Langsung ke konten utama

Kunci Sukses Marketing Paling Dasar

+Kunci sukses marketing dan memenangkan persaingan pasar
Marketing atau pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam sebagian besar aspek,  Marketing bukan sekedar menjual, Namun mempunyai cakupan yang lebih luas. Sekedar untuk mengingat apa itu marketing, Silahkan kunjungi.
Dan untuk mengetahui perbedaan marketing dan penjualan, Saudara bisa bandingkan antara definisi marketing diatas dengan apa yang terkandung pada,

     >  Definisi Penjualan dan Penjabarannya
Setelah membaca artikel definisi marketing dan definisi penjualan diatas, Kita akan tahu betapa pentingnya kegiatan Marketing. Jadi  Tidak salah jika banyak bentuk usaha memberikan perhatian khusus   pada hal ini. Sebab Marketing merupakan kunci dan ukuran sukses pada bidang usaha, Baik itu pada perusahaan kecil maupun perusahaan raksasa.

Karena marketing merupakan kunci sukses dalam usaha, Tentu kita harus berfikir bagaimana membuat sukses pada marketing, Sebab sukses marketing merupakan jembatan untuk meraih sukses pada usaha yang didirikan. Maka dari itu, Mengenal dan mengerti kunci sukses pada kegiatan marketing akan memberikan peluang besar bisa mencapai tujuan umum usaha.

Lalu apa yang menjadi kunci sukse marketing?, Selama ini kita sudah mengenal marketing mix, Apa itu marketing mix?, Untuk menyegarkan ingatan kita tentang marketing mix, Saudara bisa kunjungai artikel dibawah ini.

Secara garis besar, Marketing mix adalah perpaduan dari unsur atau variabel marketing guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.  Dan Marketing Mix merupakan strategi kunci marketing. Yang jadi pertanyaan, Perpaduan yang seperti apa yang bisa menghasilkan kunci sukses marketing?

Dari pertanyaan diatas, Tentu kita akan berfikir tentang;
  1. Cara memadukan variabel marketing yang baik dan benar
  2.  Hasil dari perpaduan variabel marketing  yang dilakukan.

 Karena cara dan hasil perpaduan ini akan menciptakan kunci sukses marketing yang akan digunakan untuk memenangkan persaingan.

Cara memadukan variabel marketing yang baik dan benar

Semua usaha tentu ingin bertahan hidup lama, Dan untuk hal ini diperlukan sesuatu yang bisa menghasilkan kepercayaan konsumen  terhadap apa yang kita tawarkan dalam jangka waktu panjang atau bahkan selamanya. Maka dari itu, Hal mendasar yang harus kita lakukan dalam memadukan variabel marketing adalah menciptakan dan mempertahankan kepercayaan konsumen.

Untuk mencapai hal diatas, Yaitu menciptakan dan memperthankan kepercayaan konsumen, Yang harus dilakukan dalam proses memadukan variabel marketing adalah jujur. Dan ini harus diterapkan pada semua usaha memadukan unsur marketing ( proses, Pelaksana ( People), Produk, Penerapan harga (Price), Tempat (Place), Lingkungan fisik, Promosi, dan Sistemnya). Dan Jujur ini merupakan salah satu Kunci sukses Marketing.  

Jujur merupakan kunci sukses marketing yang mendasar, Hal ini bukannya tanpa dasar. Karena dengan jujur orang akan percaya kepada apa yang kita lakukan dan ditawarkan. Dan tidak sedikit konsumen atau relasi melakukan pemutusan kerja sama usaha atau berhenti memakai jasa serta produk kita karena mengetahui adanya ketidak jujuran dari  apa yang kita lakukan dan kita tawarkan.

Hasil dari perpaduan variabel marketing

Setelah cara memadukan variabel marketing  dilakukan dengan jujur, Selanjutnya kita akan bicara tentang hasil dari perpaduan unsur marketing diatas. Untuk memenangkan persaingan dipasar, Tentu kita harus bisa mencuri perhatian konsumen. Dan ini bisa dilakukan dengan tindakan atau sesuatu yang menarik dan berbeda. Jadi perpaduan variabel marketing harus bisa menghasilkan sesuatu yang  menarik dan berbeda dari pesaing.  Menarik dan beda merupakan kunci sukses marketing selanjutnya.

Dari uraian diatas, Kunci sukses marketing  terdiri dari tiga hal;
  1.  Jujur
  2.  Menarik
  3.  Berbeda

Dan jika dihubungan dengan strategi marketing, Yaitu marketing mix atau bauran pemasaran, Akan terlihat pada cara memadukan variabel marketing  dan hasil dari perpaduan variabel marketing. Dimana cara harus dilakukan dengan jujur untuk menghasilkan sesuatu yang menarik serta berbeda.

Jujur merupakan kunci yang sangat mendasar dalam marketing, Karena semenarik apapun tindakan atau produk kita, Jika kita tidak jujur lambat laun akan ditinggalkan pelanggan atau relasi. Namun dalam pelaksanaannya, Tiga kunci sukses marketing diatas harus dilakukan secara bersamaan.

Mungkin Saudara Tertarik dengan artikel ini?

*  Tugas Marketing ( Tim Marketing ) Secara Umum
*  Definisi atau Pengertian Internet Marketing
*   +Azhar Othman

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral barang sisa lebaran

Cara Menghitung Jumlah Maksimal Retur Penjualan Ideal Berdasar Harga Pokok Penjualan

Seperti telah disebutkan pada posting sebelumnya, Bahwa dalam menentukan jumlah maksimal retur menggunakan dasar penentuan jumlah dan persentase retur ideal. Salah satu dasar penentuan atau batasan jumlah atau persentase retur penjualan yang ideal adalah dengan berdasar harga pokok penjualan barang.  Apa saja dasar dalam menentukan batasan retur ideal?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini; *   dasar penentuan jumlah dan persentase retur idea l Disini harga pokok penjualan digunakan sebagai rambu-rambu untuk memberikan kebijakan batasan jumlah maksimal retur.  penjualan agar tidak  berpengaruh negatif atau menimbulkan kerugian pada perusahaan. Agar penentuan batasan jumlah maksimal retur tidak merugikan perusahaan, Tentunya perlu dilakukan perhitungan yang matang dan benar agar memberikan hasil yang optimal. Dan perhitungan dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain akan cenderung berbeda, Hal ini disebabkan karena perbedaan kebijakan biaya yang berhubu