Peningkatan Omset penjualan adalah sesuatu yang selalu diinginkan oleh Penjual atau salesman. Maka dari itu, Tidak sedikit pengusaha atau penjual selalu berusaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan terbaik bagi usahanya.
Banyak strategi pemasaran yang kita kenal selama ini, Dan dari masing-masing strategi mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Yang pasti, Pemilihan strategi pemasaran oleh perusahaan sedikit banyak akan dipengaruhi oleh tujuan perusahaan.
Bagaimana dengan strategi pemasaran Blusukan untuk meningkatkan omset penjualan?. Sebelum pembahasan kita lanjutkan, Ada baiknya kita mengingat kembli tentang pangertian strategi pemasaran, Untuk itu silahkan baca artikel dibawah ini;
Istilah blusukan populer setelah adanya salah satu pejabat Indonesia yang sering masuk kemasyarakat bawah untuk mendengarkan keluhan dan kejadian dimasyarakat bawah tersiar ditelevisi. Strategi pemasaran atau strategi marketing blusukan ini mengilhami kebiasaan yang dilakukan oleh salah satu pejabat diatas. Dan dengan strategi pemasaran ini diharapkan akan tercipta peningkatan omset untuk jangka panjang.
Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran blusukan? Pada artikel marketing kali ini Go Klaten Jualan Go akan membahas strategi pemasaran blusukan berdasar proses dalam kegiatan marketing.
Pertama Dari ide pembuatan produk
Untuk membuat produk, Tentu pengusaha menginginkan produknya bisa disenangi oleh Masyarakat. Untuk hal ini, Perusahaan perlu menurunkan tenaga survey khusus yang bisa mengumpulkan informasi tentang produk apa yang paling dicari Masyarakat. Dan Survey harus bertarget sesuai dengan produk yang biasa diproduksi.
Kedua Penetapan harga jual
Penetapan harga jual ini sangat penting, Karena selain berdasarkan kemampuan atau daya beli calon konsumen juga harus memperhatikan persaingan dari kompetitor dengan produk serupa. Maka dari itu, Blusukan untuk Survey kemampuan atau daya beli calon konsumen dan pengamatan terhadap harga pesaing dipasaran sangat diperlukan.
Survey harga kompetitor dipasaran tidak terbatas pada harga produk saja, Melainkan harga atau margin kompetitor terhadap toko juga harus menjadi perhatian. Selain harga, Sistem dan ketentuan transaksi dari dari kompetitor juga sangat perlu diperhatikan.
Ketiga Penjualan
Penjualan tidak hanya sekedar barang sampai pada konsumen atau penyalur penjualan. Tapi lebih luas lagi, Dimana penjualan dimulai dari mencari calon pembeli hingga pelayanan purna jual, Termasuk didalamnya iklan atau promosi.
Untuk pengertian penjualan lebih rinci, Saudara bisa kunjungi artikel dibawah ini;
Agar sukses dalam proses penjualan, Tentu diperlukan informasi terkait cara iklan dan atau promosi serta servis pasca penjualan yang terjadi dipasaran. Hal ini bisa dilakukan survey dilapangan terhadap cara atau strategi iklan dan promosi kompetitor.
Apa kaitan ketiga hal diatas dengan peningkatan omset penjualan?, Tentu berkaitan erat. Karena dengan strategi pemasaran seperti ini produsen ataupun marketer akan bisa memahami kebutuhan konsumen secara optimal. Dan ini akan membuka peluang besar untuk bisa memenangkan persaingan dipasar. Jika ini terjadi, Tentu omset akan mengalami peningkatan.
Demikian tadi artikel mareting dari Go Klaten Jualan Go dengan tema meningkatkan omset penjualan dengan strategi pemasaran blusukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel cara meningkatkan omset penjualan dibawah ini;