Langsung ke konten utama

Contoh Promosi Dengan Media Budaya Lokal Bertarget

+Contoh dan cara promosi dengan media budaya wayang kulit yang bertarget
Semua pemasang iklan atau promosi tentu menginginkan pesan promosinya sampai kepada target pasar yang diinginkan. Agar keinginan tersebut dapat terlaksana dengan baik, Tentu diperlukan pemilihan media promosi yang tepat.

Sebetulnya banyak media promosi lokal untuk mengkampanyekan pesan produknya. Maksud lokal disini adalah dalam area atau cakupan wilayah yang terbatas. Misal didaerah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan lain-lain.

Salah satu budaya daerah yang bisa digunakan sebagi media promosi adalah wayang kulit. Wayang kulit merupakan budaya dari Jawa Tengah yang selain menyajikan tontonan juga mengandung tuntunan hidup yang baik.

Bagaimana cara mengkampanyekan produk melalui media budaya wayang kulit?, Dalam pagelaran wayang kulit, Dalang memegang peranan utama dalam melakonkan cerita sesuai pakem, Dalanglah yang melakukan dialog untuk semua tokoh dalam cerita. Jadi untuk bisa mengkampanyekan produk pengiklan harus bisa menyampaikan materi promosi kepada Dalang.

Kapankah promosi kita akan disampaikan kepada penonton? Pesan Kampanye biasanya akan disampaiakan pada sesi tertentu dari pergelaran wayang kulit. Yaitu pada sesi limbukan dan atau goro-goro. Karena pada sesi ini akan cenderung banyak berisi guyonan dengan sesekali musik atau tembang permintaan penonton.

Berkaitan dengan bagaimana cara memasukkan atau menyampaikan pesan kampanye iklan diatas, Pada saat sesi limbulan atau Goro-goro inilah kita bisa mengirim surat permohonan lagu dengan disertai pesan kampaye produk, Usaha dan lain-lain.

Sebelum kita berkampanye produk melalui media wayang kulit, Sebaiknya kita kenal apa itu Limbukan dan apa itu Goro-goro.

Limbukan merupakan salah satu sesi dalam wayang kulit yang berisi hiburan, lagu, Tuntunan dan pesan. Dinisi akan menampilkan dua toko perempuan, Yaitu Limbuk dan Cangik. Dimana Limbuk adalah anak dari Cangik.

Sedangkan Goro-goro merupakan sesi yang biasanya ditunggu oleh penonton, Karena pada sesi ini banyak berisi hiburan musik, Humor dan tuntunan hidup. Biasanya digelar pada dini hari -+jan 02:00.

Untuk lebih efektif dan efisien, Tentu kita harus bisa memilih dalang yang tepat. Karena tidak jarang masing-masing dalang mempunyai penggemar khusus. Ada dalang dengan penggemar rata-rata orang tua, Dan ada juga dalang yang penggemarnya sebagian besar anak-anak muda. Pemilihan ini akan berhubungan erat dengan produk yang akan dikampanyekan serta bahasa kampanye yang digunakan.

Bagaimana mengenali hal diatas, Sebetulnya sangat mudah, Karena dalang dengan tambahan musik moderen cenderung akan lebih digemari anak-anak mudah. Ini bisa dilihat dari alat musik yang ada dipanggung pentas.

Demikian sedikit artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema Contoh promosi dengan media budaya lokal yang bertarget. Semoga artikel promosi ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa membaca artikel promosi menarik lainnya dibawah ini;

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...