Langsung ke konten utama

Fungsi Katalog Sebagai Alat Promosi yang Efektif dan efisien

+fungsi serta kegunaan katalog produk atau barang sebagai alat ampuh untuk promosi penjualan
Kalau kita melihat sekilas, Katalog hanyalah selember kertas atau buku. Namun dibalik itu fungsi katalog produk atau barang bagi produsen atau penjual sangatlah penting. Karena selain berfungsi sebagai alat untuk menawarkan dan menjual produk, Katalog masih mempunyai beberapa fungsi lain yang sangat membantu bagi produsen maupun penjual, Apalagi bagi perusahaan produk busana atau fashion.

Apa saja fungsi katalog produk bagi produsen atau penjual?, Saudara bisa baca lebih lengkap pada artikel dibawah ini;

* Fungsi katalog produk atau barang bagi produsen atau penjua

Guna mencapai fungsi katalog yang maksimal, Produsen atau penjual dituntut untuk bisa membuat atau menciptakan katalog yang bisa mempunyai banyak fungsi tersebut. Karena dengan mampu menciptakan katalog yang dimaksud, Katalog akan bisa digunakan sebagai alat promosi yang efektif dan efisien.

Kalu membahas fungsi katalog sebagai alat promosi yang efektif dan efisien, Tentu kita harus paham dulu apa itu promosi dan apa tujuan promosi.

Untuk pemahaman tentang pengertian dan tujuan promosi lebih lengkap, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini;

*   Pengertian promosi
*   Tujuan dari promosi.

Karena dengan memahami hal itu, Kita akan lebih mudah dalam membuat dan memaksimalkan katalog dengan fungsi sebagai alat promosi. Namun secara garis besar, Promosi adalah komunikasi dari pemilik produk atau pemegang hak untuk menjual yang ditujukan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, Membujuk khalayak umum agar mau membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan dan untuk mengingatkan kembali.

Sedangkan kalau kita berbicara efektif dan efisien dalam menjual, Tentu kita akan berbicara tentang ketepatan sasaran dan pengeluaran biaya yang lebih sedikit namun tujuan menjual tetap bisa tercapai dengan optimal. Jadi dengan terciptanya katalog yang mempunyai fungsi sebagai alat promosi yang efektif dan efisien tersebut diharapkan akan bisa memberikan sesuatu yang lebih baik bagi perusahaan dalam usahanya menjual produk. Kemudian yang akan menjadi pertanyaan adalah kenapa katalog bisa berfungsi sebagai alat promosi yang efektif dan efisien?

Berikut tinjauan tentang fungsi katalog sebagai alat promosi yang efektif dan efisien.
Katalog berfungsi sebagai alat promosi.
Selain berfungsi sebagai alat menjual produk, katalog juga mempunyai fungsi sebagai alat promosi. Hal ini terlihat jelas pada beberapa katalog, Dimana dalam katalog mencantumkan pemberitahuan atau pengenalan produk, Merek produk dan Instansi perusahaan pemilik produk dan instansi penjual. Selain itu dalam katalog juga tercantum kata atau gambar yang mempunyai daya tarik untuk membujuk serta mempengaruhi calon konsumen agar mau membeli produk serta memakai produk. Selain hal-hal diatas, kadang katalog juga mencantumkan visi serta misi dari perusahaan.

Katalog mempunyai fungsi sebagai alat promosi yang efektif.
Kalau dalam hal efektif, Tidak perlu diragukan lagi bahwa katalog mampu melakukan hal itu. Karena katalog cenderung terdistribusi kepada orang-arang yang menjadi target pasar untuk produk bersangkutan, Hal ini terjadi karena seorang penjual akan memberikan atau mebagikan katalog kepada calon pembeli yang diharapkan akan tertarik dan mau membeli produk yang ditawarkan dalam katalog produk. Jadi cenderung akan menggunakan hukum rata-rata menjual terfokus, Dimana akan melakukan penawaran produk hanya kepada target pasar untuk produk yang dijual. Dengan demikian promosi bisa benar-benar lebih efektif.

Apa itu hukum rata-rata penjualan terfokus, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini;

*  Hukum rata-rata menjual terfokus 

Katalog mempunyai fungsi sebagai alat promosi yang efisien
Demikian juga untuk hal efisien dalam hal katalog sebagai alat promosi, Hal ini bisa dilihat dengan jelas. karena dari fungsi utama katalog untuk menjual, Mau tidak mau fungsi katalog sebagai alat promosi akan terjadi pada saat menawarkan produk kepada calon pembeli, Dengan catatan katalog didesain sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat sebagai alat promosi. Jadi biaya promosi yang seharusnya dikeluarkan sudah ikut dalam biaya penawaran produk. Dari hal ini fingsi katalog sebagai alat promosi yang efisien bisa atau sudah tercipta.

Dari uraian diatas, Terlihat jelas bahwa katalog produk bisa memberi fungsi dan kegunaan dalam hal promosi yang efektif dan efisien. Untuk itu tidak ada ruginya bagi perusahaan membuat desain katalog yang bisa memberikan fungsi yang optimal bagi perusahaan.

ARTIKEL TERKAIT KATALOG PENJUALAN

*  Cara Membuat Katalog Busana Multy Fungsi
*  Fungsi Katalog

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...