Strategi promosi produk catering dan kue memang sangat diperlukan, Karena saat ini persaingan dalam usaha kue dan catering semakin menjamur. Ini terjadi karena semakin pandainya orang dalam membaca peluang usaha. Dalam kehidupan sehari-hari hampir setiap hari orang membutuhkan kue, Baik itu untuk dimakan sendiri, suguhan tamu ataupun acara tertentu, Dan ini berlaku untuk kue basah maupun kue kering.
Sedangkan untuk usaha catering, Peluang ini tercipta seiring meningkatnya aktivitas manusia atau kesibuka n kerja dan laian-laian, Sehingga ada kecenderungan orang memesan makan pada katering atau rumah makan. Selain sebab diatas, Bertambahnya jumlah pengusaha catering atau kue juga terjadi karena untuk banyaknya permintaan produk tersebut untuk even atau acara tertentu. Misal resepsi pernikahan, Kalau dulu sebagian besar orang yang punya acara memasak sendiri dirumah, Namun saat ini sudah semakin banyak orang menggunakan jasa catering, Sedangkan untuk kebutuhan kue membeli atau pesan pada pembuat kue atau roti.
Dengan semakin banyaknya pengusaha kue dan catering membuat persaingan dipasar produk tersebut semakin ketat. Untuk itu pengusaha catering atau kue dituntut untuk pandai dan kreatif dalam mencari pembeli, Menawarkan produk, Dan pada pelayanan lainnya.
Sebagai langkah awal sukses dalam usaha adalah mencari calon pembeli, Untuk langkah sukses usaha ini diperlukan publikasi atau promosi untuk mengenalkan produk kepada calon pembeli. Lalu bagaimana strategi cara iklan atau promosi usaha catering dan kue?, Mungkin ini akan menjadi pertanyaan bagi pengusaha katering dan kue yang baru atau akan memulai usaha.
Sebetulnya banyak cara atau ide promosi kreatif dalam usaha ini, Berikut adalah salah satu ide promosi atau strategi promosi untuk usaha katering. Namun sebelum melakukan strategi promosi usaha, Sebaiknya diperhatikan kelayakan produk dan layanan pendukungnya, Tanpa hal ini dikawatirkan usaha promosi akan membawa efek negatif kepada usaha Saudara. Untuk contoh kasus promosi produk yang menghasilkan efek negatif atau bahkan bisa membunuh usaha silahkan kunjungi artikel dibawah ini:
> Contoh Kasus Promosi Menghasilkan Efek Negatif
Untuk ide promosi catering ini sebetulnya sangat simpel dan mudah dijalankan, Siapa yang tidak mengenal taplak meja?, Saya yakin hampir semua orang mengenal barang ini. Sesuai judul diatas, Yaitu Strategi promosi usaha catering dan kue pada taplak meja, Tentu strategi atau cara promosi ini dilakukan pada media fisik berupa taplak meja. Berikut cara menjalankan strategi promosi catering atau kue dimaksud;
> Contoh Kasus Promosi Menghasilkan Efek Negatif
Untuk ide promosi catering ini sebetulnya sangat simpel dan mudah dijalankan, Siapa yang tidak mengenal taplak meja?, Saya yakin hampir semua orang mengenal barang ini. Sesuai judul diatas, Yaitu Strategi promosi usaha catering dan kue pada taplak meja, Tentu strategi atau cara promosi ini dilakukan pada media fisik berupa taplak meja. Berikut cara menjalankan strategi promosi catering atau kue dimaksud;
- Memilih taplak meja yang sering dilihat dalam jarak dekat oleh orang banyak dan ditempatkan pada acara yang berhubungan dengan penyajian makanan. Apakah Saudara sudah punya gambaran untuk hal ini?, Mungkin sudah sering kita menghadiri acara resepsi pernikahan, Pada acara tersebut kita duduk dan didepan terdapat meja untuk menyajikan makanan. Apa yang bisa kita lihat? Tentu meja yang ditutupi taplak meja. Jadi ide pertama adalah taplak meja pada acara resepsi, Namun tidak terbatas pada acara resepsi pernikahan saja.
- Setelah menemukan taplak yang meja dimaksud diatas, Langkah kedua kita harus menentukan dimana promosi akan ditempatkan. Penempatan yang baik adalah pada sudut-sudut taplak yang menghadap orang. Dimanakah itu?, Coba lihat gambar dibawah ini;
gambar penempatan iklan yang baik pada tapalak:
Setelah kedua hal diatas dilakukan, Selanjutnya harus menentukan bagaimana iklan yang akan dibuat, Tentu dalam hal ini iklan berupa tulisan pada taplak. Namun untuk menentukan desain huruf dan warna tidaklah mudah, Karena kita tidak bisa menentukan sendiri. Tapi sebelum langkah ini, Sebaiknya cari mitra terlebih dahulu, Mitra disini adalah pemilik jasa persewaan meja dan kursi untuk acara besar yang nantinya kita akan menempatkan dan menjalankan strategi promosi usaha katering pada taplak meja yang disewakan.
Setelah mendapatkan mitra untuk memasang promosi, Alangkah baiknya jika kita bicarakan desain huruf dan warna yang bisa dipasang, Tentu dengan pertimbangan keserasian tanpa meninggalkan prinsip menarik yang menjadi dasar dalam promosi atau iklan.
Selain strategi promosi usaha catering pada taplak meja, Saudara juga bisa bekerjasama untuk memasang tulisan promosi menarik pada kursi yang menjadi satu paket sewa dengan meja dan taplak. Dimana letak iklan yang ideal?, Tentu ditempatkan pada bagian belakang atas kursi.
Selain dua cara strategi promosi diatas, Tentu Saudara tidak mau kehilangan peluang untuk mendapatkan order untuk acara resepsi, Ini adalah hal penting dan sudah banyak dijalankan oleh pengusaha kue ataupun katering, Yaitu dengan bekerjasama langsung dengan pemilik jasa sewa perlengkapan acara resepsi. Untuk ini, Jasa catering dijadikan satu paket dengan pengadaan perlengkapan resepsi. Disini Saudara juga dituntut untuk menawarkan jasa sewa perlengkapan mitra Anda.
Demikian tadi artikel tentang Strategi promosi usaha katering yang bisa kami saya sampaiakn, Semoga bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan pembaca dengan usaha catering atau kue. Mungkin Saudara tertarik dengan artikel menarik dibawah ini?.