Langsung ke konten utama

Definisi Internet Marketing

+Definisi atau pengertian dan arti internet marketing
Internet Marketing, Kedua kata ini mungkin sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa internet marketing ada?. Hal ini terjadi karena perkembangan jaman yang diikuti dengan perkembangan tehnologi informasi canggih. Dan ini memacu terciptanya exspansi kearah kreatifitas marketing yang mengakibatkan berkembangnya pola pemasaran atau strategi marketing searah perkembangan tehnologi informasi yang terjadi.

Bukan rahasia lagi jika perkembangan tehnologi informasi yang saat ini sedang digandrungi adalah internet, Kenapa demikian?, Karena internet mampu menyediakan hampir semua informasi terbaru yang dibutuhkan oleh Masyarakat. Kalau kita bicara tentang jumlah pengguna internet, Dalam hati kita akan mengatakan jumlahnya sudah banyak sekali.

Berdasarkan hal diatas, Tentu setiap pelaku bisnis atau usaha akan memanfaatkan media ini untuk menginformasikan produk dan usahanya kepada khalayak umum khususnya pengguna internet. Karena dengan memanfaatkan media internet yang sudah digunakan oleh banyak orang, Pengusaha atau pebisnis mempunyai harapan besar pada peningkatan usahanya, Baik peningkatan pada penjualan maupun peningkatan berupa semakin terkenalnya merek yang dimiliki. Dan ini tidak terbatas hanya pada usaha atau bisnis online saja, Namun juga untuk usaha offline. Strategi marketing atau pemasaran inilah yang sering disebut internet marketing.

Apa itu internet marketing?, Mungkin ini akan menjadi pertanyaan oleh beberapa atau mungkin banyak orang yang belum mengenal internet marketing. Dari uraian diatas sedikit banyak sudah bisa disimpulkan pengertian internet marketing. 

Selama ini mungkin masih ada pemahaman tentang internet marketing sebagai jualan atau menjual melalui internet, Sebenarnya itu tidaklah salah, Namun jika kita kembali membaca definisi atau pengertian penjualan, Kita akan tahu bahwa cakupan marketing lebih luas jika dibandingkan dengan penjualan. Coba Saudara kunjungi artikel dibawah ini;

    >  Definisi Penjualan dan Penjabarannya
    >  Definisi Marketing Secara Umum
    >  Definisi Penjualan Online

Lalu apa arti internet marketing?, Dari sedikit uraian diatas, Jika dirangkum akan ditemukan pengertian atau definisi internet marketing.
Internet marketing adalah: Kegiatan atau aktivitas pemasaran produk dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan  jaringan internet.

Kegiatan pemasaran atau kegiatan marketing meliputi;
  1. Kegiatan terciptanya produk.
  2. Kegiatan mengkomunikasikan produk.
  3. Kegiatan pendistribusian produk.
Dari kegiatan internet marketing diatas, Tentu akan timbul pertanyaan pada poin kegiatan menciptakan produk dan pendistribusian produk. Kalau dari segi mengkomunikasikan produk tentu sudah kita ketahui bagaimana internet difungsikan, Hal ini dalam bentuk iklan atau promosi online. Apa itu iklan online?, Saudara bisa baca artikel berikut;

     > Definisi Iklan Online atau Online Advertising

Lalu bagaimana dengan kegiatan menciptakan produk pada internet marketing?, Pengertian menciptakan produk bukan sekedar membuat produk dipabrik, Namun lebih luas, Yaitu meliputi ide apa produk yang kan dibuat. Kalau bicara ide produk, Kita akan mencari informasi produk apa yang laku, informasi produk pesaing, Harga produk serupa dipasaran, Bahan mana yang tepat, Dan masih banyak lagi. Untuk hal ini produsen bisa mendapatkan informasi dari internet.  Disini dapat kita lihat pentingnya internet marketing bagi pengusaha atau pebisnis.

Sedangkan pada kegiatan pendistribusian barang, Untuk contoh yang sederhana Internet akan berfungsi pada saat produsen atau pembeli ingin mengetahui beberapa hal sebagai berikut lebih cepat;
  1. Biaya kirim ( Untuk awal pengiriman atau saat ada perubahan tarif biaya kirim ).
  2. Mengecek posisi barang yang dikirim.
Karena pengguna internet bisa mengunjungi web atau situs jasa ekspedisi untuk mendapatkan informasi diatas.

Selain hubungannya dengan pengiriman barang, Dalam hal pendistribusian barang, Produsen juga bisa mencari dan menemukan informasi tentang saluran distribusi yang akan digunakan. Misalnya mencari daftar grosir untuk produk yang tepat melalui internet.

Internet merupakan perkembangan tehnologi informasi, Dimana dengan internet orang akan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Sehinggan pengguna internet semakin meningkat, Hal ini dimanfaatkan oleh pengusaha atau pebisnis untuk mengkomunikasikan produk serta usahanya. Inilah disebut internet marketing, Dimana kegiatan marketing atau pemasaran dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung kejaringan internet. Demikian artikel tentang definisi internet marketing atau pengertian internet marketing, Semoga bermanfaat.
+Marketing magazine
+Guru Marketing

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral barang sisa lebaran

Cara Menghitung Jumlah Maksimal Retur Penjualan Ideal Berdasar Harga Pokok Penjualan

Seperti telah disebutkan pada posting sebelumnya, Bahwa dalam menentukan jumlah maksimal retur menggunakan dasar penentuan jumlah dan persentase retur ideal. Salah satu dasar penentuan atau batasan jumlah atau persentase retur penjualan yang ideal adalah dengan berdasar harga pokok penjualan barang.  Apa saja dasar dalam menentukan batasan retur ideal?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini; *   dasar penentuan jumlah dan persentase retur idea l Disini harga pokok penjualan digunakan sebagai rambu-rambu untuk memberikan kebijakan batasan jumlah maksimal retur.  penjualan agar tidak  berpengaruh negatif atau menimbulkan kerugian pada perusahaan. Agar penentuan batasan jumlah maksimal retur tidak merugikan perusahaan, Tentunya perlu dilakukan perhitungan yang matang dan benar agar memberikan hasil yang optimal. Dan perhitungan dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain akan cenderung berbeda, Hal ini disebabkan karena perbedaan kebijakan biaya yang berhubu