Langsung ke konten utama

Pengaruh Kemasan Produk Terhadap Minat Konsumen

+Pengaruh kemasan produk terhadap minat konsumen
Kalau kita bicara tentang marketing, Tentu kita tidak hanya terbatas bagaimana agar barang sampai ke tangan konsumen. Karena pada dasarnya marketing mempunyai artian yang lebih luas, Dimana marketing dimulai dari ide pembuatan produk sampai pada pelayanan purna jual. Untuk itu, Sebagai seorang marketer harus berbicara mulai dari ide produk sampai service purna jual.

Ide produk, Ini pun tidak akan terbatas pada produk apa yang akan dibuat. Melainkan akan lebih luas lagi bagaimana produk dibuat dan bahkan sampai bagaimana produk akan dibungkus atau dikemas agar produk yang dijual mempunyai daya pada kesan pertama saat konsumen melihat.

Dalam hal menarik perhatian konsumen, Kemasan produk akan sangat berperanan dalam usaha marketing. Karena kemasan produk akan menjadi hal pertama yang akan diperhatikan calon konsumen. Untuk itu, Memberi kesan pertama yang menarik kepada calon konsumen akan membuka peluang pada suatu produk untuk bisa terjual.

Dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat, Perhatian produsen kepada kemasan produk akan sangat membantu dalam usaha penjualan produk. Kenapa demikian, Misal Saudara akan mencari produk yang rata-rata menggunakan kemasan. Setelah Saudara masuk kedalam toko, Tentu Saudara akan melihat-lihat terleih dahulu. Dan tidak menutup kemungkinan pandangan Saudara akan tertuju pada sebuah produk dengan kemasan yang menarik buat Saudara. Setelah itu Saudara baru akan mencari informasi lain terkait produk.

Jika hal diatas terjadi, Maka peluang produk dengan kemasan yang menarik calon konsumen akan diprioritaskan untuk ditanyakan lebih lanjut pada pramuniaga toko. Misal produk memenuhi selera konsumen, Tentu akan terjadi transaksi.

Tertarik dengan kemasan produk dan menanyakan informasi produk diatas akan terjadi pada konsumen dewasa. Namun akan berbeda dengan konsumen anak-anak yang belum memahami fungsi dan kegunaan sebuah produk. Pada anak tersebut diatas, Kadang kemasan bisa membuat keputusan untuk memiliki suatu produk. Kalau sudah seperti ini, Kadang kita sebagai orang tua harus memenuhi keinginan tersebut. ( Dengan catatan tidak membahayakan anak )

Sebagai contoh pada produk mainan anak, Ini berdasarkan pengalaman saya mengantar anak saya yang berusia 4 tahun membeli mainan. Waktu itu kami berada pada salah satu toko mainan anak, Disitu anak saya melihat kemasan produk mainan anak dengan gambar robot. Karena anak saya suka dengan robot, Tanpa pikir panjang anak saya mengambil mainan anak tersebut. Memang gambar robot pada kemasan tersebut sangat menarik, Baik dari warna maupun desain gambarnya.

Setelah diambil, Mainan itu diberikan pada istri saya. Saudara tahu apa mainan itu?, Mainan itu adalah monopoli. Kami sebagai orang tahu sudah mengerti bahwa anak saya belum bisa memainkan permainan monopoli. Untuk itu kami berusaha melarang dan untuk mengganti mainan lainnya. Anak saya tidak mau. Namun kami tetap berusaha untuk menjelaskan kepada anak saya bahwa yang didalam kardus tersebut bukan mainan robot.

