itu kebijakan transaksi, Kebijakan promosi, Kebijakan penataan counter barang dan atau kebijakan lainnya yang akan mempengaruhi omset penjualan harus secepatnya kita tanggapi. Misal kebijakan promosi berupa pemasangan banner dalam toko, Perubahan susunan rak counter dan lain-lain.
  4. Kondisi produk sendiri dipasaran, Informasi ini sangat penting bagi perusahaan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan produk dalam bersaing dipasaran. Jangan sepelekan sedikit kritik dari toko terhadap produk dipasar. 

Segala informasi yang sesuai dengan realitas pasar saat itu sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam membuat strategi pasar. Tugas sales lapangan sebagai intelijen pasar dituntut bisa mendeteksi perubahan yang terjadi dipasar dengan cepat dan melaporkan kepada atasan agar semakin besar peluang perusahaan untuk bisa memenangkan persaingan.

Informasi perubahan pasar sangat penting bagi perusahaan, Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap strategi pasar yang harus diterapkan dalam menjual produk. Maka dari itu, segala informasi yang berhubungan dengan realitas pasar harus cepat diketahui.

Untuk tujuan itu, Tugas sales lapangan sebagai intelijen pasar dituntut untuk bisa mencari, Mengamati, Mengumpulkan dan menganalisis segala perubahan yang terjadi dipasar sebagai informasi keperusahaan. Informasi perubahan tersebut meliputi Kondisi keinginan dan kebutuhan konsumen, Kondisi dan perkembangan pasar, Kondisi relasi atau toko, Dan kemampuan produk sendiri dalam bersaing dipasaran. Informasi yang tepat dan cepat dari seorang sales dilapangan akan sangat berpengaruh dalam memenangkan persaingan dipasar.

ARTIKEL TERKAIT SALES LAPANGAN

*  Cara Mengatasi Ponolakan Penjualan
*  Cara Menjual Barang Agar Percaya Diri
*  Persiapan sales Sebelum Menjual
*  Cara Membuat Jadwal Kunjungan Sales Yang Efektif dan Efisien
*  Persiapan Sales Sebelum Menawarkan Produk Pada Relasi Baru
.

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Contoh Banner Promosi Jual Ruko Menarik

Bagi pengembang atau pebisnis property, Ruko merupakan produk yang perlu dipromosikan agar masyarakat tahu. Sedangkan bagi konsumen, Ruko merupakan bangunan yang dianggap strategis untuk jualan dan sekaligus sebagai tempat tinggal. Agar konsumen tertarik dengan ruko yang dijual, Tentu diperlukan adanya usaha publikasi dalam bentuk promosi atau iklan. Untuk keberhasilan publikasi, Tentu diperlukan usaha promosi yang baik dan menarik. Promosi yang menarik, Ini bisa dilihat dari kalimat promosi yang disajikan kepada konsumen. Hal ini tentu juga harus didukung dengan desain iklan menarik, Kombinasi warna, Letak, Media dan masih banyak aspek lainnya. Untuk menyampaikan pesan promosi yang telah didesain sedemikian rupa menarik, Tentu diperlukan adanya media promosi untuk menyampaikan pesan dimaksud. Dalam hal ini adalah promosi penjualan ruko ( property ) yang disampaikan degan media promosi banner. Pada artikel iklan promosi kali ini, Go Klaten Jualan Go akan menyampaikan ...