Langsung ke konten utama

Contoh Iklan Promosi Yang Salah atau Tidak Tepat

promosi yang salah, iklan yang salah, promosi yang tidak tepat, iklan yang tidak tepat, kenapa ada iklan gagal
Pengertian promosi sudah saya uraikan pada artikel yang berjudul definisi atau pengertian promosi secara umum.

Untuk lebih lengkap Saudara bisa kunjungi artikel dibawah ini;

Definisi atau pengertian Promosi Secara umum

Pada artikel tersebut menyebutkan tujuan promosi yang antara lain untuk mengenalkan produk atau usaha, Membujuk atau mempengaruhi agar mau membeli, Mengingatkan terhadap produk atau usaha.

Tujuan pertama : Untuk mengenalkan produk atau usaha
Promosi ini lebih ditekankan untuk produk baru atau produk dengan merek baru, Produsen yang mengeluarkan produk baru, pasti akan melakukan usaha sedemikian rupa agar produk baru tersebut bisa dikenal oleh Masyarakat umum, dengan tujuan bisa bersaing dengan produk sejenis yang sudah lebih dahulu kelaur dan sudah mantap dipasaran. 

Tujuan kedua : Membujuk atau mempengaruhi agar mau membeli
Dalam hal ini produk bisa baru atau produk yang sudah lama beredar dimasyarakat, Namun karena persaingan yang ketat dengan pesaing, Produsen atau penjual produk harus melakukan promosi guna mengambil hati pembeli agar mau membeli dan memakai produknya.

Tujuan ketiga : Mengingatkan Masyarakat terhadap produk atau usaha
Dalam hal ini Masyarakat atau konsumen sudah mengenal atau bahkan memakai produk dari produsen bersangkutan, Tapi karena persaingan yang ketat dari produk sejenis, Produsen harus mengingatkan konsumen akan pengalaman konsumen yang berhubungan dengan produk yang sudah pernah dibelinya. Dan dari semua tujuan diatas, omset yang bisa memberikan keuntungan tetaplah yang menjadi tujuan utama, Baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

Dalam artikel ini, Saya akan menekankan pada pembahasan  Tujuan promosi untuk mengenalkan produk baru atau usaha baru. Hal ini bagi saya sangat menarik, Karena belum lama ini saya melihat dan mendengar  pembicaraan dari dua orang Ibuk yang sedang makan roti.

Dimana dari salah satu Ibu tersebut ( Ibu A ) sedang memegang kardus tempat roti, dan berkata " wah rotinya tidak begitu enak, berapa harganya?", Kemudian Ibu satunya ( Ibuk B ) menyebutkan nominal harga dari roti kardus tersebut, Lalu Ibu yang bertanya tadi ( Ibu A ) berkata " waduh kok harganya mahal, padahal rasanya seperti ini". Selanjutnya Ibu A melihat- lihat kardus tempat roti yang dipegangnya, dan berkata " oo ini merek dan alamatnya, inikan belum lama usaha roti". Rupa- rupanya pada kardus kemasan roti tersebu bertuliskan merek roti dan alamat usaha dari pembuat roti tersebut.

Dari sedikit uraian percakapan diatas, ada beberapa catatan yang menarik.
  1. Ada usaha promosi dari produsen roti, yaitu dalam bentuk penyebaran merek dan alamat tempat usaha yang dicetak pada kardus kemasan roti.
  2. Ada ketidak puasan dari konsumen atas produk roti yang dibelinya.
Dan dari dua catatan diatas menunjukkan bahwa, usaha promosi yang sudah dilakukan produsen roti untuk mengenalkan dan memperluas usahanya kepada Masyarakat kurang tepat. Kenapa kurang tepat?, Karena produknya belum siap bersaing dipasaran. 

Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya?, Tentunya informasi negatif tentang merek produk dan tempat usaha roti tersebut secara berantai akan tersebar. Bisa dibayangkan kekuatan arus informasi negatif yang semakin lama akan menjadi bola panas yang siapmembunuh usahanya. 

Maka dari itu, Alangkah baiknya mempersiapkan produk sebagus mungkin sebelum melakukan kegiatan promosi dengan mencantumkan merek produk, Nama usaha dan tempat usaha. Mempersiapkan produk yang bagus disini tentunya juga harus melihat pesaing yang ada, baik dari segi kualitas produk maupun harga. Karena kalau kita terburu- buru tanpa adanya persiapan yang matang dari semua segi, hasilnya malah akan mengecewakan.

ARTIKEL TERKAIT IKLAN DAN PROMOSI

*  Contoh Iklan Promosi Penjualan yang Kreatif dan Unik
*  Tulisan iklan Jitu Untuk Menarik Pembeli
*  Media Iklan Menarik efektif dan Efisien
*  Cara Membuat Iklan Yang Menarik sekaligus Menciptakan Pelanggan
*  Contoh Iklan Audio yang Unik dan Kreatif

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral barang sisa lebaran

Cara Menghitung Jumlah Maksimal Retur Penjualan Ideal Berdasar Harga Pokok Penjualan

Seperti telah disebutkan pada posting sebelumnya, Bahwa dalam menentukan jumlah maksimal retur menggunakan dasar penentuan jumlah dan persentase retur ideal. Salah satu dasar penentuan atau batasan jumlah atau persentase retur penjualan yang ideal adalah dengan berdasar harga pokok penjualan barang.  Apa saja dasar dalam menentukan batasan retur ideal?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini; *   dasar penentuan jumlah dan persentase retur idea l Disini harga pokok penjualan digunakan sebagai rambu-rambu untuk memberikan kebijakan batasan jumlah maksimal retur.  penjualan agar tidak  berpengaruh negatif atau menimbulkan kerugian pada perusahaan. Agar penentuan batasan jumlah maksimal retur tidak merugikan perusahaan, Tentunya perlu dilakukan perhitungan yang matang dan benar agar memberikan hasil yang optimal. Dan perhitungan dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain akan cenderung berbeda, Hal ini disebabkan karena perbedaan kebijakan biaya yang berhubu