Langsung ke konten utama

Cara Meningkatkan Omset Penjualan dengan Ekspansi Pasar

+cara meningkatkan omset penjualan, +cara melakukan ekspansi pasar, +alasan dan dasar dilakukannya perluasan pasar, +cara membuka toko baru
Seiring perkembangan jaman, Sudah banyak daerah atau kota yang dulunya sepi sekarang sudah menjadi ramai, Yang dulunya tidak ada toko sekarang sudah dipenuhi toko-toko, Baik toko kecil maupun yang besar. Dengan demikian, Yang dulunya perputaran uang terpusat pada kota besar, Sekarang sudah terbagi kebeberapa kota kecil.

Namun hal ini tidak mengurangi omset penjualan dikota besar secara signifikan, Karena berjalannya waktu juga mengakibatkan pertambahan jumlah penduduk dikota-kota tersebut.

Hal ini secara otomatis akan menciptakan peluang pasar baru. Bagi perusahaan yang mempunyai team marketing dan penjualan yang jeli, Ini akan memberikan peluang untuk meningkatkan omset penjualannya, Yaitu dengan melakukan pelebaran sayap pemasaran kedaerah-daerah tersebut. Jadi bagi perusahaan  dan tenaga marketing serta penjualan, Ekpansi pasar untuk meningkatkan penjualan menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan.

Dan yang perlu difahami adalah bahwa usaha ini tentu akan membutuhkan biaya dan waktu lebih jika dibandingkan dengan aktivitas sebelumnnya. Hal ini terjadi karena adanya penambahan waktu dari bisasnya.

Dalam artikel ini tujuan ekspansi atau perluasan pasar adalah untuk meningkatkan omset penjualan, Jadi ekspansi disini berupa pembukaan kerjasama dengan toko baru, Hal ini bisa dilakukan pada daerah atau area baru dan pada daerah yang sudah ada toko relasi lama. Dengan demikian, Dasar dilakukannya ekspansi berupa pembukaan toko baru pada daerah baru karena memang disana belum mempunyai toko relasi, Sedangkan ekspansi pada kota yang sudah ada toko relasi, Pembukaan toko baru didasarkan pada;
  1. Daerah atau kota dimaksud semakin ramai, Hal ini terjadi jika dikota tersebut banyak tumbuh usaha-usaha toko pengecer sebagai saluran distribusi barang.
  2. Dasar berikutnya jika toko relasi lama sudah tidak produktif lagi, Indikasinya bisa dilihat berdasarkan laporan penjualan yang semakin turun yang diakibatkan karena perubahan kebijakan interen toko tersebut dan bukan karena akibat produk atau kebijakan dari pemasok barang, Hal ini dilakukan sebagai upaya agar omset penjualan pada daerah tersebut tidak turun, Dan bahkan akan mengalami peningkatan. Catatan: Sebelum membuka toko baru, Sebaiknya dilakukan pembicaraan guna mencari solusi yang selanjutnya dilakukan usaha agar toko bisa produktif lagi.
Sebelum melakukan ekspansi berupa pembukaan toko baru, Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh seorang Sales, Dan tugas salesman sebagai intelijen pasar akan sangat berpengaruh besar.

Apa saja tugas salesman atau tenaga penjualan sebagai intelijen pasar?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini;

*  Tugas sales sebagai intelijen pasar

Karena jika ada kesalahan dalam pengamatan dan evaluasi pasar baru tersebut, Bukan peningkatan omset yang didapat melainkan pembengkakan biaya yang tidak didukung dengan kenaikan omset yang seimbang. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan sebelum ekspansi dalam bentuk pembukaan toko atau relasi baru;

  1. Survey didaerah baru, Survey dilakukan terhadap keramaian kota dan untuk mengetahui toko mana yang ramai dan pas untuk produk yang akan ditawarkan.
  2. Mengenal karakteristik toko yang ada, Hal ini dilakukan untuk mengetahui macam produk yang dijual, Kisaran harga produk yang dijual, Jenis promosi yang bisa diterpakan, tata letak counter yang ada didalam toko.
  3. Mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen daerah tersebut, Ini bisa dilakukan dengan menanyakan ketoko-toko yang sesuai dengan produk yang akan ditawarkan. Misal informasi mengenai kisaran harga yang paling dicari, Warna yang paling laku, Model dasar yang sering dicari, Bahan yang disukai.
  4. Usahakan juga menggali informasi dari rekan sales perusahaan lain yang sudah lebih dulu menjalin kerjasama. Misal masalah kebiasaan pemabayaran toko, Cara order, Promosi, Dan informasi mengenai toko mana yang bagus dan ramai untuk produk yang akan ditawarkan atau dijual.
  5. Setelah informasi terkumpul, Lakukan analisis dan tentukan toko mana yang mempunyai peluang besar untuk bisa dilakukan kerjasama dan akan memberikan omset penjualan yang optimal.
  6. Lakukan penawaran kerjasama penjualan, Dengan diawali penawaran kepada toko yang rangkingnya paling tinggi. Dan gunakan cara menjual yang baik dan benar.                                                                                                                                                                                           Bagaimana cara menjual yang baik dan benar?, Saudara bisa kunjungi artikel dibawah ini;                                                                                                                                                                  *  Cara menjual yang baik adalah menjual dengan hati.

Waktu selalu berjalan, Seiring berjalannya waktu tersebut akan diikuti adanya perubahan pada suatu daerah dan perubahan pada jumlah penduduk. Dari yang dulunya kota sepi akan berubah menjadi kota ramai, Hal ini akan mengundang minat para pemilik toko untuk membuka toko baru didaerah tersebut. Hal ini memberikan peluang pasar baru bagi produsen produk untuk meningkatkan omset penjualan dengan melakuka ekspansi berupa pembukaan toko relasi baru.

ARTIKEL TERKAIT PENJUALAN

*  Cara Atau Strategi Menjual Barang Merek Baru
*  Contoh Promosi Penjualan Yang Kreatif
*  Cara menjual Jaket Kulit Yang Kreatif
*  Cara Menentukan Hadiah Penjualan Yang Tepat agar Omset Meningkat
*  Cara Menjual Dahsyat Untuk Produk Busana 

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral barang sisa lebaran

Cara Menghitung Jumlah Maksimal Retur Penjualan Ideal Berdasar Harga Pokok Penjualan

Seperti telah disebutkan pada posting sebelumnya, Bahwa dalam menentukan jumlah maksimal retur menggunakan dasar penentuan jumlah dan persentase retur ideal. Salah satu dasar penentuan atau batasan jumlah atau persentase retur penjualan yang ideal adalah dengan berdasar harga pokok penjualan barang.  Apa saja dasar dalam menentukan batasan retur ideal?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini; *   dasar penentuan jumlah dan persentase retur idea l Disini harga pokok penjualan digunakan sebagai rambu-rambu untuk memberikan kebijakan batasan jumlah maksimal retur.  penjualan agar tidak  berpengaruh negatif atau menimbulkan kerugian pada perusahaan. Agar penentuan batasan jumlah maksimal retur tidak merugikan perusahaan, Tentunya perlu dilakukan perhitungan yang matang dan benar agar memberikan hasil yang optimal. Dan perhitungan dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain akan cenderung berbeda, Hal ini disebabkan karena perbedaan kebijakan biaya yang berhubu