Langsung ke konten utama

Cara Membangun Saluran Distribusi Barang Yang Baik

menciptakan kekuatan pada keagenan busana muslim, bagaimana agar agen kuat, membuat keagenan busana muslim
Sekarang ini sudah banyak bermunculan merek produk busana muslim dan jilbab Yang melakukan penjualan barang dengan sistem kagenan, hal ini dilakukan karena saluran distribusi sistem keagenan bisa menekan biaya penjualan.

Untuk mengenal saluran distribusi sistem keagenan Saudara bsa baca pada artikel dibawah ini;

*   Saluran distribusi sistem keagenan 

Namun tidak banyak Pemilik produk atau merek mempunyai kekuatan yang optimal dalam menjalankan usahanya ini. Kenapa ini terjadi?, Salah satu penyebabnya adalah pemilik

merek produk cenderung fokus pada penggarapan Agen dengan level paling tinggi, Apalagi jika didukung dengan kekuatan produk yang memadai. Apakah hal ini salah?, Tentu saja tidak, Karena dengan cara ini akan tercipta omset tinggi dengan biaya penjualan relatif rendah. Namun dengan cara ini pemilik merek produk kurang memiliki kekuatan yang optimal. 

Apa yang dimaksud kekuatan disini?, Kekuatan disini adalah kekuatan dari pemilik merek produk dalam menerapkan kebijaksanaan terhadap agen pada level yang lebih rendah. Misal kebijaksanaan diskon kepada agen pada level yang lebih rendah, Belum tentu Agen pada level paling atas atau agen yang langsung berhubungan dengan pemilik merek produk mau menjalankan, Karena kebijakan baru belum tentu sesuai dengan kebijakan yang selama ini sudah dijalankan agen level atas. Dan jika pemilik merek tetap memaksakan kebijakannya, besar kemungkinan agen level atas akan mengurangi usahanya dalam memasarkan produk dari pemilik merek dan akan mulai melirik produk lain, atau yang lebih parah agen level atas ini akan mundur dari kerjasama dalam menjual produk dari pemilik merek. Jika hal ini sampai terjadi, Belum tentu Pemilik merek bisa mendapatkan agen dengan kualifikasi agen level atas dengan cepat, apalagi jika produk tidak mempunyai daya saing kuat dipasaran.

Lalu bagaimana cara menciptakan kekuatan yang optimal?
Selain menciptakan produk yang mempunyai kekuatan daya saing dipasaran, Ada lagi usaha yang harus dilakukan pemilik merek. Selain fokus penggarapan keagen level atas, Pemilik produk juga harus terjun keagen- agen dibawah, Dengan tujuan:

  1. Membina hubungan baik dengan agen- agen bawah serta melakukan penilaian terhadap agen bawah, Dengan hal ini pemilik bisa menentukan agen mana yang memenuhi kriteria dan sinyal minat agen bawah untuk menjadi agen atas. Jadi jika sewaktu- waktu agen atas pada area tersebut mundur dari kerjasama keagenan, Pemilik tidak susah untuk mendapatkan gantinya.
  2. Menggali informasi pasar yang relevan dari agen bawah sebagai masukan kepada agen atas. Informasi pasar bisa meliputi Tren mode yang laku, Tren warna yang laku, Size produk yang laku, Bahan produk yang laku dll. Dengan hal ini pemilik produk bisa menentukan kebutuhan produk dari agen level atas tentang produk apa yang harus diorder. Kalau hal ini berjalan dengan sempurna, arus barang dari pemilik produk keagen level atas bisa ditentukan pemilik pemilik produk, Dan dalam jangka panjang tidak menutup kemungkinan agen level atas akan selalu menunggu informsi pasar yang sudah dikumpulkan pemilik serta kiriman produk apa yang akan dikirim pemilik produk. Hal ini akan tercapai jika pemilik produk bisa memberikan pengalaman bagus tentang penjualan berdasarkan informasinya.
Kedua usaha diatas bisa dilakukan pada saat awal pembentukan jaringan keagenan atau pada saat jaringan keagenan sudah terbentuk, Namun dari kedua pilihan diatas tentunya ada kekurangan dan kelibihannya. Dan jaringan keagenan perlu dibangun agar mempunyai kekuatan.

Bagaimana membangun kekuatan slauran distribusi keagenan?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini;

*   Membangun kekuatan keagenan

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit motor

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Jumpsuit Dan Overall Serta Perbedaannya

Dalam dunia fashion dan busana, Kadang kita mendengar istilah-istilah fashion yang tidak mengerti artinya. Diantara adalah istilah jumpsuit dan Overall. Tidak sedikit dari masyarakat akan memberikan sebutan salah pada dua model pakaian ini. Hal ini bisa terjadi karena bentuk modelnya yang hampir sama. Serupa tapi tak sama, Itu yang bisa katakan. Lalu dimana letak kesamaan dan perbedaan jumpsuit dengan overall? Sebelum kita menyebutkan perbedaan overall dan jumpsuit atau persamaan overall dengan jumpsuit, Alahkah baiknya kita mengenal pengertian dari dua model pakaian tersebut. Pengertian jumpsuit Jumpsuit adalah bagian dari model pakaian yang menggabungkan antara atasan dengan celana namun masih mempunyai bentuk dan karakter masing-masing. Pengertian Over all Overall adalah model pakaian mirip dengan jumpsuit berbahan jean atau denim yang dalam pemakaiannya harus dipadukan dengan dalaman kaos atau kemeja. Dari pengertian jumpsuit dan overall diatas, Kita akan

Pengertian Warna Monokrom Dan Contoh Warna Monocrom

Pengertian warna monokrom, Atau juga bisa ditulis monocrom dan monochrome. Istilah monokrom bisa kita temui dalam beberapa hal. Salah satunya adalah dunia fashion atau desain fashion. Karena fashion akan selalu memberikan sentuhan warna sesuai trend agar bisa memberikan daya tarik kepada konsumen fashion. Pengertian warna monokrom sendiri lebih mengacu pada kata pembentuknya. Yaitu mono dan chrome . Mono diartikan satu dan chrome adalah warna. Dalam bahasa Indonesia, Mono berarti satu dan chrome adalah warna. Jadi jika digabungkan monokrom berarti satu warna. Dalam fotografi, Monocrom bisa diartikan foto dengan gradasi tone yang hanya didasari satu warna dasar tanpa ada warna dasar lain. Misal warna biru tua dipadukan dengan warna dasar biru muda, Warna merah tua dipadukan dengan warna dasar merah muda dan sebagainya.  Jadi monocrom tidak terbatas hanya pada warna hitam dan putih yang biasa kita dengar selama ini. Monocrom bisa terjadi karena adanya warna turunan dari w