Langsung ke konten utama

Strategi Marketing Pakaian Yang Baik dan Efektif

+Strategi cara memasarkan baju pakaian yang baik efektif dan efisien, Strategi marketing busana pakaian yang baik dan menarik
Strategi marketing atau Strategi pemasaran memegang peranan sangat penting dalam kegiatan usaha atau bisnis, Tidak terkecuali bagi usaha atau bisnis pakaian. Didunia ini mungkin sudah banyak strategi marketing pakaian yang dijalankan oleh pengusaha busana. Yang perlu kita ingat adalah bahwa strategi marketing atau pemasaran tidak sama dengan strategi penjualan, Karena pada dasarnya penjualan merupakan bagian dari pemasaran.

Kalau kita bicara tentang strategi marketing pakaian, Tentu kita akan berbicara tentang strategi bagaimana membuat produk pakaian yang diinginkan konsumen dan bagaimana barang bisa sampai kepada konsumen dengan baik. Untuk hal ini, Tentu pengusaha pakaian tidak bisa hanya dengan menebak atau memperkirakan tanpa melalui survey yang memadai. 

Selama ini mungkin kita sudah sering mendengar atau membaca tentang elemen-elemen marketing atau sering disebut marketing mix. Yang jadi pertanyaan adalah apa dasar memadukan elemen-elemen marketing agar bisa menghasilkan kekuatan dalam persaingan dipasar?, Jawabannya adalah kebutuhan dan keinginan konsumen. 

Bagaimana menciptakan strategi marketing pakaian yang baik dan efektif dengan dasar informasi dari konsumen?.

Langkah Pertama
Mempunyai produk yang dijual dengan katalog yang memadai, Rekening Bank, Expedisi pengiriman barang yang terpercaya dan nomor telpon.

Baca artikel terkait dengan judul cara menciptakan katalog produk multy fungsi dibawah ini;

*  Cara Menciptakan Katalog Produk Multy Fungsi.

Langkah Kedua
Menciptakan saluran distribusi atau jaringan distribusi barang dalam bentuk keagenan. Langkah-langkahnya;
  1. Cari informasi tentang agen-agen yang sudah ada melalui majalah. Untuk agen busana muslim bisa dengan mudah ditemukan pada majalah muslim. Misal majalah Ummi, Alia dll. Pada majalah tersebut bisa kita temui beberapa keagenan busana, Misal sik clothing, Rabbani, Dannis, Keke dll.
  2. Ajukan penawaran kerjasama, Awali dengan telpon kemudian kirim katalog dan dokumen penunjang lainnya, Misal syarat transaksi.
Ini merupakan langkah awal dalam strategi marketing pakaian yang baik dan efektif. Apa yang harus dilakukan setelah jaringan pemasaran keagenan diatas terbentuk?.
Langkah Ketiga
Ini merupakan kunci dasar dari strategi pemasaran pakaian dimaksud diatas agar tercipta pemasaran optimal jangka panjang. Yaitu membangun keakraban dengan semua level agen melalui gathering yang menarik dan berkesan. Manfaat diadakan gathering;
  1. Membangun kedekatan dan keakraban sebagai satu keluarga besar antara Pemilik produk, Agen level atas dan agen dibawahnya. Dengan cara ini akan tercipta loyalitas dari agen penjualan.
  2. Menggali informasi tentang produk pakaian yang disukai dan diinginkan konsumen. Baik dari segi model, Motif, Harga dan Warna.
  3. Dapatkan informasi tentang pelayanan pengiriman barang yang terbaik untuk agen.
  4. Dapatkan informasi hadiah apa yang menarik bagi agen jika mampu mencapai target penjualan yang ditentukan.
  5. Dapatkan kritik dan saran membangun untuk kemajuan bisnis jangka panjang.
  6. Dapatkan informasi dari agen mengenai strategi promosi yang lebih tepat untuk perkembangan jaringan pemasaran dan merek produk.
  7. Sampaikan rencana program atau strategi pemasaran yang akan dijalankan dimasa yang akan datang kepada agen. Hal ini untuk mendapatkan tanggapan dari agen.
Strategi marketing busana yang baik dan efektif harus berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen, Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, Kita perlu informasi yang akurat dari pemakai produk melalui jaringan penjualan dari produk yang dipasarkan. Untuk itu pemilik produk perlu membentuk dan membangun jaringan pemasaran yang loyal untuk bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Demikian tadi artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema strategi marketing pakaian yang baik dan efektif. Semoga artikel marketing diatas bermanfaat bagi pembaca. Saudara bisa baca artikel marketing menarik lainnya dibawah ini;

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Cara Menghitung Jumlah Maksimal Retur Penjualan Ideal Berdasar Harga Pokok Penjualan

Seperti telah disebutkan pada posting sebelumnya, Bahwa dalam menentukan jumlah maksimal retur menggunakan dasar penentuan jumlah dan persentase retur ideal. Salah satu dasar penentuan atau batasan jumlah atau persentase retur penjualan yang ideal adalah dengan berdasar harga pokok penjualan barang.  Apa saja dasar dalam menentukan batasan retur ideal?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini; *   dasar penentuan jumlah dan persentase retur idea l Disini harga pokok penjualan digunakan sebagai rambu-rambu untuk memberikan kebijakan batasan jumlah maksimal retur.  penjualan agar tidak  berpengaruh negatif atau menimbulkan kerugian pada perusahaan. Agar penentuan batasan jumlah maksimal retur tidak merugikan perusahaan, Tentunya perlu dilakukan perhitungan yang matang dan benar agar memberikan hasil yang optimal. Dan perhitungan dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain akan cenderung berbeda, Hal ini disebabkan karena perbedaan kebijakan biaya yang berhubu

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral barang sisa lebaran