Strategi promosi merupakan bagian dari strategi marketing, Karena promosi adalah bagian dari proses kegiatan marketing secara keseluruhan. Walaupun demikian, Strategi promosi mempunyai peranan yang sangat penting dan vital dalam pencapaian tujuan perusahaan. Maka dari itu, Kita tidak perlu heran jika suatu perusahaan memberikan perhatian khusus dalam pembentukan strategi promosi.
Apa itu strategi Promosi?
Strategi promosi terdiri dari dua kata populer, Yaitu kata strategi dan kata promosi.
Strategi adalah garis arah atau cara untuk bertindak yang dibuat untuk mencapai tujuan dengan memperhitungkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.
Sedangkan promosi adalah aktivitas komunikasi dari pemilik produk dan atau pemegang hak menjual produk yanh ditujukan kepada Masyarakat dengan beberapa maksud dan tujuan.
Untuk pengertian atau definisi strategi dan promosi lebih rinci bisa Saudara kunjungi artikel marketing dibawah ini;
Kalau berdasarkan pengertian strategi dan promosi diatas, Strategi promosi bisa diartikan sebagai berikut;
Pengertian strategi promosi adalah Garis arah atau cara untuk bertindak yang dibuat untuk aktivitas komunikasi dari pemilik dan atau pemegang hak menjual produk kepada khalayak umum guna mencapai tujuan promosi secara optimal dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.
Untuk memudahkan kita dalam memahami pengertian strategi promosi diatas, Alangkah baiknya jika diuraikan secara rinci berdasarkan kalimat pembentuknya.
Kalimat pertama;
Strategi promosi adalah garis arah atau cara untuk bertindak, Dalam hal ini strategi promosi bisa diibaratkan rel bagi kereta api, Dimana segala kegiatan komunikasi kepada khalayak umum untuk mencapai tujuan promosi harus mengacu pada garis arah atau cara yang telah ditetapkan.
Kalimat kedua;
Strategi promosi dibuat untuk aktifitas komunikasi dari pemilik dan atau pemegang hak menjual produk dengan tujuan atau target khalayak umum.
Kalimat ketiga;
Strategi promosi dibuat untuk mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan agar optimal dan sesuai dengan rencana perusahaan.
Jadi strategi promosi dibuat untuk mengarahkan aktivitas komunikasi dalam;
- mengenalkan serta memberitahukan tentang suatu produk atau usaha.
- Membujuk orang agar mau membeli dan memakai suatu produk.
- Mengingatkan kembali kepada khalayak umum akan suatu produk dan atau usaha.
Untuk pembahasan tentang tujuan promosi secara umum yang lebih rinci, Saudara bisa baca artikel dibawah ini.
Kalimat keempat;
Strategi promosi dibuat dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh pemilik informasi. Dimana untuk merebut hati Calon konsumen, Pemilik produk harus bisa mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki dan menjadikan kelemahan menjadi kekuatan guna memenangkan persaingan pasar.
Demikian tadi uraian tentang strategi promosi secara umum, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sebagai gambaran tentang strategi promosi, Saudara bisa baca artikel tentang contoh strategi promosi untuk merek atau produk baru dibawah ini;
* Strategi Promosi Untuk Merek Baru Ala Kasus Artis Heboh
* Contoh dan Cara Promosi Dengan Media Budaya Lokal Bertarget
* Viral Marketing Campaign With Photo Selfie ( Pemasaran Viral Dengan Foto Selfie )
* Contoh dan Cara Promosi Dengan Media Budaya Lokal Bertarget
* Viral Marketing Campaign With Photo Selfie ( Pemasaran Viral Dengan Foto Selfie )