Marketing atau pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dan pokok dalam menghubungkan antara perusahaan atau produsen dengan masyarakat selaku pemakai produk. Dalam definisi marketing terlihat bahwa marketing atau pemasaran terdiri dari beberapa unsur atau variabel yang jika dipadukan dengan baik dan selaras akan membentuk suatu bauran pemasaran atau sering disebut marketing mix. Dan hal ini sangat menentukan kegiatan serta strategi pemasaran yang akan dijalankan guna mencapai tujuan secara optimal.
Apa itu marketing dan strategi?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini;
* Marketing dan Pemasaran
* Strategi
Apa itu marketing dan strategi?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini;
* Marketing dan Pemasaran
* Strategi
Berdasarkan uraian diatas, Terlihat bahwa marketing dan marketing mix merupakan bangunan yang terdiri dari beberapa unsur atau variabel, Dan ini disebut unsur atau variabel marketing. Lalu apa sajakah yang menjadi Variabel Marketing atau Marketing Mix....?
Variabel marketing atau Marketing Mix
1. Proses
2. People ( Orang )
3. Produk
4. Price ( Harga )
5. Place ( Tempat )
6. Lingkungan Fisik
7. Promotion ( Promosi )
8. Sistem
Berikut pengertian dari masing-masing Variabel marketing diatas.
Pertama Proses : Adalah rangkaian tindakan yang dijalankan dalam kegiatan marketing, Proses ini dimulai dari pengumpulan informasi pasar mengenai kebutuhan masyarakat atau konsumen, Ide produk guna memenuhi kebutuhan konsumen, Produksi, Penentuan harga dan penyampaian produk kepada konsumen.
Kedua People atau Orang : Adalah keleluruhan orang sebagai pelaku dalam proses kegiatan marketing, dari pengumpulan informasi pasar sampai produk diterima konsumen atau pemakai.
Ketiga Produk : Adalah sesuatu yang bisa ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian, Pembelian, Pemakaian atau konsumsi guna pemenuhan keinginan serta kebutuhan. Produk ini bisa dalam bentuk jasa atau produk fisik.
Keempat Price atau harga : Adalah nilai nominal yang ditetapkan untuk suatu barang yang merupakan ukuran bagi pembeli untuk melakukan pembayaran.
Kelima Place atau Tempat : Adalah semua tempat yang digunakan sebagai saluran distribusi yang memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memperoleh produk yang dibutuhkan, atau yang lebih dikenal dengan istilah perantara.
Keenam Lingkungan fisik atau Physical Evidence : Adalah segala sesuatu benda fisik yang digunakan dalam proses Marketing, Meliputi Tampilan produk, Alat pembuat Produk, Mutu produk dan Sarana fisik lain yang mendukung proses marketing.
Ketujuh Sistem : Adalah kegiatan. Menyeluruh dan terpadu.
Untuk pembahasan lebih lanjut bisa dibaca pada artikel dibawah ini;
* Definisi sistem.
Kedelapan Promotion atau Promosi : Adalah suatu usaha untuk menginformasikan dan mengenalkan suatu produk atau ide.
Pembahasan lebih lanjut bisa dibaca pada artikel dibawah ini;
* Definisi Promosi .
Setelah membaca beberapa unsur atau variabel marketing diatas, Tentunya kita tidak bisa memandang bahwa Variabel marketing atau marketing mix diatas tidak akan mengalami perkembangan. Karena seiring perkembangan dan perubahan jaman, Marketing atau marketing mix akan selalu dituntut untuk melakukan inovasi dan kreatifitas dalam memasarkan produk guna memenangkan persaingan dipasaran. Hal ini sudah lama terjadi, Terlihat dari adanya perkembangan marketing mix dari waktu-kewaktu.
ARTIKEL MARKETING LAINNYA
* Definisi Marketing Mix Atau Bauran Pemasaran
* Marketing Mix 4P,7P,7P+S
* Definisi Strategi Secara Umum
* Definisi Strategi Marketing Atau Pemasaran
ARTIKEL MARKETING LAINNYA
* Definisi Marketing Mix Atau Bauran Pemasaran
* Marketing Mix 4P,7P,7P+S
* Definisi Strategi Secara Umum
* Definisi Strategi Marketing Atau Pemasaran