Langsung ke konten utama

Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Variabel Marketing Harga ( Price )

+Pengaruh pelayanan purna jual terhadap harga suatu produk
Harga merupakan variabel dari marketing mix yang sangat penting, Karena harga merupakan dasar bagi penjual dan pembeli dalam melakukan jumlah pembayaran untuk suatu barang atau produk yang dipasarkan.

Selain itu, Harga juga memudahkan atau membantu konsumen dalam mengambil keputusan untuk memebeli suatu produk. Jadi menempelkan label harga pada suatu produk akan mempermudah calon konsumen dalam mengambil keputusan.

Sebagai pengalaman kecil, Jika kita datang atau melihat warung makan ditempat keramaian atau tempat wisata, Tidak jarang kita membatalkan untuk masuk makan kewarung yang dimaksud. Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab;
  1. Malu atau malas untuk bertannya ( Ini bisa terjadi saat orang datang ketoko baju atau toko lainnya )
  2. Takut atau khawatir dimahalkan. 
Penentuan harga pada suatu produk bisa dilakukan dengan beberapa metode atau strategi, Namun secara garis besar ada dua strategi dalam menetapkan harga suatu produk. Strategi penetapan harga tersebut antara lain;
  1. Berdasar pada variabel yang ada pada interen perusahaan, Misal HPProd dan lain-lain.
  2. Berdasarkan harga pesaing ( Eksternal )
Dari dua dasar diatas, Ada hal yang lebih khusus yang akan mampu mempengaruhi harga suatu produk. Hal tersebut adalah pelayanan purna jual atau service after sale. Kenapa hal ini akan mampu memberi pengaruh terhadap penetapan harga produk?.

Pada artikel pengaruh pelayanan purna jual terhadap harga ini, Go Klaten Jualan Go akan mengambil contoh dari produk smartphone android one program Google yang hadir di Indonesia melalui merek evercoss, Mito dan Nexian.

Jika kita perhatikan harga pasaran normal dari ketiga merek diatas, Banyak yang mengatakan bahwa evercross memberi banderol harga lebih tinggi dari merek mito dan nexian. Kenapa evercoss berani memberi label harga lebih tinggi dari smartphone android one lainnya?. Pasti ada alasan atau pertimbangan kuat dari evercoss.

Kalau kita lihat dari spesifikasi produk, Ketiga vendor ini mempunyai spesifikasi produk yang sama sesuai standarisasi dari Google kecuali bagian tertentu terkait desain model. Lalu kenapa evercross one x berani membandrol harga diatas vendor lain?

Berikut pertimbangannya

Janto Djojo selaku Chief Marketing Officer Evercoss menyampaikan pertimbangan kenapa evercoss One X dibanderol dengan harga diatas mito dan Nexian. Menurut Janto, layanan purna jual ( Sales After sales ) ini bisa dilihat dari adanya 80 service center yang tersebar diseluruh Indonesia, Dengan demikian perusahaan akan bisa menangani keluhan pelanggan dengan baik.

Diakui atau tidak, Pelayanan purna jual ( Service after slaes ) akan bisa mempengaruhi orang atau konsumen dalam mengambil keputusan membeli sudatu produk. Karena pelayanan purna jual sangat penting bagi konsumen dalam menjaga produk yang dibelinya. Dan adanya service center akan memberi rasa lebih nyaman dan terjamin kepada konsumen.

Dengan adanya jaminan dalam bentuk kemudahan menyampaikan keluhan atau hal lain yang berhubungan dengan kondisi produk, Tidak jarang Konsumen mau mengeluarkan atau membayar produk dengan harga lebih mahal dibanding produk serupa dengan harga lebih murah.

Dari kasus pada harga evercoss diatas, Kita bisa menarik kesimpulan bahwa tidak sedikit konsumen akan memperhatikan masalah kemudahan pelayanan purna jual dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk. Tentu ini akan memberikan sedikit keleluasaan bagi produsen dalam menentukan harga jual sebuah produk.

Demikian artikel marketing dan penjualan dari Go Klaten Jualan Go dengan tema pengaruh pelayanan purna jual terhadap variabel marketing harga ( Price ). Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara bisa kunjungi artikel marketing dan penjualan menarik lainnya dibawah ini;

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...