Seiring perkembangan Jaman, Berkembang pula pemikiran manusia. Tidak terkecuali dalam dunia Marketing. Banyak pemikiran dalam bentuk ide atau gagasan kreatif serta inovatif dari Marketer agar bisa sukses atau memenangkan persaingan pasar. Salah satunya adalah dengan terciptanya Konten Marketing atau dalam bahasa inggris Content Marketing. Tidak salah jika ada yang menuliskan bahwa teknik ini menjadi trend didunia pemasaran pada saat sekarang.
Konten marketing, Atau juga bisa disebut pemasaran dengan konten. Dan ini bisa ditemuai hampir pada banyak media. Namun saat ini konten marketing lebih populer pada penjualan online, Dan lebih sering pula dihubungkan dengan sosial media online. Walaupun demikian, Sebetulnya conten marketing banyak ditemuai diluar media online.
Pemasaran dengan konten atau pemasaran konten?, Kalau Go Klaten Jualan Go akan menyebut pemasaran dengan konten, Kenapa?, Karena konten pemasaran atau content marketing lebih cenderung menggunakan konten berkualitas yang menarik untuk mempengaruhi calon konsumen dan bukan memasarkan konten itu sendiri.
Apa itu konten marketing?
Kalau kita mencari definisi konten marketing dari beberapa sumber, Tentu kita akan mendapatkan beberapa definisi atau pengertian konten marketing yang tidak sama namun mempunyai dasar pengertian yang sama. Untuk itu pada artikel marketing ini saya akan menuliskan definisi konten marketing secara umum.
Definisi Konten Marketing beserta uraiannya
Konten marketing adalah : Salah satu kegiatan marketing melalui penciptaan dan penyebaran konten menarik , Relevan serta bermanfaat menggunakan media untuk menarik perhatian calon konsumen dengan menyertakan unsur promosi yang tidak mencolok dalam rangka untuk mencapai tujuan.
Uraian dari definisi atau pengertian content marketing diatas adalah sebagai berikut:
Konten marketing adalah Salah satu kegiatan marketing, Yaitu kegiatan penjualan, Dimana dalam konten marketing terkandung unsur menarik atau mempengaruhi yang merupakan kegiatan dari menjual.
Untuk mengenal kegitan-kegiatan dari penjualan lebih rinci, Saudara bisa kunjungi artikel dibawah ini;
* Definisi Penjualan dan Penjabarannya.
Untuk mengenal kegitan-kegiatan dari penjualan lebih rinci, Saudara bisa kunjungi artikel dibawah ini;
* Definisi Penjualan dan Penjabarannya.
Content marketing dibuat melalui penciptaan konten yang menarik, Relevan dan bermanfaat. Jadi kegiatan penjualan dilakukan dengan cara menciptakan konten menarik, Relevan dan bermanfaat.
- Menarik : Bahwa konten yang dibuat harus mempunyai daya tarik bagi calon konsumen agar mau membaca, Melihat dan atau mendengar.
- Bermanfaat : Bahwa konten yang dibuat harus bisa memberikan manfaat atau nilai lebih bagi calon konsumen. Manfaat bisa berupa tambahan ilmu dan pengetahuan serta bisa menghibur.
- Relevan : Bahwa konten yang dibuat harus mempunyai hubungan dengan produk atau usaha yang akan diinformasikan ( Dijual ). Jika kita ingin menginformasikan atau menjual baju, Hendaknya membuat konten yang membahas hal-hal yang berhubungan dengan baju atau pakaian.
Content marketing disebarkan melalui media, Dimana setelah membuat konten, Agar konten marketing bisa dibaca, Dilihat serta disaksikan oleh calon konsumen, Maka perlu disebarluaskan melalui media yang mempunyai peluang besar untuk bisa mencapai target.
Conten marketing diciptakan untuk menarik perhatian calon konsumen, Setelah konten disebarkan harapan kita adalah bahwa konten akan dibaca, Dilihat dan atau didengarkan, Sehingga pesan promosi tidak mencolok yang terkandung dalam konten akan sampai pada target. Target disini adalah calon pembeli yang sudah ada maupun calon pembeli potensial.
Dalam conten marketing terkandung unsur promosi yang tidak mencolok, Bahwa dalam konten marketing yang dibuat, akan terselip unsur promosi yang tidak mencolok. Hal ini terjadi karena promosi telah disamarkan dalam konten relevan yang menarik, Bermanfaat serta menghibur.
Content marketing dibuat untuk mencapai tujuan, Apa saja tujuan yang diharapkan setelah calon konsumen membaca konten marketing yang disebarkan.
- Calon konsumen akan mengenal merek atau identitas usaha yang diinformasikan.
- Calon konsumen akan mengenal lebih jauh produk yang diinformasikan.
- Calon konsumen akan tertarik dengan produk yang diinformasikan.
- Akan terjadi pembelian produk.
Setelah kita mengenal definisi atau pengertian konten marketing beserta uraiannya, Selanjutnya mari kita mengenal bentuk-bentuk dari conten pemasaran.
Bentuk dari konten marketing
- Teks
- Audio
- Video
Apa syarat agar konten marketing yang dibuat bisa sukses?
- Konten harus bisa memberi inspirasi.
- Konten harus bisa menghibur.
- Konten harus menarik minat.
- Konten bisa memberi solusi untuk pemecahan suatu masalah tertentu.
- Unsur promosi yang dimasukkan dalam konten harus bisa menyerupai konten yang dibuat.
Konten marketing merupakan salah satu kegiatan marketing, Yaitu kegiatan penjualan.
Untuk mengenal kegiatan-kegiatan marketing lebih rinci, Saudara bisa baca artikel dibawah ini;
* Definisi Marketing atau Pemasaran Secara Umum.
Untuk mengenal kegiatan-kegiatan marketing lebih rinci, Saudara bisa baca artikel dibawah ini;
* Definisi Marketing atau Pemasaran Secara Umum.
Demikian artikel marketing dengan tema definisi Konten marketing, Bentuk konten marketing dan Syarar isi konten marketing. Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya dibawah ini;