Langsung ke konten utama

Strategi Promosi Pada Bulan Ramadhan

Promosi bisa dilakukan hampir pada setiap momen penting yang terjadi di Masyarakat. Karena pada dasarnya momen penting yang terjadi akan selalu menjadi pusat perhatian. Salah satu momen tersebut adalah pada bulan Ramadhan atau disebut bulan puasa. Pada momen besar ini, Kita sebagai pemasar tentu akan bisa melakukan usaha promosi yang efektif. Untuk hal ini, Tentu diperlukan strategi promosi yang baik dan tepat.

Strategi promosi seperti apa yang bisa kita jalankan pada momen bulan puasa atau Bulan Ramadhan ini?. Sebetulnya banyak sekali strategi yang bisa dilakukan dalam menjalankan kampanye produk atau usaha agar dikenal oleh masyarakat. Salah satunya memasang iklan atau promosi pada benda berisi informasi yang dibutuhkan atau bahkan sering dicari oleh Umat muslim yang menjalankan Ibadah Puasa.

Kalau kita bicara benda berisi informasi yang sering dicari oleh umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, Tentu kita akan bisa menemukan banyak sekali. Dan salah satunya adalah jadwal puasa Ramadhan. Diakui apa tidak, Tidak sedikit umat muslim mencari jadwal puasa Ramadhan. Baik itu berupa selebaran maupun informasi jadwal puasa secara online. Hal ini tentu merupakan salah satu media promosi yang bisa dibilang sangat efektif.

Untuk melakukan iklan promosi dengan media ini, Tentu diperlukan strategi yang baik dan tepat agar usaha kampanye atau publikasi bisa optimal. Bagaimana strategi promosi dengan media yang mengandung informasi jadwal puasa?.

Ada dua strategi promosi atau cara iklan promosi yang bisa kita tempuh, Strategi promosi tersebut adalah sebagai berikut.

Pertama
Kita bekerjasama dengan pihak yang membuat dan mengeluarkan jadwal puasa. Dalam hal ini, Tentu ada hal-hal yang harus disepakati oleh kedua belah pihak.

Kedua
Secara sukarela membuat sendiri selebaran jadwal puasa, Hal ini tentu biaya pembuatan selebaran atau media promosi ditanggung sendiri. Setelah itu bagikan kepada masyarakat umum atau taruh di masjid umum.

+Cara strategi iklan promosi pada media promosi bertarget
Jadwal Puasa
Setelah kedua hal diatas dilakukan, Tentu permasalahan selanjutnya adalah bagaimana kita melakukan promosi atau iklan pada media diatas. Untuk hal ini, Tentu ada beberapa strategi promosi yang bisa dilakukan. Dalam hal ini, Strategi promosi lebih cenderung mengarah pada penempatan iklan atau promosi pada media promosi ( Selebaran jadwal Puasa ). 

Kalau kita melihat gambar jadwal puasa disamping, Dimana terdiri dari informasi waktu Imsak, Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya' dan tanggal atau jumlah hari. Dari beberapa sub informasi tersebut, Jadwal waktu Imsak dan Maghrib biasanya akan lebih sering dilihat. 

Dimana kita akan memasang iklan atau promosi?. Tentu pada bagian yang sering dilihat atau pada bagian strategis dari selebaran jadwal puasa tersebut. pada gambar jadwal puasa disamping, Penempatan iklan promosi pada bagian berwarna kuning akan jauh lebih terlihat. Dan akan lebih sering dilihat jika digunakan sebagai background pada kop atau header selebaran. Kalau melihat gambar disamping, Area dengan tanda  telunjuk jari merupakan area penting dan strategis dalam memasang iklan atau promosi.

Bagian atas merupakan pusat perhatian pertama saat orang menerima atau mengambil selebaran jadwal puasa. Kenapa demikian?, Karena orang akan cenderung meyakinkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum melihat informasi dari sub info yang ada. Ini dilakukan untuk mengecek informasi jadwal puasa tersebut efektif digunakan untuk tahun berapa. 

Agar iklan promosi lebih diperhatikan, Gunakan warna kontras untuk iklan atau promosi yang dipasang. Hal ini dilakukan agar iklan yang dipasang terlihat menonjol karena perbedaan warna yang dilihat orang. 

Kapan selebaran jadwal puasa ini  dibagikan?, Sebetulnya bisa dibagikan pada hampir semua hari pada Bulan Ramadhan. Namun akan lebih baik dan mempunyai fungsi yang lama jika selebaran jadwal puasa ini dibagikan sebelum masuk bulan puasa. 

Selain dengan selebaran jadwal puasa yang dibagikan langsung kepada Masyarakat, Cara atau strategi promosi ini juga bisa dilakukan melalui media online. Karena tidak sedikit umat muslim akan mencari informasi jadwal puasa melalui jaringan internet. 

Produk apa saja yang bisa di iklankan atau di promosikan pada media selebaran jadwal puasa ini?. Sebetulnya hampir semua produk bisa di iklankan, Asalkan produk tersebut halal untuk dimanfaatkan oleh umat Muslim. Walaupun demikian, Produk-produk yang dibutuhkan Umat Muslim saat puasa atau lebaran akan cenderung optimal. Misal baju muslim, Jilbab, Baju lebaran, Kue lebaran, Kurma dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang iklan promosi dari Go Klaten Jualan Go dengan tema Strategi promosi efektif pada bulan Ramadhan atau bulan puasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara biasa kunjungi artikel tentang iklan promosi menarik lainnya dibawah ini.


Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...