Langsung ke konten utama

Pengaruh Kemasan Produk Terhadap Minat Konsumen

+Pengaruh kemasan produk terhadap minat konsumen
Kalau kita bicara tentang marketing, Tentu kita tidak hanya terbatas bagaimana agar barang sampai ke tangan konsumen. Karena pada dasarnya marketing mempunyai artian yang lebih luas, Dimana marketing dimulai dari ide pembuatan produk sampai pada pelayanan purna jual. Untuk itu, Sebagai seorang marketer harus berbicara mulai dari ide produk sampai service purna jual.

Ide produk, Ini pun tidak akan terbatas pada produk apa yang akan dibuat. Melainkan akan lebih luas lagi bagaimana produk dibuat dan bahkan sampai bagaimana produk akan dibungkus atau dikemas agar produk yang dijual mempunyai daya pada kesan pertama saat konsumen melihat.

Dalam hal menarik perhatian konsumen, Kemasan produk akan sangat berperanan dalam usaha marketing. Karena kemasan produk akan menjadi hal pertama yang akan diperhatikan calon konsumen. Untuk itu, Memberi kesan pertama yang menarik kepada calon konsumen akan membuka peluang pada suatu produk untuk bisa terjual.

Dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat, Perhatian produsen kepada kemasan produk akan sangat membantu dalam usaha penjualan produk. Kenapa demikian, Misal Saudara akan mencari produk yang rata-rata menggunakan kemasan. Setelah Saudara masuk kedalam toko, Tentu Saudara akan melihat-lihat terleih dahulu. Dan tidak menutup kemungkinan pandangan Saudara akan tertuju pada sebuah produk dengan kemasan yang menarik buat Saudara. Setelah itu Saudara baru akan mencari informasi lain terkait produk.

Jika hal diatas terjadi, Maka peluang produk dengan kemasan yang menarik calon konsumen akan diprioritaskan untuk ditanyakan lebih lanjut pada pramuniaga toko. Misal produk memenuhi selera konsumen, Tentu akan terjadi transaksi.

Tertarik dengan kemasan produk dan menanyakan informasi produk diatas akan terjadi pada konsumen dewasa. Namun akan berbeda dengan konsumen anak-anak yang belum memahami fungsi dan kegunaan sebuah produk. Pada anak tersebut diatas, Kadang kemasan bisa membuat keputusan untuk memiliki suatu produk. Kalau sudah seperti ini, Kadang kita sebagai orang tua harus memenuhi keinginan tersebut. ( Dengan catatan tidak membahayakan anak )

Sebagai contoh pada produk mainan anak, Ini berdasarkan pengalaman saya mengantar anak saya yang berusia 4 tahun membeli mainan. Waktu itu kami berada pada salah satu toko mainan anak, Disitu anak saya melihat kemasan produk mainan anak dengan gambar robot. Karena anak saya suka dengan robot, Tanpa pikir panjang anak saya mengambil mainan anak tersebut. Memang gambar robot pada kemasan tersebut sangat menarik, Baik dari warna maupun desain gambarnya.

Setelah diambil, Mainan itu diberikan pada istri saya. Saudara tahu apa mainan itu?, Mainan itu adalah monopoli. Kami sebagai orang tahu sudah mengerti bahwa anak saya belum bisa memainkan permainan monopoli. Untuk itu kami berusaha melarang dan untuk mengganti mainan lainnya. Anak saya tidak mau. Namun kami tetap berusaha untuk menjelaskan kepada anak saya bahwa yang didalam kardus tersebut bukan mainan robot.

Karena anak saya tetap ngotot untuk memiliki mainan tersebut ( Karena kemasan produknya ), Kami tetap belum putus asa untuk meyakinkan anak saya. Selanjutnya kami menemuai pemilik untuk minta ijin sekaligus minta tolong untuk dibukakan kemasan tersebut. Namun sebelumnya kami sudah sampaikan kenapa kami minta untuk hal ini.

akhirnya pemilik toko membuka kemasan mainan monopoli dimaksud dan memperlihatkan kepada anak saya bahwa isinya berupa gambar, Uang-uangan, Dan beberapa benda lainnya yang mendukung dalam permainan monopoli. Selain itu, Pemilik toko juga ikut menjelaskan kepada anak agar yakin bahwa mainan ini bukan robot dan mengarahkan pada permainan lain yang dipandang lebih tepat.

Setelah dijelaskan oleh pemilik toko apakah anak saya mau mengganti dengan mainan lain?, Ternyata tidak, Dan bahkan menangis untuk tetap membeli gambar robot dan uang-uangan yang ada didalam kemasan mainan monopoli. Perlu dicatat, Setelah dijelaskan anak saya tidak lagi bilang beli mainan robot, Tapi gambar robot dan uang-uangan. 

Dengan terpaksa kami membeli mainan tersebut karena kesan pertama pada kemasan produk yang menarik buah hati saya. Setelah itu kami pulang, Anak saya terlihat sangat senang. Sesampai dirumah, Mainan dibuka dan anak saya hanya memainkan uang-uangan yang ada didalamnya diatas gambar robot pada kemasan produk mainan tersebut.

Demikian artikel marketing dan penjualan dari Go Klaten Jualan Go dengan tema pengaruh kemasan produk terhadap minat konsumen beserta salah satu kasus yang saya alami. Semoga artikel ini menarik bermanfaat bagi kita semua. Saudara bisa kunjungi artikel menarik lainnya dibawah ini;


Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Kalimat Promosi Jual hp Second atau Handphone Bekas Yang Trend

Promosi merupakan salah satu roh dari martketing dalam usaha menginformasikan suatu produk. Karena dengan promosi orang atau calon konsumen akan menjadi tahu tentang produk atau usaha kita. Bagaimana dengan Jual handphone atau jual hp bekas?. Handphone juga merupakan produk, Jadi juga tidak akan lepas dari yang namanya promosi. Banyak cara telah dilakukan oleh orang yang jual hp second atau handphone bekas dalam mengkampanyekan produk yang dijual. Salah satunya dalam bentuk tulisan. Biasanya tulisan ini ditempatkan pada media banner yang dipajang didepan toko handphone, Selain itu, Bisanya banner dibuat dalam warna yang mencolok. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang yang lewat depan toko hp tersebut. Selain warna banner yang mencolok, Biasanya kalimatnya juga sangat menarik dan menggugah orang yang lewat. Sebetulnya banyak kata-kata atau kalimat yang sering kita jumpai dalam promosi jual hp second atau handphone Bekas. Berikut beberapa kata promosi atau k...