Menciptakan strategi promosi yang baik dan tepat dalam pemasaran sangatlah diperlukan. Karena strategi promosi yang tepat akan bisa mengoptimalkan tingkat kepopuleran suatu objek atau produk dimasyarakat.
Karena pada dasarnya tujuan promosi adalah agar objek atau sesuatu yang kita promosikan bisa dikenal, Dipakai dan selalu diingat oleh konsumen. Untuk hal ini diperlukan ide promosi yang brilian dari seorang pemasar.
Dalam artikel marketing kali ini Go Klaten Jualan Go akan mengambil tema contoh strategi promosi 3In1 yang baik. Kebetulan contoh promosi ini bersumber dari kota dimana saya dilahirkan, Yaitu kota Klaten dengan slogannya Klaten bersinar.
Pada contoh strategi atau cara promosi ini terkandung tiga muatan objek yang berusaha dikenalkan kepada Masyarakat dunia ( 3in1 ). Tiga objek tersebut meliputi;
- Kota Klaten
- Tari Luyung, Dimana tari ini adalah tari asli dari kota Klaten.
- Produk kain lurik dan Payung.
Berikut sedikit uraian tentang tari luyung.
Tari luyung tercipta bersumber dari adanya produk asli Klaten berupa Kain lurik Klaten yang selanjutnya disebut Lurik Klaten dan produk payung yang juga mempunyai karakteristik khusus asli Klaten.
Dari kedua produk diatas, Akhirnya muncul kreasi dari Seniman Klaten berupa tari Luyung. Nama tari luyung sendiri diambil dari nama produk diatas, Yaitu Lurik dan payung ( LUYUNG). Selain nama, Kostum yang dikenakan penari juga dari bahan lurik serta dilengkapi payung yang menambah keindahan gerakan tari luyung. Gerakan Tari luyung menggambarkan beberapa putri cantik yang melakukan kegiatan atau proses membuat kain lurik dan selanjutnya memamerkan kepada teman-temannya dengan membawa payung.
Cara atau strategi promosi untuk mempopulerkan Tari Luyung.
- Diikutkan dalam lomba tari dan Karnaval.
- Dikenalkan melalui sekolah-sekolah.
Pada uraian selanjutnya, Saya akan menitik beratkan pada promosi tari luyung melalui even karnaval. Karena event ini merupakan kegiatan yang paling banyak dilihat Masyarakat umum, Sehingga penyebaran informasi kemasyarakat lain secara meluas akan lebih cepat. Karena selain karnaval tingkat kabupaten, Tari luyung juga diikutkan dalam karnaval tingkat Provinsi.
Bagaimana strategi yang dilakukan dalam menarik perhatian Masyarakat?
Dalam menarik atau mengundang perhatian masyarakat, Tari luyung dipentaskan disepanjang jalan dengan jumlah penarik yang sangat banyak serta mengenakan kostum dari kain lurik yang berwarna menyolok atau terang dan didukung pula dengan adanya payung warna-warni terang.
Bagaimana strategi promosi ini bisa mengenalkan kota Klaten?
Pada setiap even karnaval yang diikuti, Spanduk bertuliskan Tari luyung dari Klaten selalu ditempatkan didepan rombongan penari. ehingga Masyarakat akan mengenal nama tari dan Kota atau Daerah asal tari luyung.
Demikian tadi artikel marketing dengan tema Contoh Strategi Promosi 3In1 yang Baik dengan media Tari Daerah. Semoga artikel ini bermanfaatbagi kita semua. Saudara juga bisa baca artikel menarik lainnya dibawah ini;