Semua pemasang iklan atau promosi tentu menginginkan pesan promosinya sampai kepada target pasar yang diinginkan. Agar keinginan tersebut dapat terlaksana dengan baik, Tentu diperlukan pemilihan media promosi yang tepat.
Sebetulnya banyak media promosi lokal untuk mengkampanyekan pesan produknya. Maksud lokal disini adalah dalam area atau cakupan wilayah yang terbatas. Misal didaerah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan lain-lain.
Salah satu budaya daerah yang bisa digunakan sebagi media promosi adalah wayang kulit. Wayang kulit merupakan budaya dari Jawa Tengah yang selain menyajikan tontonan juga mengandung tuntunan hidup yang baik.
Bagaimana cara mengkampanyekan produk melalui media budaya wayang kulit?, Dalam pagelaran wayang kulit, Dalang memegang peranan utama dalam melakonkan cerita sesuai pakem, Dalanglah yang melakukan dialog untuk semua tokoh dalam cerita. Jadi untuk bisa mengkampanyekan produk pengiklan harus bisa menyampaikan materi promosi kepada Dalang.
Kapankah promosi kita akan disampaikan kepada penonton? Pesan Kampanye biasanya akan disampaiakan pada sesi tertentu dari pergelaran wayang kulit. Yaitu pada sesi limbukan dan atau goro-goro. Karena pada sesi ini akan cenderung banyak berisi guyonan dengan sesekali musik atau tembang permintaan penonton.
Berkaitan dengan bagaimana cara memasukkan atau menyampaikan pesan kampanye iklan diatas, Pada saat sesi limbulan atau Goro-goro inilah kita bisa mengirim surat permohonan lagu dengan disertai pesan kampaye produk, Usaha dan lain-lain.
Sebelum kita berkampanye produk melalui media wayang kulit, Sebaiknya kita kenal apa itu Limbukan dan apa itu Goro-goro.
Limbukan merupakan salah satu sesi dalam wayang kulit yang berisi hiburan, lagu, Tuntunan dan pesan. Dinisi akan menampilkan dua toko perempuan, Yaitu Limbuk dan Cangik. Dimana Limbuk adalah anak dari Cangik.
Sedangkan Goro-goro merupakan sesi yang biasanya ditunggu oleh penonton, Karena pada sesi ini banyak berisi hiburan musik, Humor dan tuntunan hidup. Biasanya digelar pada dini hari -+jan 02:00.
Untuk lebih efektif dan efisien, Tentu kita harus bisa memilih dalang yang tepat. Karena tidak jarang masing-masing dalang mempunyai penggemar khusus. Ada dalang dengan penggemar rata-rata orang tua, Dan ada juga dalang yang penggemarnya sebagian besar anak-anak muda. Pemilihan ini akan berhubungan erat dengan produk yang akan dikampanyekan serta bahasa kampanye yang digunakan.
Bagaimana mengenali hal diatas, Sebetulnya sangat mudah, Karena dalang dengan tambahan musik moderen cenderung akan lebih digemari anak-anak mudah. Ini bisa dilihat dari alat musik yang ada dipanggung pentas.
Demikian sedikit artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema Contoh promosi dengan media budaya lokal yang bertarget. Semoga artikel promosi ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa membaca artikel promosi menarik lainnya dibawah ini;