Karena anak saya tetap ngotot untuk memiliki mainan tersebut ( Karena kemasan produknya ), Kami tetap belum putus asa untuk meyakinkan anak saya. Selanjutnya kami menemuai pemilik untuk minta ijin sekaligus minta tolong untuk dibukakan kemasan tersebut. Namun sebelumnya kami sudah sampaikan kenapa kami minta untuk hal ini.

akhirnya pemilik toko membuka kemasan mainan monopoli dimaksud dan memperlihatkan kepada anak saya bahwa isinya berupa gambar, Uang-uangan, Dan beberapa benda lainnya yang mendukung dalam permainan monopoli. Selain itu, Pemilik toko juga ikut menjelaskan kepada anak agar yakin bahwa mainan ini bukan robot dan mengarahkan pada permainan lain yang dipandang lebih tepat.

Setelah dijelaskan oleh pemilik toko apakah anak saya mau mengganti dengan mainan lain?, Ternyata tidak, Dan bahkan menangis untuk tetap membeli gambar robot dan uang-uangan yang ada didalam kemasan mainan monopoli. Perlu dicatat, Setelah dijelaskan anak saya tidak lagi bilang beli mainan robot, Tapi gambar robot dan uang-uangan. 

Dengan terpaksa kami membeli mainan tersebut karena kesan pertama pada kemasan produk yang menarik buah hati saya. Setelah itu kami pulang, Anak saya terlihat sangat senang. Sesampai dirumah, Mainan dibuka dan anak saya hanya memainkan uang-uangan yang ada didalamnya diatas gambar robot pada kemasan produk mainan tersebut.

Demikian artikel marketing dan penjualan dari Go Klaten Jualan Go dengan tema pengaruh kemasan produk terhadap minat konsumen beserta salah satu kasus yang saya alami. Semoga artikel ini menarik bermanfaat bagi kita semua. Saudara bisa kunjungi artikel menarik lainnya dibawah ini;


Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit motor

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Jumpsuit Dan Overall Serta Perbedaannya

Dalam dunia fashion dan busana, Kadang kita mendengar istilah-istilah fashion yang tidak mengerti artinya. Diantara adalah istilah jumpsuit dan Overall. Tidak sedikit dari masyarakat akan memberikan sebutan salah pada dua model pakaian ini. Hal ini bisa terjadi karena bentuk modelnya yang hampir sama. Serupa tapi tak sama, Itu yang bisa katakan. Lalu dimana letak kesamaan dan perbedaan jumpsuit dengan overall? Sebelum kita menyebutkan perbedaan overall dan jumpsuit atau persamaan overall dengan jumpsuit, Alahkah baiknya kita mengenal pengertian dari dua model pakaian tersebut. Pengertian jumpsuit Jumpsuit adalah bagian dari model pakaian yang menggabungkan antara atasan dengan celana namun masih mempunyai bentuk dan karakter masing-masing. Pengertian Over all Overall adalah model pakaian mirip dengan jumpsuit berbahan jean atau denim yang dalam pemakaiannya harus dipadukan dengan dalaman kaos atau kemeja. Dari pengertian jumpsuit dan overall diatas, Kita akan

Pengertian Warna Monokrom Dan Contoh Warna Monocrom

Pengertian warna monokrom, Atau juga bisa ditulis monocrom dan monochrome. Istilah monokrom bisa kita temui dalam beberapa hal. Salah satunya adalah dunia fashion atau desain fashion. Karena fashion akan selalu memberikan sentuhan warna sesuai trend agar bisa memberikan daya tarik kepada konsumen fashion. Pengertian warna monokrom sendiri lebih mengacu pada kata pembentuknya. Yaitu mono dan chrome . Mono diartikan satu dan chrome adalah warna. Dalam bahasa Indonesia, Mono berarti satu dan chrome adalah warna. Jadi jika digabungkan monokrom berarti satu warna. Dalam fotografi, Monocrom bisa diartikan foto dengan gradasi tone yang hanya didasari satu warna dasar tanpa ada warna dasar lain. Misal warna biru tua dipadukan dengan warna dasar biru muda, Warna merah tua dipadukan dengan warna dasar merah muda dan sebagainya.  Jadi monocrom tidak terbatas hanya pada warna hitam dan putih yang biasa kita dengar selama ini. Monocrom bisa terjadi karena adanya warna turunan dari w