Langsung ke konten utama

Arti Viral Marketing atau Pengertian Pemasaran Viral

+Definisi atau Pengertian Viral marketing secara umum serta syarat terjadinya pemasaran viral
Viral marketing atau Pemasaran viral, Ini merupakan hasil inovasi pemikiran kreatif yang menghasilkan suatu strategi atau cara dalam menjual suatu produk. Dimana viral merupakan asal kata dari virus, Jadi informasi tentang produk yang disampaikan kepada Masyarakat diharapkan akan menyebar seperti halnya penyebaran virus.

Viral marketing sudah dijalankan oleh banyak marketer dalam kegiatan penjualannya. Viral marketing yang baik akan memberikan hasil optimal pada penjualan suatu produk. Lalu apa arti atau definisi dari viral marketing?.

Arti atau definisi viral marketing adalah : Strategi mengkomunikasikan suatu produk melalui proses penyebaran pesan elektronik yang didalamnya disisipkan informasi atau penawaran produk kepada Masyarakat secara meluas dan berkembang.

Berdasarkan arti atau definisi viral marketing diatas, Jika diuraikan akan menjadi sebagai berikut:
  1. Viral marketing adalah salah satu strategi mengkomunikasikan suatu produk, Jadi viral marketing ini merupakan salah satu strategi dari memasarkan produk, Yaitu berupa usaha untuk mengenalkan suatu produk kepada masyarakat. Apa hanya mengenalkan?, tentu tidak, Karena hasil akhir yang diharapkan tetap pada terjadinya penjualan suatu produk baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.                                                                                                                                                                                                                                                               Apa itu strategi?, Baca lebih lanjuta pada artikel dibawah ini;                                                               *  Definisi Strategi Secara Umum.                                                                                                                         
  2. Viral marketing dijalankan melalui proses penyebaran pesan elektronik, Jadi dalam prakteknya, Informasi suatu produk atau promosi produk memang sengaja disebarkan melalui pesan elektronik yang menarik, Mudah diingat serta bisa menggugah minat orang. Dan penyebarannya melalui media yang mudah diakses orang banyak , Mempunyai jaringan yang luas serta didukung waktu dan lingkungan yang tepat. 
  3. Dalam viral marketing, Pesan elektronik yang disebarkan akan disisipi dengan informasi atau penawaran produk. Jadi pada dasarnya promosi dilakukan melalui cara diselipkan pada pesan elektronik yang disebarkan kepada masyarakat.
  4. Informasi suatu produk yang diselipkan dalam pesan elektronik disebarkan kepada masyarakat luas dan diharapkan akan berkembang secara meluas seperti halnya perkembangan suatu virus. Hal ini bisa terjadi karena pesan yang disampaikan mudah ingat, Menarik dan bisa menggugah orang lain untuk mengikuti dan menyebarkannya kembali.
Berdasarkan uraian dari arti viral marketing diatas, Jika dijabarkan berdasarkan kalimat pembentuknya akan terlihat sebagai berikut:
  1. Viral marketing adalah salah satu bagian dari strategi pemasaran, Yaitu strategi penjualan.
  2. Viral marketing dijalankan melalui proses penyebaran pesan elektronik.
  3. Viral marketing bekerja dengan cara menyisipkan informasi atau penawaran suatu produk dalam sebuah pesan elektronik.
  4. Viral marketing dilaksanakan dengan cara menyebarkan kepada masyarakat luas yang diharapkan akan berkembang lebih luas.
Dari uraian tentang viral marketing diatas terlihat bahwa agar terjadi kegiatan pemasaran viral harus memenuhi beberapa syarat: 
  1. Ada pesan elektronik.
  2. Ada media sebagi saluran penyebaran pesan.
  3. Ada orang yang menyebarkan pesan.
  4. Ada orang yang menerima pesan sekaligus akan menyebarkan kembali kepada orang lain.
Demikian tadi artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema definisi viral marketing serta syarat terjadinya viral marketing. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Baca juga artikel marketing menarik lainnya dibawah ini.

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral barang sisa lebaran

Cara Menghitung Jumlah Maksimal Retur Penjualan Ideal Berdasar Harga Pokok Penjualan

Seperti telah disebutkan pada posting sebelumnya, Bahwa dalam menentukan jumlah maksimal retur menggunakan dasar penentuan jumlah dan persentase retur ideal. Salah satu dasar penentuan atau batasan jumlah atau persentase retur penjualan yang ideal adalah dengan berdasar harga pokok penjualan barang.  Apa saja dasar dalam menentukan batasan retur ideal?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini; *   dasar penentuan jumlah dan persentase retur idea l Disini harga pokok penjualan digunakan sebagai rambu-rambu untuk memberikan kebijakan batasan jumlah maksimal retur.  penjualan agar tidak  berpengaruh negatif atau menimbulkan kerugian pada perusahaan. Agar penentuan batasan jumlah maksimal retur tidak merugikan perusahaan, Tentunya perlu dilakukan perhitungan yang matang dan benar agar memberikan hasil yang optimal. Dan perhitungan dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain akan cenderung berbeda, Hal ini disebabkan karena perbedaan kebijakan biaya yang berhubu