Produk adalah segala sesuatu dalam bentuk fisik dan atau jasa yang bisa ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian, Pembelian, Pemakaian, Atau konsumsi guna pemenuhan kebutuhan serta keinginan
Namun tidak semua produk akan mampu bersaing dipasaran, Sehingga hanya produk dengan kualifikasi tertentu yang akan dibeli serta dikonsumsi oleh konsumen. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, Semisal harga, Kualitas produk, Trend dan lain sebagainya.
Untuk itu diperlukan adanya strategi marketing yang tepat agar produk bisa bersaing dipasaran. Kalau kita bicara tentang strategi marketing, Tentu tidak akan bisa lepas dari marketing mix.
Strategi marketing mix sangat penting dalam pemasaran, Karena strategi pemasaran ini akan memadukan variabel marketing agar mendapatkan komposisi strategi terbaik dalam pemasaran. Baik itu Produk, Price, Promotion dan Place. Atau sering disebut dengan istilah 4P.
Pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan share tentang strategi marketing Mix Produk busana atau baju.
Dalam pemasaran, Produk merupakan objek yang akan ditawarkan kepada konsumen guna memenuhi kebutuhan dan keinginan dalam hidup. Namun dalam proses yang terjadi dipasar, Hanya produk busana atau baju dengan karakter tertentu saja yang akan mampu merebut hati konsumen.
Beberapa karakter yang melekat pada produk busana atau baju akan bisa kita lihat pada ciri produk dan Harga. Untuk selanjutnya kita akan membahas strategi yang berkaitan dengan produk dan harga diatas. Sedangkan untuk place, promotion dan place akan kami share pada artikel berikutnya.
Produk ( Produc ) dan harga ( price ) merupakan variabel marketing yang sangat penting dan saling berakait. Dimana produk akan berpengaruh pada strategi harga dan harga akan mempengaruhi daya saing produk dipasaran.
Bagaimana memadukan produk dan harga untuk busana atau pakaianp?
Ada beberapa pendekatan yang bisa digunakan sebagai dasar dalam memadukan antara produk busana dengan harga. Salah satunya adalah pendekatan trend.
Kalau bicara tentang trend busana, Tentu akan merujuk pada produk busana yang sering dibicarakan, Dilihat dan dikenakan oleh mayoritas masyarakat atau konsumen. Jika sudah demikian, Maka akan banyak sekali produsen yang mengeluarkan produk busana trend untuk ditawarkan kepasar busana.
Hal diatas akan menyebabkan adanya persaingan antar produk serupa dipasaran, Baik dari segi model, Motif, Bahan dan warna. Dan ini akan menyebabkan persaingan harga dipasaran, Harga yang lebih murah bisa dipastikan akan mampu merebut hati konsumen busana.
Untuk kasus diatas, Ada beberapa perpaduan strategi produk dan harga yang bisa diterapkan oleh produsen busana.
Tetap membuat produk busana trend dengan mengacu pada harga pesaing.
Dalam hal ini membuat produk lebih efisien mungkin sangat diperlukan, Hal ini agar produsen bisa memberikan harga lebih murah dari pesaing. Jika harga sama, Peranan variabel promosi akan sangat diperlukan.
Bagaimana jika kita membuat produk busana trend dengan harga lebih mahal dari pesaing?
Jika hal ini terjadi, Tentu akan sangat sulit bersaing dengan kompetitor yang ada. Yang perlu kita ketahui adalah bahwa konsumen sekarang sudah pandai dalam menilai produk. Jadi jangan sampai produk atau brand Saudara dicap mahal sama konsumen, Karena dalam jangka panjang akan menciptakan brand image yang tidak baik.
Dengan memberikan nilai lebih pada produk.
Dalam hal ini produsen tetap mengikuti trend busana dipasaran, Namun harus memberi nilai lebih pada produk yang dibuatnya. Ini bisa dilakukan dengan melakukan inovasi berupa tambahan yang menarik.
Bagaimana memberi nilai lebih pada produk?
Sebelum kita membahas cara memberikan nilai lebih produk, Tentu kita harus mengerti elemen trend pada busana. Trend pada busana akan bisa kita lihat pada beberapa hal, Yaitu Model, Motif, Bahan dan Warna. Khusus untuk produk busana, Akan lebih aman jika melakukan penambahan nilai lebih pada model. Karena model cenderung lebih fleksibel dimata konsumen.
Yang perlu diperhatikan adalah bahwa penambahan nilai lebih pada model harus bisa menciptakan keserasian dalam berpenampilan.
Usaha ini akan mampu menciptakan perpaduan produk dan harga yang lebih baik, Dimana produsen bisa memberikan harga lebih tinggi pada produknya. Dan seandainya produsen bertahan pada harga kompetitor, Ini akan memberikan daya saing yang lebih kuat dipasaran.
Catata:
Untuk produsen dengan kapasitas produksi yang terbatas atau kecil, Menerapkan strategi produk dan harga pada poin dua akan lebih menguntungkan dalam persaingan dipasar.
Demikian artikel terkait marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema Strategi Marketing Mix Produk Busana untuk variabel produk dan haraga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara bisa kunjungi artikel menarik lainnya dibawah ini;