Promosi bisa dilakukan hampir pada setiap momen penting yang terjadi di Masyarakat. Karena pada dasarnya momen penting yang terjadi akan selalu menjadi pusat perhatian. Salah satu momen tersebut adalah pada bulan Ramadhan atau disebut bulan puasa. Pada momen besar ini, Kita sebagai pemasar tentu akan bisa melakukan usaha promosi yang efektif. Untuk hal ini, Tentu diperlukan strategi promosi yang baik dan tepat.
Strategi promosi seperti apa yang bisa kita jalankan pada momen bulan puasa atau Bulan Ramadhan ini?. Sebetulnya banyak sekali strategi yang bisa dilakukan dalam menjalankan kampanye produk atau usaha agar dikenal oleh masyarakat. Salah satunya memasang iklan atau promosi pada benda berisi informasi yang dibutuhkan atau bahkan sering dicari oleh Umat muslim yang menjalankan Ibadah Puasa.
Kalau kita bicara benda berisi informasi yang sering dicari oleh umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, Tentu kita akan bisa menemukan banyak sekali. Dan salah satunya adalah jadwal puasa Ramadhan. Diakui apa tidak, Tidak sedikit umat muslim mencari jadwal puasa Ramadhan. Baik itu berupa selebaran maupun informasi jadwal puasa secara online. Hal ini tentu merupakan salah satu media promosi yang bisa dibilang sangat efektif.
Untuk melakukan iklan promosi dengan media ini, Tentu diperlukan strategi yang baik dan tepat agar usaha kampanye atau publikasi bisa optimal. Bagaimana strategi promosi dengan media yang mengandung informasi jadwal puasa?.
Ada dua strategi promosi atau cara iklan promosi yang bisa kita tempuh, Strategi promosi tersebut adalah sebagai berikut.
Pertama
Kita bekerjasama dengan pihak yang membuat dan mengeluarkan jadwal puasa. Dalam hal ini, Tentu ada hal-hal yang harus disepakati oleh kedua belah pihak.
Kedua
Secara sukarela membuat sendiri selebaran jadwal puasa, Hal ini tentu biaya pembuatan selebaran atau media promosi ditanggung sendiri. Setelah itu bagikan kepada masyarakat umum atau taruh di masjid umum.
Jadwal Puasa |
Setelah kedua hal diatas dilakukan, Tentu permasalahan selanjutnya adalah bagaimana kita melakukan promosi atau iklan pada media diatas. Untuk hal ini, Tentu ada beberapa strategi promosi yang bisa dilakukan. Dalam hal ini, Strategi promosi lebih cenderung mengarah pada penempatan iklan atau promosi pada media promosi ( Selebaran jadwal Puasa ).
Kalau kita melihat gambar jadwal puasa disamping, Dimana terdiri dari informasi waktu Imsak, Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya' dan tanggal atau jumlah hari. Dari beberapa sub informasi tersebut, Jadwal waktu Imsak dan Maghrib biasanya akan lebih sering dilihat.
Dimana kita akan memasang iklan atau promosi?. Tentu pada bagian yang sering dilihat atau pada bagian strategis dari selebaran jadwal puasa tersebut. pada gambar jadwal puasa disamping, Penempatan iklan promosi pada bagian berwarna kuning akan jauh lebih terlihat. Dan akan lebih sering dilihat jika digunakan sebagai background pada kop atau header selebaran. Kalau melihat gambar disamping, Area dengan tanda telunjuk jari merupakan area penting dan strategis dalam memasang iklan atau promosi.
Bagian atas merupakan pusat perhatian pertama saat orang menerima atau mengambil selebaran jadwal puasa. Kenapa demikian?, Karena orang akan cenderung meyakinkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum melihat informasi dari sub info yang ada. Ini dilakukan untuk mengecek informasi jadwal puasa tersebut efektif digunakan untuk tahun berapa.
Agar iklan promosi lebih diperhatikan, Gunakan warna kontras untuk iklan atau promosi yang dipasang. Hal ini dilakukan agar iklan yang dipasang terlihat menonjol karena perbedaan warna yang dilihat orang.
Kapan selebaran jadwal puasa ini dibagikan?, Sebetulnya bisa dibagikan pada hampir semua hari pada Bulan Ramadhan. Namun akan lebih baik dan mempunyai fungsi yang lama jika selebaran jadwal puasa ini dibagikan sebelum masuk bulan puasa.
Selain dengan selebaran jadwal puasa yang dibagikan langsung kepada Masyarakat, Cara atau strategi promosi ini juga bisa dilakukan melalui media online. Karena tidak sedikit umat muslim akan mencari informasi jadwal puasa melalui jaringan internet.
Produk apa saja yang bisa di iklankan atau di promosikan pada media selebaran jadwal puasa ini?. Sebetulnya hampir semua produk bisa di iklankan, Asalkan produk tersebut halal untuk dimanfaatkan oleh umat Muslim. Walaupun demikian, Produk-produk yang dibutuhkan Umat Muslim saat puasa atau lebaran akan cenderung optimal. Misal baju muslim, Jilbab, Baju lebaran, Kue lebaran, Kurma dan lain sebagainya.
Demikian artikel tentang iklan promosi dari Go Klaten Jualan Go dengan tema Strategi promosi efektif pada bulan Ramadhan atau bulan puasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara biasa kunjungi artikel tentang iklan promosi menarik lainnya dibawah ini.
* Strategi Promosi Pada Momen Valentin Untuk Produk Remaja
* Cara Promosi Efektif Efisien Dan Bermanfaat Bagi Pengguna Jalan
* Cara Promosi Efektif Efisien Dan Bermanfaat Bagi Pengguna Jalan