Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis produk asuransi, Asuransi kesehatan secara khusus menjamin biaya kesehatan baik yang berbentuk rawat jalan maupun rawat inap dari para nasabahnya yang mengalami gangguan kesehatan sesuai perjanjian.
Di Indonesia banyak terdapat instansi atau usaha asuransi kesehatan, Dari masing-masing usaha asuransi mempunyai kekurangan dan kelebihan. Untuk menunjang perkembangan usahanya, Perusahaan asuransi selalu memperbaiki pelayanan kepada nasabahnya. Selain dari sisi layanan, Perusahaan asuransi kesehatan juga melakukan kegiatan promosi agar dikenal dan disukai oleh masyarakat.
Banyak cara dan stratei yang telah dilakukan oleh perusahaan asuransi dalam usaha promosinya, Salah satunya dalam bentuk tulisan promosi yang menarik. Berikut beberapa kalimat promosi dari perusahaan asuransi untuk jenis produk asuransi kesehatan yang sangat menarik;
- Asuransi kesehatan yang bagus dan murah.
- Asuransi kesehatan yang paling bagus.
- Asuransi kesehatan yang bagus untuk anak.
- Asuransi kesehatan terbaik
- Asuransi kesehatan No.1
- Asuransi kesehatan terbaik di Indonesia.
- Asuransi yang bagus.
- Asuransi terbaik di Indonesia
- Asuransi kesehatan yang bagus
Harus kita akui bahwa kalimat-kalimat promosi asuransi kesehatan diatas memang sangat menarik, Dan salah satu kalimat promosi asuransi kesehatan diatas terlihat sangat menonjol jika dibandingakn dengan kalimat yang lain. Kalimat tersebut adalah " Asuransi kesehatan yang bagus dan murah ". Kenapa kalimat tersebut paling baik?, Karena kalimat ini sudah memberikan dua harapan atau solusi yang tepat dan sesuai dengan harapan sebagian besar nasabah. Dua harapan tersebut adalah;
- Asuransi kesehatan yang bagus, dan
- Asuransi kesehatan yang murah.
Ini adalah sesuatu yang ditunggu masyarakat pada saat daya beli turun, Jadi masyarakat akan membayar premi murah namun akan mendapat pelayanan kesehatan yang bagus sesuai perjanjian sebelumnya.
Promosi dalam bentuk tulisan atau dalam bentuk yang lain dengan materi seperti diatas menurut saya belum optimal bagi perkembangan usaha asuransi kesehatan. Kenapa demikian?, Karena promosi dengan kalimat-kalimat diatas hanya akan berlaku bagi masyarakat yang benar-benar sudah mengerti dan menyadari manfaat serta fungsi asuransi kesehatan. Bagimana bagi orang yang belum menyadari pentingnya atau manfaat mengikuti asuransi kesehatan?, Tentu kalimat promosi diatas tidak akan begitu berpengaruh. Untuk perkembangan optimal dari perusahaan asuransi kesehatan, Tentu usaha promosi harus ditujukan untuk kedua golongan masyarakat diatas.
Lalu promosi apa yang baik dan tepat dalam usaha asuransi kesehatan?, Sebetulnya ada usaha promosi bisa dikatakan dahsyat. Yaitu "Pelayanan yang baik saat nasabah sakit". Pelayanan ini bisa dilakukan saat nasabah periksa kedokter yang ditunjuk, Rawat jalan maupun rawat inap dirumah sakit. Pelayanan baik ini merupakan cara atau strategi terbaik dan dahsyat pada asuransi kesehatan, Karena dalam pelayanan ini akan memberi atau menciptakan pengalaman baik dan menyenangkan kepada nasabah.
Kenapa strategi promosi untuk asuransi kesehatan ini sangat baik?
Tentu kita tahu bahwa sifat dasar manusia adalah cenderung akan berbagi segala sesuatu atau informasi yang berhubungan dengan pengalamannya, Baik itu pengalaman buruk ataupun pengalaman yang baik. Dan info ini akan menyebar secara luas dari mulut kemulut bagaikan penyebaran virus ditengah masyarakat. Bayangkan jika seseorang mempunyai pengalaman baik dari suatu pelayanan kesehatan sebagai nasabah asuransi kesehatan, Tentu ini akan disebarkan secara sukarela sebagai suatu kebanggaan telah mengikuti program asuransi kesehatan dari salah satu perusahaan asuransi kesehatan. Dalam dunia marketing online, Bisa disebut viral marketing.
Apa itu viral marketing?, Saudara bisa baca lebih lengkap tentang pengertian viral marketing pada artikel dibawah ini;
Apa manfaat dari penyebaran informasi berdasar pengalaman baik diatas;
- Bagi orang atau masyarakat yang belum menyadari fungsi mengikuti asuransi kesehatan, Mungkin ini akan bisa menjadi pembelajaran, Karena informasi diatas bisa dikatakan sebagai testimoni. Dan dengan informasi berdasar pengalaman baik mengikuti asuransi kesehatan ini juga akan berpeluang membuka fikiran masyarakat tentang manfaat mengikuti asuransi kesehatan. Dan dalam waktu jangka panjang, Ini akan bisa mengikis pandangan masyarakat tentang asuransi secara umum.
- Bagi masyarakat yang sudah mengerti manfaat mengikuti asuransi kesehatan, Ini juga akan mempunyai kekuatan besar untuk mempengaruhi orang untuk menjadi nasabah asuransi kesehatan.
- Selain bagi baik perusahaan asuransi, Penyebaran pengalaman baik ini juga akan berpengaruh kepada rumah sakit tempat nasabah dirawat.
Dengan demikian, Memperbaiki pelayanan kepada nasabah asuransi kesehatan akan memberi manfaat yang sangat besar bagi perusahaan asuransi maupun rumah sakit dimana nasabah mempunyai pengalaman baik saat dirawat. Dan ini akan terjadi sebaliknya jika nasabah asuransi kesehatan mendapat pengalaman yang tidak baik atau mengecewakan.
Demikian artikel marketing dan penjualan dari Go Klaten Jualan Go dengan tema promosi asuransi kesehatan yang ampuh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa membaca artikel lainnya dibawah ini;
* Dua Kunci Sukses Menjual Produk Yang Harus Dikenal Salesforce
* Strategi Memasarkan Asuransi Kesehatan Yang Baik
* Strategi Memasarkan Asuransi Kesehatan Yang Baik