Langsung ke konten utama

Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Variabel Marketing Harga ( Price )

+Pengaruh pelayanan purna jual terhadap harga suatu produk
Harga merupakan variabel dari marketing mix yang sangat penting, Karena harga merupakan dasar bagi penjual dan pembeli dalam melakukan jumlah pembayaran untuk suatu barang atau produk yang dipasarkan.

Selain itu, Harga juga memudahkan atau membantu konsumen dalam mengambil keputusan untuk memebeli suatu produk. Jadi menempelkan label harga pada suatu produk akan mempermudah calon konsumen dalam mengambil keputusan.

Sebagai pengalaman kecil, Jika kita datang atau melihat warung makan ditempat keramaian atau tempat wisata, Tidak jarang kita membatalkan untuk masuk makan kewarung yang dimaksud. Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab;
  1. Malu atau malas untuk bertannya ( Ini bisa terjadi saat orang datang ketoko baju atau toko lainnya )
  2. Takut atau khawatir dimahalkan. 
Penentuan harga pada suatu produk bisa dilakukan dengan beberapa metode atau strategi, Namun secara garis besar ada dua strategi dalam menetapkan harga suatu produk. Strategi penetapan harga tersebut antara lain;
  1. Berdasar pada variabel yang ada pada interen perusahaan, Misal HPProd dan lain-lain.
  2. Berdasarkan harga pesaing ( Eksternal )
Dari dua dasar diatas, Ada hal yang lebih khusus yang akan mampu mempengaruhi harga suatu produk. Hal tersebut adalah pelayanan purna jual atau service after sale. Kenapa hal ini akan mampu memberi pengaruh terhadap penetapan harga produk?.

Pada artikel pengaruh pelayanan purna jual terhadap harga ini, Go Klaten Jualan Go akan mengambil contoh dari produk smartphone android one program Google yang hadir di Indonesia melalui merek evercoss, Mito dan Nexian.

Jika kita perhatikan harga pasaran normal dari ketiga merek diatas, Banyak yang mengatakan bahwa evercross memberi banderol harga lebih tinggi dari merek mito dan nexian. Kenapa evercoss berani memberi label harga lebih tinggi dari smartphone android one lainnya?. Pasti ada alasan atau pertimbangan kuat dari evercoss.

Kalau kita lihat dari spesifikasi produk, Ketiga vendor ini mempunyai spesifikasi produk yang sama sesuai standarisasi dari Google kecuali bagian tertentu terkait desain model. Lalu kenapa evercross one x berani membandrol harga diatas vendor lain?

Berikut pertimbangannya

Janto Djojo selaku Chief Marketing Officer Evercoss menyampaikan pertimbangan kenapa evercoss One X dibanderol dengan harga diatas mito dan Nexian. Menurut Janto, layanan purna jual ( Sales After sales ) ini bisa dilihat dari adanya 80 service center yang tersebar diseluruh Indonesia, Dengan demikian perusahaan akan bisa menangani keluhan pelanggan dengan baik.

Diakui atau tidak, Pelayanan purna jual ( Service after slaes ) akan bisa mempengaruhi orang atau konsumen dalam mengambil keputusan membeli sudatu produk. Karena pelayanan purna jual sangat penting bagi konsumen dalam menjaga produk yang dibelinya. Dan adanya service center akan memberi rasa lebih nyaman dan terjamin kepada konsumen.

Dengan adanya jaminan dalam bentuk kemudahan menyampaikan keluhan atau hal lain yang berhubungan dengan kondisi produk, Tidak jarang Konsumen mau mengeluarkan atau membayar produk dengan harga lebih mahal dibanding produk serupa dengan harga lebih murah.

Dari kasus pada harga evercoss diatas, Kita bisa menarik kesimpulan bahwa tidak sedikit konsumen akan memperhatikan masalah kemudahan pelayanan purna jual dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk. Tentu ini akan memberikan sedikit keleluasaan bagi produsen dalam menentukan harga jual sebuah produk.

Demikian artikel marketing dan penjualan dari Go Klaten Jualan Go dengan tema pengaruh pelayanan purna jual terhadap variabel marketing harga ( Price ). Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara bisa kunjungi artikel marketing dan penjualan menarik lainnya dibawah ini;

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit motor

Pengertian Dan Jenis Dress Wanita Berdasarkan Panjang Badan Serta Gambar

Pada lebaran tahun 2015, Dress merupakan salah satu pakaian atau baju wanita yang menjadi trend dipasaran. Dalam hal ini, Dress wanita dimaksud adalah dress wanita yang dikombinasi dengan model cardigan sehingga membentuk model baju wanita two pieces. Selain dari segi model, Dress wanita batik dan motif bunga juga mempunyai kontribusi besar dalam menciptakan trend baju dress di masyarakat.  Secara garis besar, Dress wanita dibagi menjadi 2 kategori besar, Yaitu dress wanita berdasarkan bentuk potongan dan model serta dress wanita berdasarkan ukuran panjang badan. Untuk pembahasan mengenai pembagian kategori dress wanita ini, Saudara bisa kunjungi artikel berikut ini. Kategori Dress Wanita Yang Sering Kita Dengan Dan pada artikel kali ini, Go Klaten Jualan Go akan membahas lebih dalam mengenai kategori dress wanita berdasarkan panjang badan. Untuk kategori ini, Macam atau jenis dress wanita akan dipengaruhi oleh ukuran panjang badan.  Berdasarkan kategori ukuran panja