Langsung ke konten utama

Strategi Menjual Dengan Proteksi Area Apa Sudah Tepat?

+penyebab tidak optimalnya proteksi area penjualan pada keagenan busana muslim
Dalam postingan sebelumnya sudah dibahas mengenai saluran distribusi sistem keagenan busana muslim,

Untuk mengenal sistem keagenan busana muslim, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini;

*  Saluran distribusi sistem keagenan untuk busana muslim 

Pada artikel tersebut ada kata-kata proteksi area. Apa yang dimaksud dengan proteksi area pemasaran untuk saluran distribusi sistem keagenan? 

Definisi atau arti dari Proteksi :
Proteksi adalah perlindungan, Jadi dilakukannaya perlindungan dari produsen terhadap Agen dalam hal penguasaan area pemasaran tertentu.

Area Pemasaran atau area penjualan :
Area penjualan adalah wilayah tertentu atau ruang lingkup wilayah tertentu yang telah ditetapkan bersama antara Produsen dengan Agen Menejer atau agen guna melakukan penjualan produk dari produsen kepada agen atau konsumen.

Definisi Proteksi area Penjualan dalam sistem keagenan adalah
Perlindungan atau pemberian hak dari produsen kepada agen atu agen menejer untuk melakukan pelayanan penjualan kepada agen atau konsumen pada suatu wilayah tertentu. Dan produsen tidak memberikan hak atau bahkan melarang Agen atau agen menejer lain untuk melakukan pelayanan pemasaran atau penjualan kearea agen menejer yang memegang hak dari Produsen.

Namun dalam prakteknya, Proteksi area atau wilayah penjualan tersebut tidak sepenuhnya bisa berjalan dengan baik, Atau bahkan tidak bisa berjalan. Berdasarkan pengalaman dilapangan selama ini, Banyak proteksi area yang telah ditetapkan tidak bisa dilaksanakan, Masih banyak Agen menejer atau agen yang melakukan penawaran atau bahkan melayani penjualan untuk area agen menejer atau agen lainnya.

Selain itu masih ada Agen menejer mengirimkan katalog produk kepada agen area yang bukan menjadi hak wilayahnya. Atau bahkan ada agen atau konsumen dari area wilayah lain yang memesan barang dari agen menejer atau agen lainnya. Dan kejadian diatas jarang dan sangat susah terdeteksi.

Saudara bisa membaca artikel menarik dibawah ini;

*  Katalog yang bisa menjual 

Kenapa Hal ini terjadi?, Ada beberapa alasan kenapa penjualan dari agen menejer atau pembelian dari Agen atau konsumen lintas area terjadi, diantaranya;

  1. Agen menejer atau Agen mengejar mengejar target omset.
  2. Konsumen atau agen ingin mendapatkan diskon lebih besar.
  3. Karena stok barang diagen menejer areanya tidak ada atau stok kosong.
  4. Karena hubungan pertemanan atau hubungan keluarga.
  5. Persaingan dalam hal biaya kirim.
  6. Kemudahan dari agen menejer area lain, misal tukar barang, bonus, kemudahan dalam pengiriman.

Tapi secara umum, hal ini terjadi karena pengawasan atau kontrol yang kurang dari produsen. Seandainya ada kontrol atau pengawasan dari produsen, Kadang tidak mudah untuk mendeteksi atau mengetahui adanya pelanggaran area, Kecuali jika Agen menejer atau agen  melakukan komplain kepusat.

Demikian sekilas artikel mengenai  proteksi area penjualan yang selama ini sudah dijalankan oleh beberapa merek dari busana muslim yang menggunakan system penjualan keagenan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberap...

Kalimat Promosi Jual hp Second atau Handphone Bekas Yang Trend

Promosi merupakan salah satu roh dari martketing dalam usaha menginformasikan suatu produk. Karena dengan promosi orang atau calon konsumen akan menjadi tahu tentang produk atau usaha kita. Bagaimana dengan Jual handphone atau jual hp bekas?. Handphone juga merupakan produk, Jadi juga tidak akan lepas dari yang namanya promosi. Banyak cara telah dilakukan oleh orang yang jual hp second atau handphone bekas dalam mengkampanyekan produk yang dijual. Salah satunya dalam bentuk tulisan. Biasanya tulisan ini ditempatkan pada media banner yang dipajang didepan toko handphone, Selain itu, Bisanya banner dibuat dalam warna yang mencolok. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang yang lewat depan toko hp tersebut. Selain warna banner yang mencolok, Biasanya kalimatnya juga sangat menarik dan menggugah orang yang lewat. Sebetulnya banyak kata-kata atau kalimat yang sering kita jumpai dalam promosi jual hp second atau handphone Bekas. Berikut beberapa kata promosi atau k...