Langsung ke konten utama

Konten Marketing ( Definisi, Bentuk dan Syarat Sukses Conten Pemasaran )

+Definisi atau pengertian konten marketing, +bentuk conten marketing, +Syarat konten marketing yang baik, +Tujuan konten marketing atau pemasaran
Seiring perkembangan Jaman, Berkembang pula pemikiran manusia. Tidak terkecuali dalam dunia Marketing. Banyak pemikiran dalam bentuk ide atau gagasan kreatif serta inovatif dari Marketer agar bisa sukses atau memenangkan persaingan pasar. Salah satunya adalah dengan terciptanya Konten Marketing atau dalam bahasa inggris Content Marketing. Tidak salah jika ada yang menuliskan bahwa teknik ini menjadi trend didunia pemasaran pada saat sekarang.

Konten marketing, Atau juga bisa disebut pemasaran dengan konten. Dan ini bisa ditemuai hampir pada banyak media. Namun saat ini konten marketing lebih populer pada penjualan online, Dan lebih sering pula dihubungkan dengan sosial media online. Walaupun demikian, Sebetulnya conten marketing banyak ditemuai diluar media online. 

Pemasaran dengan konten atau pemasaran konten?, Kalau Go Klaten Jualan Go akan menyebut pemasaran dengan konten, Kenapa?, Karena konten pemasaran atau content marketing lebih cenderung menggunakan konten berkualitas yang menarik  untuk mempengaruhi calon konsumen dan bukan memasarkan konten itu sendiri. 

Apa itu konten marketing?
Kalau kita mencari definisi konten marketing dari beberapa sumber, Tentu kita akan mendapatkan beberapa definisi atau pengertian konten marketing yang tidak sama namun mempunyai dasar pengertian yang sama. Untuk itu  pada artikel marketing ini saya akan menuliskan definisi konten marketing secara umum. 

Definisi Konten Marketing beserta uraiannya
Konten marketing adalah : Salah satu kegiatan marketing melalui penciptaan dan penyebaran konten menarik , Relevan serta bermanfaat menggunakan media untuk menarik perhatian calon konsumen dengan menyertakan unsur promosi yang tidak mencolok dalam rangka untuk mencapai tujuan.

Uraian dari definisi atau pengertian content marketing diatas adalah sebagai berikut:
Konten marketing adalah Salah satu kegiatan marketing, Yaitu kegiatan penjualan, Dimana dalam konten marketing terkandung unsur menarik atau mempengaruhi yang merupakan kegiatan dari menjual.

Untuk mengenal kegitan-kegiatan dari penjualan lebih rinci, Saudara bisa kunjungi artikel dibawah ini;

*  Definisi Penjualan dan Penjabarannya.

Content marketing dibuat melalui penciptaan konten yang menarik, Relevan dan bermanfaat. Jadi kegiatan penjualan dilakukan dengan cara menciptakan konten menarik, Relevan dan bermanfaat. 
  1. Menarik : Bahwa konten yang dibuat harus mempunyai daya tarik bagi calon konsumen agar mau membaca, Melihat dan atau mendengar.
  2. Bermanfaat : Bahwa konten yang dibuat harus bisa memberikan manfaat atau nilai lebih bagi calon konsumen. Manfaat bisa berupa tambahan ilmu dan pengetahuan serta bisa menghibur.
  3. Relevan : Bahwa konten yang dibuat harus mempunyai hubungan dengan produk atau usaha yang akan diinformasikan ( Dijual ). Jika kita ingin menginformasikan atau menjual baju, Hendaknya membuat konten yang membahas hal-hal yang berhubungan dengan baju atau pakaian.
Content marketing disebarkan melalui media,  Dimana setelah membuat konten, Agar konten marketing bisa dibaca, Dilihat serta disaksikan oleh calon konsumen, Maka perlu disebarluaskan melalui media yang mempunyai peluang besar untuk bisa mencapai target.

Conten marketing diciptakan untuk menarik perhatian calon konsumen, Setelah konten disebarkan harapan kita adalah bahwa konten akan dibaca, Dilihat dan atau didengarkan, Sehingga pesan promosi tidak mencolok yang terkandung dalam konten akan sampai pada target. Target disini adalah calon pembeli yang sudah ada maupun calon pembeli potensial.

Dalam conten marketing terkandung unsur promosi yang tidak mencolok, Bahwa dalam konten marketing yang dibuat, akan terselip unsur promosi yang tidak mencolok. Hal ini terjadi karena promosi telah disamarkan dalam konten relevan yang menarik, Bermanfaat serta menghibur.

Content marketing dibuat untuk mencapai tujuan, Apa saja tujuan yang diharapkan setelah calon konsumen membaca konten marketing yang disebarkan.
  1. Calon konsumen akan mengenal merek atau identitas usaha yang diinformasikan.
  2. Calon konsumen akan mengenal lebih jauh produk yang diinformasikan.
  3. Calon konsumen akan tertarik dengan produk yang diinformasikan.
  4. Akan terjadi pembelian produk.
Setelah kita mengenal definisi atau pengertian konten marketing beserta uraiannya, Selanjutnya mari kita mengenal bentuk-bentuk dari conten pemasaran. 

Bentuk dari konten marketing
  1. Teks
  2. Audio
  3. Video
Apa syarat agar konten marketing yang dibuat bisa sukses?
  1. Konten harus bisa memberi inspirasi.
  2. Konten harus bisa menghibur.
  3. Konten harus menarik minat.
  4. Konten bisa memberi solusi untuk pemecahan suatu masalah tertentu.
  5. Unsur promosi yang dimasukkan dalam konten harus bisa menyerupai konten yang dibuat.


Konten marketing merupakan salah satu kegiatan marketing, Yaitu kegiatan penjualan.

Untuk mengenal kegiatan-kegiatan marketing lebih rinci, Saudara bisa baca artikel dibawah ini;

*  Definisi Marketing atau Pemasaran Secara Umum

Demikian artikel marketing dengan tema definisi Konten marketing, Bentuk konten marketing dan Syarar isi konten marketing. Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya dibawah ini;

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberapa tempat.