Langsung ke konten utama

Contoh Strategi Promosi 3In1 Yang Baik Dengan Media Tari Daerah

+Contoh strategi cara promosi untuk mengenalkan produk dan tari daerah yang baik
Menciptakan strategi promosi yang baik dan tepat dalam pemasaran sangatlah diperlukan. Karena strategi promosi yang tepat akan bisa mengoptimalkan tingkat kepopuleran suatu objek atau produk dimasyarakat.

Karena pada dasarnya tujuan promosi adalah agar objek atau sesuatu yang kita promosikan bisa dikenal, Dipakai dan selalu diingat oleh konsumen. Untuk hal ini diperlukan ide promosi yang brilian dari seorang pemasar.

Dalam artikel marketing kali ini Go Klaten Jualan Go akan mengambil tema contoh strategi promosi 3In1 yang baik. Kebetulan contoh promosi ini bersumber dari kota dimana saya dilahirkan, Yaitu kota Klaten dengan slogannya Klaten bersinar.

Pada contoh strategi atau cara promosi ini terkandung tiga muatan objek yang berusaha dikenalkan kepada Masyarakat dunia ( 3in1 ). Tiga objek tersebut meliputi;
  1. Kota Klaten
  2. Tari Luyung, Dimana tari ini adalah tari asli dari kota Klaten.
  3. Produk kain lurik dan Payung.


Berikut sedikit uraian tentang tari luyung.
Tari luyung tercipta bersumber dari adanya produk asli Klaten berupa Kain lurik Klaten yang selanjutnya disebut Lurik Klaten dan produk payung yang juga mempunyai karakteristik khusus asli Klaten.

Dari kedua produk diatas, Akhirnya muncul kreasi dari Seniman Klaten berupa tari Luyung. Nama tari luyung sendiri diambil dari nama produk diatas, Yaitu Lurik dan payung ( LUYUNG). Selain nama, Kostum yang dikenakan penari juga dari bahan lurik serta dilengkapi payung yang menambah keindahan gerakan tari luyung. Gerakan Tari luyung menggambarkan beberapa putri cantik yang melakukan kegiatan atau proses membuat kain lurik dan selanjutnya memamerkan kepada teman-temannya dengan membawa payung.

Cara atau strategi promosi untuk mempopulerkan Tari Luyung.
  1. Diikutkan dalam lomba tari dan Karnaval.
  2. Dikenalkan melalui sekolah-sekolah.


Pada uraian selanjutnya, Saya akan menitik beratkan pada promosi tari luyung melalui even karnaval. Karena event ini merupakan kegiatan yang paling banyak dilihat Masyarakat umum, Sehingga penyebaran informasi kemasyarakat lain secara meluas akan lebih cepat. Karena selain karnaval tingkat kabupaten, Tari luyung juga diikutkan dalam karnaval tingkat Provinsi.

Bagaimana strategi yang dilakukan dalam menarik perhatian Masyarakat?
Dalam menarik atau mengundang perhatian masyarakat, Tari luyung dipentaskan disepanjang jalan dengan jumlah penarik yang sangat banyak serta mengenakan kostum dari kain lurik yang berwarna menyolok atau terang dan didukung pula dengan adanya payung warna-warni terang.

Bagaimana strategi promosi ini bisa mengenalkan kota Klaten?
Pada setiap even karnaval yang diikuti, Spanduk bertuliskan Tari luyung dari Klaten selalu ditempatkan didepan rombongan penari. ehingga Masyarakat akan mengenal nama tari dan Kota atau Daerah asal tari luyung.

Demikian tadi artikel marketing dengan tema Contoh Strategi Promosi 3In1 yang Baik dengan media Tari Daerah. Semoga artikel ini bermanfaatbagi kita semua. Saudara juga bisa baca artikel menarik lainnya dibawah ini;


Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...