Langsung ke konten utama

Tugas Dan Kerja Sales Lapangan Secara Umum

+tugas sales dilapangan, +apa tugas sales dilapangan, +kegiatan dan pekerjaan sales dilapangan atau ditoko
Seorang Sales atau Tenaga penjualan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pendistribusian barang,   Karena untuk sampai ketoko pengecer atau grosir, Tugas dan kerja sales lapangan secara umum mengenalkan serta negosiasi penjualan barang sangat menentukan, Apalagi untuk produk baru yang belum pernah dikenal, Disini tugas dan kerja sales lapangan untuk negosiasi dan meyakinkan fihak penyalur penjualan sangat berperan besar dalam hal terjadinya kerjasama penjualan.

Tugas dan kerja sales lapangan  memang sangat penting, Karena tidak hanya terbatas pada menjual produk saja, Melainkan masih ada pekerjaan dan tugas lain yang tidak kalah penting. Tugas dan kerja sales lapangan itu meliputi:
  1. Melakukan penagihan, Pada kasus lain ada perusahaan yang menempatkan tenaga kerja dengan job melakukan penagihan. Dalam hal ini, Untuk keadaan normal seorang sales tidak melakukan kegiatan penagihan. Hal ini dilakukan agar kerja sales bisa lebih konsentrasi kepasar dan dari sisi perusahaan ini dilakukan dalam hubungannya dengan pengendalian piutang.
  2. Mencari dan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan produk pesaing, Hal ini dilakukaan untuk mengetahui beberapa hal, Perubahan harga pesaing, Model produk dari pesaing, Corak atau warna yang laris dari produk pesaing. Dan ini perlu dilakukan oleh seorang sales sebagai masukan kebagian terkait dikantor, Misal bagian produksi serta kepimpinan langsung sales.
  3. Mencari, Mengamati dan mengumpulkan informasi tentang apa saja yang dilakukan pesaing untuk produk yang sama, Hal ini perlu dilakukan guna mengantisipasi adanya even-even dari pesaing yang akan berdampak pada menurunnya omset penjualan. Misal adanya even diskon 50% dari pesaing untuk produk fresh.
  4. Mencari dan mengumpulkan informasi tentang produk yang dijual, Hal untuk mengetahui seberapa jauh dan kuatnya produk dalam bersaing dipasaran. Ini bisa dipakai menejemen dalam pengambilan kebijakan dipasar. Misal kebijakan retur, Tempo pembayaran dan kebijakan even diskon.
  5. Melakukan pengembangan pasar, Atau expansi pasar untuk area atau daerah yang masih kosong untuk produk yang dijual. Ini bisa dilkaukan dengan beberapa alasan, mungkin karena masih ada kota yang produknya belum masuk ketoko, atau guna mengganti toko lama yang karena suatu hal tapi sangat beralasan dan adil harus dicarikan pengganti.
  6. Melakukan pantauan terhadap counter dan cara kerja SPG, Hal ini dilakukan guna mengetahui kemampuan counter dalam menarik pengunjung serta hasil kerja SPG.
  7. Dan yang tidak kalah penting adalah menjaga hubungan baik dengan relasi serta menjaga nama baik perusahaan tempat ia bekerja.
Disaat akan melakukan tugas lapangan, Seorang sales dituntut untuk bisa membuat persiapan sales sebelum tugas laoangan dan membuat jadwal kunjungan sales yang efektif dan efisien.

Bagaiaman membuat jadwal sales agar efektif dan efisien?, Silahkan baca pada artikel dibawah ini;

*  Membuat jadwal kunjungan sales yang efektif dan efisien.

Setelah pelaksanaan tugas lapangan,  Tugas seorang sales akan tambah menentukan dan penting. Karena seorang sales tidak hanya melakukan order barang, Namun ada beberapa tugas lain yang juga harus dilkaukan seorang sales. Tugas tersebut antara lain melakukan penagihan, Mencari dan mengumpulkan informasi pasar yang berhubungan dengan produk yang dijual maupun produk pesaing, Mencari dan mengumpulkan informasi tentang kegiatan yang dilakukan pesaing dipasar produk yang sama, Melakukan pantauan counter dan yang tidak kalah penting menjaga hubungan baik dengan relasi serta menjaga nama baik perusahaan tempatnya bekerja.

ARTIKEL TERKAIT SALES LAPANGAN

*  Persiapan Sales Lapangan Sebelum Menjual Kerelasi baru
*  Cara Mengatasi Penolakan saat Menjual Barang
*  Cara Agar Percaya Diri Saat Menjual atau Menawarkan Barang
*  Tugas sales sebagai Intelijen Pasar
*  Syarat Mutlak Tugas SPG Harus Bisa Dan Berani HOT

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Kalimat Promosi Jual hp Second atau Handphone Bekas Yang Trend

Promosi merupakan salah satu roh dari martketing dalam usaha menginformasikan suatu produk. Karena dengan promosi orang atau calon konsumen akan menjadi tahu tentang produk atau usaha kita. Bagaimana dengan Jual handphone atau jual hp bekas?. Handphone juga merupakan produk, Jadi juga tidak akan lepas dari yang namanya promosi. Banyak cara telah dilakukan oleh orang yang jual hp second atau handphone bekas dalam mengkampanyekan produk yang dijual. Salah satunya dalam bentuk tulisan. Biasanya tulisan ini ditempatkan pada media banner yang dipajang didepan toko handphone, Selain itu, Bisanya banner dibuat dalam warna yang mencolok. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang yang lewat depan toko hp tersebut. Selain warna banner yang mencolok, Biasanya kalimatnya juga sangat menarik dan menggugah orang yang lewat. Sebetulnya banyak kata-kata atau kalimat yang sering kita jumpai dalam promosi jual hp second atau handphone Bekas. Berikut beberapa kata promosi atau k...