Langsung ke konten utama

Penyebab Persaingan Harga Tidak Sehat Pada Agen Penjualan Baju Muslim

+Penyebab timbulnya persaingan harga tidak sehat pada sistem agen busana muslim
Penyebab Harga Rusak
Sebagian dari kita tentu sudah mengenal yang namanya agen penjualan, Banyak sekali macam dan bentuk agen penjualan, Salah satunya adalah agen penjualan busana muslim atau baju muslim. Sistem penjualan busana muslim keagenan ini sudah berjalan lama, Dan kadang disebut jaringan penjualan muslim.

Banyak cara untuk memotivasi agen penjualan yang telah dijalankan oleh produsen busana muslim. Salah satunya dengan pengumpulan poin. Cara ini memang sangat ampuh untuk memotivasi agen penjualan. Karena sistem poin ini akan memberikan hadiah atau reward ( Penghargaan ) jika mampu mencapai jumlah poin tertentu.

Poin ditentukan dengan batasan jumlah omset penjualan tertentu. Jadi, Untuk mendapatkan poin seorang agen penjualan busana muslim harus bisa mencapai batasan omset yang telah ditentukan oleh produsen.

Dengan adanya reward atau hadiah, Maka agen busana muslim akan melakukan usaha seoptimal mungkin untuk bisa mencapai batasan omset yang telah ditentukan. Dari sinilah akan ada kemungkinan muncul persaingan harga antar agen baju muslim. Dan tidak jarang persaingan harga ini mengarah pada persaingan harga yang tidak sehat.

Saat kondisi seperti ini, Dimana agen mempunyai target sendiri untuk mendapat hadiah atau reward, Tidak menutup kemungkinan akan menggunakan cara yang bisa dibilang kurang baik. Karena pikiran agen bukan pada penjualan dengan keuntungan dagang lagi, Melainkan mengejar hadiah yang dipandang lebih menarik.

Selama saya bekerja sebagai sales marketing baju, Tidak jarang saya mendengar keluhan agen akan harga agen lain yang lebih murah. Yang lebih parah lagi, Agen lain ini masuk ke area keagenan lain. Dan ini tentu akan merugikan agen lain yang punya wilayah. 

Dengan adanya kejadian masuknya agen lain dengan harga lebih murah, tentu agen pemilik wilayah tidak akan diam saja, Terkadang agen pemilik wilayah akan melakukan hal yang sama terhadap agen lainnya. Inilah bisnis, Siapa yang bisa bermain di pasaran akan menang. Jika hal ini terjadi, Maka persaingan harga tidak sehat sudah mulai di kumandangkan antar agen busana.

Bagaimana dengan proteksi area keagenan?, Dalam usaha keagenan busana muslim, Kadang proteksi area pemasaran sudah tidak diperhatikan lagi. Dan untuk melakukan aturan tentang proteksi area sendiri tidaklah mudah. Sudahkah Saudara menemukan proteksi area keagenan busana muslim yang bisa dijalankan dengan sempurna?. Kalau saya pribadi akan menjawab belum menemukan.

Jadi persaingan harga tidak sehat di pasaran bisa muncul karena adanya reward atau hadiah dengan sistem poin. Dengan logika diatas, Dimana sebagian agen akan berorientasi pada hadiah yang akan diterima, Maka agen bersangkutan akan melakukan segala upaya untuk bisa mencapai. Salah satu upaya adalah dengan menjual produk dibawah harga agen lain. Dan tidak cukup disitu saja, Agen juga akan masuk ke area keagenan lain. Hal ini tidak menutup kemungkinan agen wilayah yang diganggu akan melakukan hal yang sama. Lalu apa yang terjadi?, Perang harga pasar yang tidak sehat. Apakah ini pernah terjadi?, Jawabannya sangat sering.

Dengan adanya kejadian diatas, Tidak jarang agen penjualan akan mundur dan mencari produk lain yang tidak menggunakan sistem reward atau hadiah. Hal ini dianggap lebih jauh dari kemungkinan persaingan yang tidak sehat antar agen. Selain mundurnya agen, Tidak jarang ada agen yang mati perlahan karena kalah bersaing.

Demikian artikel marketing penjualan dari Go Klaten Jualan Go dengan tema penyebab persaingan harga tidak sehat pada agen penjualan busana muslim. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara bisa kunjungi artikel marketing dan penjualan lainnya dibwah ini;

*  Pengaruh Kemasan Produk Terhadap Minat Konsumen
*  Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Variabel Marketing Harga ( Price )
*  Strategi Marketing Mix Produk Dan Harga Untuk Busana
*  Cara Membuat Konten Marketing Untuk Jualan Online Baju Wanita

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...