Langsung ke konten utama

Strategi Marketing Pakaian Yang Baik dan Efektif

+Strategi cara memasarkan baju pakaian yang baik efektif dan efisien, Strategi marketing busana pakaian yang baik dan menarik
Strategi marketing atau Strategi pemasaran memegang peranan sangat penting dalam kegiatan usaha atau bisnis, Tidak terkecuali bagi usaha atau bisnis pakaian. Didunia ini mungkin sudah banyak strategi marketing pakaian yang dijalankan oleh pengusaha busana. Yang perlu kita ingat adalah bahwa strategi marketing atau pemasaran tidak sama dengan strategi penjualan, Karena pada dasarnya penjualan merupakan bagian dari pemasaran.

Kalau kita bicara tentang strategi marketing pakaian, Tentu kita akan berbicara tentang strategi bagaimana membuat produk pakaian yang diinginkan konsumen dan bagaimana barang bisa sampai kepada konsumen dengan baik. Untuk hal ini, Tentu pengusaha pakaian tidak bisa hanya dengan menebak atau memperkirakan tanpa melalui survey yang memadai. 

Selama ini mungkin kita sudah sering mendengar atau membaca tentang elemen-elemen marketing atau sering disebut marketing mix. Yang jadi pertanyaan adalah apa dasar memadukan elemen-elemen marketing agar bisa menghasilkan kekuatan dalam persaingan dipasar?, Jawabannya adalah kebutuhan dan keinginan konsumen. 

Bagaimana menciptakan strategi marketing pakaian yang baik dan efektif dengan dasar informasi dari konsumen?.

Langkah Pertama
Mempunyai produk yang dijual dengan katalog yang memadai, Rekening Bank, Expedisi pengiriman barang yang terpercaya dan nomor telpon.

Baca artikel terkait dengan judul cara menciptakan katalog produk multy fungsi dibawah ini;

*  Cara Menciptakan Katalog Produk Multy Fungsi.

Langkah Kedua
Menciptakan saluran distribusi atau jaringan distribusi barang dalam bentuk keagenan. Langkah-langkahnya;
  1. Cari informasi tentang agen-agen yang sudah ada melalui majalah. Untuk agen busana muslim bisa dengan mudah ditemukan pada majalah muslim. Misal majalah Ummi, Alia dll. Pada majalah tersebut bisa kita temui beberapa keagenan busana, Misal sik clothing, Rabbani, Dannis, Keke dll.
  2. Ajukan penawaran kerjasama, Awali dengan telpon kemudian kirim katalog dan dokumen penunjang lainnya, Misal syarat transaksi.
Ini merupakan langkah awal dalam strategi marketing pakaian yang baik dan efektif. Apa yang harus dilakukan setelah jaringan pemasaran keagenan diatas terbentuk?.
Langkah Ketiga
Ini merupakan kunci dasar dari strategi pemasaran pakaian dimaksud diatas agar tercipta pemasaran optimal jangka panjang. Yaitu membangun keakraban dengan semua level agen melalui gathering yang menarik dan berkesan. Manfaat diadakan gathering;
  1. Membangun kedekatan dan keakraban sebagai satu keluarga besar antara Pemilik produk, Agen level atas dan agen dibawahnya. Dengan cara ini akan tercipta loyalitas dari agen penjualan.
  2. Menggali informasi tentang produk pakaian yang disukai dan diinginkan konsumen. Baik dari segi model, Motif, Harga dan Warna.
  3. Dapatkan informasi tentang pelayanan pengiriman barang yang terbaik untuk agen.
  4. Dapatkan informasi hadiah apa yang menarik bagi agen jika mampu mencapai target penjualan yang ditentukan.
  5. Dapatkan kritik dan saran membangun untuk kemajuan bisnis jangka panjang.
  6. Dapatkan informasi dari agen mengenai strategi promosi yang lebih tepat untuk perkembangan jaringan pemasaran dan merek produk.
  7. Sampaikan rencana program atau strategi pemasaran yang akan dijalankan dimasa yang akan datang kepada agen. Hal ini untuk mendapatkan tanggapan dari agen.
Strategi marketing busana yang baik dan efektif harus berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen, Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, Kita perlu informasi yang akurat dari pemakai produk melalui jaringan penjualan dari produk yang dipasarkan. Untuk itu pemilik produk perlu membentuk dan membangun jaringan pemasaran yang loyal untuk bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Demikian tadi artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema strategi marketing pakaian yang baik dan efektif. Semoga artikel marketing diatas bermanfaat bagi pembaca. Saudara bisa baca artikel marketing menarik lainnya dibawah ini;

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...

Pengertian Polkadot ( Corak Atau Motif Baju Polkadot ) dan Macam Polkadot

Dalam kehidupan sehari-hari, Tentu kita pernah atau bahkan sering menyebut, Mendengar dan melihat motif atau corak polkadot. Apalagi bagi orang yang sering berhubungan dengan fashion atau lebih khusus lagi busana. Di Tahun 2013 motif atau corak polkadot ini pernah menjadi trend motif baju wanita seperti halnya motif bunga di tahun 2015 saat ini. Walaupun kita pernah atau sering mendengar serta melihat baju wanita polkadot, Tentu sebagian dari kita masih ada yang belum tahu apa itu polkadot. Dan bagi yang sudah tahu pengertian polkadot, Tidak ada salahnya membaca artikel ini kembali untuk mengingat tentang definisi polkadot. Pengertian polkadot Polkadot adalah Motif atau corak bulat-bulat pada kain yang biasanya polos dengan jarak yang sama. Dari arti atau pengertian polkadot diatas, Jika dijabarkan akan tampak seperti dibawah ini; Polkadot adalah motif atau corak Jadi polkadot merupakan dekorasi atau dimensi yang menghiasi atau memperindah bidang. Dalam pemb...

Pengertian Jumpsuit Dan Overall Serta Perbedaannya

Dalam dunia fashion dan busana, Kadang kita mendengar istilah-istilah fashion yang tidak mengerti artinya. Diantara adalah istilah jumpsuit dan Overall. Tidak sedikit dari masyarakat akan memberikan sebutan salah pada dua model pakaian ini. Hal ini bisa terjadi karena bentuk modelnya yang hampir sama. Serupa tapi tak sama, Itu yang bisa katakan. Lalu dimana letak kesamaan dan perbedaan jumpsuit dengan overall? Sebelum kita menyebutkan perbedaan overall dan jumpsuit atau persamaan overall dengan jumpsuit, Alahkah baiknya kita mengenal pengertian dari dua model pakaian tersebut. Pengertian jumpsuit Jumpsuit adalah bagian dari model pakaian yang menggabungkan antara atasan dengan celana namun masih mempunyai bentuk dan karakter masing-masing. Pengertian Over all Overall adalah model pakaian mirip dengan jumpsuit berbahan jean atau denim yang dalam pemakaiannya harus dipadukan dengan dalaman kaos atau kemeja. Dari pengertian jumpsuit dan overall diatas, Kita akan ...