Langsung ke konten utama

Cara Promosi Populer Era 80an

+Contoh cara iklan promosi populer tempo dulu
Bagaimana agar usaha promosi sukses?, Pertanyaan ini mungkin akan selalu menjadi PR bagi para pengusaha diera kapanpun. Karena promosi merupakan kegiatan yang harus dilakukan guna mengenalkan, Menawarkan dan mengingatkan kepada masyarakat luas. 

Untuk mengenal tujuan promosi lebih rinci, Saudara bisa kunjungi artikel dibawah ini;


Kalau kita melihat promosi diera sekarang, Dimana televisi dan internet sudah hampir menjadi kebutuhan Masyarakat, Tentu pengusaha akan lebih mudah dalam memilih dan menentukan media dan cara dalam mengkampanyekan produk serta usahanya. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya iklan ditelevisi dan internet.

Bagaimana dengan promosi diera tahun 80an?, Kalau kita bicara promosi diera tersebut, Tepatnya kurang lebih tahun Tentu kita harus mengingat masa lalu dimana televisi mempunyai jam tayang yang terbatas, Itupun belum banyak Masyarakat memiliki televisi. Bagaimana dengan internet?, Jangankan internet, Komputer saja masih belum ada dalam fikiran banyak orang.

Lalu bagaimana promosi saat itu?, Berikut share pengalaman dari Go Klaten Jualan Go. Diera tahun 80an, Dimana waktu itu saya masih duduk dibangku sekolah dasar, Saya masih mengingat tiga strategi atau cara promosi yang populer. Yaitu;

1. Melalui media layar tancap
2. Melalui media Radio
3. Melalui Media sulap keliling.

Kalau kita lihat, Ketiga media promosi diatas berbasis pada hiburan. Dimana waktu itu hiburan untuk Masyarakat bisa dibilang masih sangat minim.

Bagaimana strategi promosi saat itu?

Strategi promosi melalui media layar tancap
  1. Sebelum memutar film, Biasanya melalui pesan suara atau audio menyampaikan perkenalan, judul film dan ditambahi penyampaian pesan promosi.
  2. Sesi kedua adalah memutar iklan atau promosi berulang-ulang sampai beberapa kali. Dan saya masih ingat waktu itu promosi produk penyedap masakan dengan bintang iklan Almarhum Bagio.
  3. Sesi ketiga pemutaran film sesungguhnya.
  4. Sesi empat, Yaitu disaat seru-serunya cerita film diadakan pergantian rol film. Dan pada saat inilah dilakukan pemutaran iklan promosi. Kalau saat ini seperti mihihat sinetron atau acara tv yang diselingi iklan berkali-kali. Pergantian rol ini bisa sampai 5 kali, Jadi iklan juga diputar sebanyak 5 kali.
  5. Sesi kelima pemutaran film rol terakhir.


Strategi promosi melalui media radio
Strategi promosi dengan media radio era 80an hampir sama dengan strategi promosi diradio atau ditelevisi pada saat sekarang. Yaitu melalui pemasangan iklan promosi pada acara populer dimasyarakat pada saat itu Waktu itu acara radio yang paling digemari adalah sandiwara radio Saur Sepuh dengan tokoh utama Brama Kumbara.

Pada era 80an, Sandiwara radio saur sepuh sangat populer dikalangan Masyarakat, Dan hampir sebagian besar perhatian Masyarakat tertuju pada sandiwara radio tersebut. Jadi pemasangan iklan promosi pada acara radio tersebut bisa dikatakan strategi promosi yang sangat tepat.

Strategi promosi melalui media sulap keliling.
Sulap keliling biasanya ditampilkan didaerah pedesaan seperti tempat saya. Dan ini mampu menyedot perhatian Masyarakat sekeliling untuk berbondong-bondong datang kelokasi acara sulap diadakan. Selain sulap, Biasanya juga ditampilkan atraksi menarik lainnya, Misal naik sepeda roda satu dll.

Promosi dengan even sulap ini dilakukan disela-sela sulap atau atraksi sehingga perhatian penonton tetap tertuju diarena lokasi sulap diadakan.

Demikian tadi artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema cara promosi populer era 80an. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita. Saudara juga bisa kunjungi artikel menarik lainnya dibawah ini.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberap...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Contoh Banner Promosi Jual Ruko Menarik

Bagi pengembang atau pebisnis property, Ruko merupakan produk yang perlu dipromosikan agar masyarakat tahu. Sedangkan bagi konsumen, Ruko merupakan bangunan yang dianggap strategis untuk jualan dan sekaligus sebagai tempat tinggal. Agar konsumen tertarik dengan ruko yang dijual, Tentu diperlukan adanya usaha publikasi dalam bentuk promosi atau iklan. Untuk keberhasilan publikasi, Tentu diperlukan usaha promosi yang baik dan menarik. Promosi yang menarik, Ini bisa dilihat dari kalimat promosi yang disajikan kepada konsumen. Hal ini tentu juga harus didukung dengan desain iklan menarik, Kombinasi warna, Letak, Media dan masih banyak aspek lainnya. Untuk menyampaikan pesan promosi yang telah didesain sedemikian rupa menarik, Tentu diperlukan adanya media promosi untuk menyampaikan pesan dimaksud. Dalam hal ini adalah promosi penjualan ruko ( property ) yang disampaikan degan media promosi banner. Pada artikel iklan promosi kali ini, Go Klaten Jualan Go akan menyampaikan ...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...