Langsung ke konten utama

Strategi Promosi Dalam Marketing

+Definisi strategi promosi dalam marketing
Strategi promosi merupakan bagian dari strategi marketing, Karena promosi adalah bagian dari proses kegiatan marketing secara keseluruhan. Walaupun demikian, Strategi promosi mempunyai peranan yang sangat penting dan vital dalam pencapaian tujuan perusahaan. Maka dari itu, Kita tidak perlu heran jika suatu perusahaan memberikan perhatian khusus dalam pembentukan strategi promosi.

Apa itu strategi Promosi?
Strategi promosi terdiri dari dua kata populer, Yaitu kata strategi dan kata promosi.

Strategi adalah garis arah atau cara untuk bertindak yang dibuat untuk mencapai tujuan dengan memperhitungkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.

Sedangkan promosi adalah aktivitas komunikasi dari pemilik produk dan atau pemegang hak menjual produk yanh ditujukan kepada Masyarakat dengan beberapa maksud dan tujuan.

Untuk pengertian atau definisi strategi dan promosi lebih rinci bisa Saudara kunjungi artikel marketing dibawah ini;


Kalau berdasarkan pengertian strategi dan promosi diatas, Strategi promosi bisa diartikan sebagai berikut;

Pengertian strategi promosi adalah Garis arah atau cara untuk bertindak yang dibuat untuk aktivitas komunikasi dari pemilik dan atau pemegang hak menjual produk kepada khalayak umum guna mencapai tujuan promosi secara optimal dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.

Untuk memudahkan kita dalam memahami pengertian strategi promosi diatas, Alangkah baiknya jika diuraikan secara rinci berdasarkan kalimat pembentuknya.

Kalimat pertama;
Strategi promosi adalah garis arah atau cara untuk bertindak, Dalam hal ini strategi promosi bisa diibaratkan rel bagi kereta api, Dimana segala kegiatan komunikasi kepada khalayak umum untuk mencapai tujuan promosi harus mengacu pada garis arah atau cara yang telah ditetapkan.

Kalimat kedua;
Strategi promosi dibuat untuk aktifitas komunikasi dari pemilik dan atau pemegang hak menjual produk dengan tujuan atau target khalayak umum.

Kalimat ketiga;
Strategi promosi dibuat untuk mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan agar optimal dan sesuai dengan rencana perusahaan.

Jadi strategi promosi dibuat untuk mengarahkan aktivitas komunikasi dalam;
  1. mengenalkan serta memberitahukan tentang suatu produk atau usaha.
  2. Membujuk orang agar mau membeli dan memakai suatu produk.
  3. Mengingatkan kembali kepada khalayak umum akan suatu produk dan atau usaha.

Untuk pembahasan tentang tujuan promosi secara umum yang lebih rinci, Saudara bisa baca artikel dibawah ini. 


Kalimat keempat;
Strategi promosi dibuat dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh pemilik informasi. Dimana untuk merebut hati Calon konsumen, Pemilik produk harus bisa mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki dan menjadikan kelemahan menjadi kekuatan guna memenangkan persaingan pasar.

Demikian tadi uraian tentang strategi promosi secara umum, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sebagai gambaran tentang strategi promosi, Saudara bisa baca artikel tentang contoh strategi promosi untuk merek atau produk baru dibawah ini;


Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...