Dalam proses kehidupan pada jaman yang selalu berkembang ini, Tentu kita menyadari bahwa hampir sebagian besar aspek kehidupan yang ada didunia ini juga akan mengalami perubahan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada pola fikir manusia dalam menyikapi perubahantersebut. Salah satu aspek atau bidang yang juga akan mengalami perubahan adalah pada bidang pemasaran atau marketing.
Seiring semakin berkembangnya jaman, Pemasaran atau marketing tidak luput dari perubahan. Kita tahu bahwa marketing mempunyai variabel variabel yang akan membentuk bangunan marketing, Dan penggabungan dari variabel marketing akan membentuk apa yang sering kita sebut marketing mix atau bauran pemasaran. Maka dari itu, Perubahan pada pemasaran juga akan berpengaruh pada marketing mix.
Apa itu marketing mix?, Saudara bisa baca lebih lengkap pada artikel dibawah ini;
* Marketing mix atau bauran pemasaran.
Apa itu marketing mix?, Saudara bisa baca lebih lengkap pada artikel dibawah ini;
* Marketing mix atau bauran pemasaran.
Berikut beberapa perkembangan yang terjadi pada Marketing Mix.
Marketing Mix 4P:
Mungkin bagi kita yang pernah belajar pemasaran waktu dibangku sekolah, Dari sekolah menengah sampai yang lebih atas, Tentu tidak asing dengan marketing mix 4P. Marketing Mix 4P ini merupakan penggabungan dari 4 variabel dasar atau pokok dari marketing, yaitu:
1. Produk ( Produk )
2. Price ( Harga )
3. Place ( Tempat/ Saluran distribusi)
4. Promotion ( Promosi )
Marketing Mix 7P :
Seiring perkembangan pemikiran dari para ahli pemasaran yang dipengaruhi oleh perubahan jaman,Marketing Mix juga mengalami perkembangan, Dari 4 variabel dasar atau pokok marketing yaitu Produk, price, Place dan promosi (4P), Kemudian berkembang menjadi 7P. Yaitu adanya penambahan 3 variabel marketing, ketiga variabel tersebut adalah :
1. Proces (Proses )
2. People ( Orang )
3. Physical ( Fisik )
Setelah ada pengembangan dari 4P menjadi 7P, unsur atau Variabel Marketing mix menjadi 7, Yaitu Produk, Price, Place, Promotion, Proces, People dan Psicical.
Perkebangan Marketing mix selanjutnya adalah 7PS:
Dimana "S" ini singkatan dari sistem. Sistem sangat penting dalam hampir segala hal. 7P diatas haruslah diikat dan disatukan agar menjadi saling mengait dalam satu kesatuan yang bisa saling berinteraksi untuk menerima input dan menghasilkan output yang optimal.Dan sistem juga akan menjadi alat kontrol atau pengendali proses.
Untuk pengertian dari masing-masing Variabel marketing mix diatas, yaitu Produk, Price, Place, Promotion, Proces, People, Psicical dan Sistem bisa dibaca lebih lanjut pada artikel dibawah ini;
* Variabel Marketing Mix dan Pengertiannya.
* Variabel Marketing Mix dan Pengertiannya.
Marketing Mix diatas masih mungkin atau malah sudah berkembang lagi, Karena marketing adalah seni yang akan memungkinkan untuk selalu berkembang guna menyikapi persaingan pasar yang selalu berkembang seiring berkembangnya jaman.
ARTIKEL MARKETING LAINNYA
* Pengertian Sistem Secara Umum
* Definisi Atau Pengertian Marketing
* Definisi Strategi Marketing Atau Pemasaran
ARTIKEL MARKETING LAINNYA
* Pengertian Sistem Secara Umum
* Definisi Atau Pengertian Marketing
* Definisi Strategi Marketing Atau Pemasaran