Langsung ke konten utama

Kunci Sukses Jualan Baju Dengan Strategi Tren

+Strategi cara jualan baju yang jitu agar sukses dengan omset tinggiJual Baju merupakan salah satu pilihan usaha dari berbagai macam pilihan yang ada. Kalau kita benar dalam menjalankan usaha ini, Tidak menutup kemungkinan keuangan akan mengalir dengan lancar kekantong kita. Usaha jualan baju tidak akan ada matinya, Karena baju merupakan kebutuhan primer manusia yang akan selalu dicari.

Banyak cara jualan baju yang sudah berjalan dimasyarakat, Secara garis besar bisa dibagi menjadi dua, Yaitu jualan baju dengan toko dan menjual baju tanpa toko. Dari dua  cara tersebut, Tidak jarang usaha jualan baju dirumah tanpa toko omsetnya mengalahkan usaha jualan baju yang menggunakan toko.

Kenapa jualan baju tanpa toko omsetnya juga bisa tinggi?, Karena cara ini akan menuntut pengusaha atau penjual untuk lebih aktif bergerak menjemput calon konsumen. Dan bagi calon pembeli, Ini merupakan kemudahan dalam berbelanja baju.

Cara jemput bola dalam jualan bukanlah merupakan kunci sukses dasar, Karena kunci dasar yang sebenarnya terletak pada barang yang dijual. Begitu pula untuk baju, Pembeli akan memutuskan membeli juga berdasar baju yang akan dibeli.

Jika keputusan orang membeli baju didasarkan pada produk, Lalu cara atau strategi apa yang lebih tepat agar jualan baju bisa laris?.

Jawaban dari pertanyaan diatas adalah Strategi Tren. Apa itu strategi Tren?

Strategi Tren adalah :  Garis arah atau cara untuk mencapai penjualan optimal dengan menggunakan kekuatan tren produk yang sedang beredar dipasaran.

Pengertian strategi tren diatas bukanlah strategi jualan yang sedang tren, Melainkan strategi jualan dengan menggunakan kekuatan produk yang sedang tren atau sedang banyak dicari oleh masyarakat. Dalam pembahasan ini kita menggunakan tren baju dipasaran atau baju yang banyak diminati masyarakat untuk mengoptimalkan omset penjualan.

Strategi ini bisa dijalankan untuk penjualan baju dengan toko maupun cara jualan baju tanpa toko, Karena pada dasarnya strategi tren bisa dijalankan untuk semua cara menjual dan untuk semua jenis produk. Karena strategi ini hanya menekankan pada tren produk dipasaran.

Bagaimana cara jualan baju dengan strategi tren?

Syarat dasar dan mutlak yang harus dipenuhi adalah kita bisa mengenal tren baju dipasaran saat sekarang, Dan akan lebih baik jika kita bisa memprediksi tren baju dipasaran satu bulan sebelumnya. Sebagai contoh jika kita ingin sukses jualan baju untuk lebaran 2014, Kita juga harus bisa mengerti baju seperti apa yang akan menjadi tren lebaran 2014 nanti, Baik dari segi model, Bahan, Morif dan warna. Jika Saudara sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk jualan baju dimomen lebaran tahun 2014 ini, Silahkan baca artikel tentang perkiraan tren model baju lebaran tahun 2014 dibawah ini;


Bagaimana cara mengenali tren baju dipasaran?, Ada beberapa cara, diantaranya adalah:
  1. Cari info tentang tren baju terbaru, Bisa ditemukan dimajalah, televisi dan internet. Namun untuk cara ini kita harus bisa membedakan antara artikel yang mengulas informasi tentang tren dengan informasi yang menawarkan produk agar menjadi tren. Namun sebenarnya mudah untuk membedakan antara dua informasi diatas, Untuk artikel yang mengulas informsi tren baju kecenderungan tidak akan menunjuk pada merek atau identitas produk tertentu, Dan bisa dikatakan netral dari identitas produk.
  2. Cari informasi dari beberapa toko penjual baju yang mempunyai pengunjung banyak. Disini Saudara bisa bertanya kepada beberapa pramuniaga toko tentang produk seperti apa yang sedang dicari pembeli.


Setelah kita mengerti tren baju dipasaran, Selanjutnya apa yang harus kita jalankan agar jualan baju kita menghasilkan omset yang optimal?, Yang pasti kita harus konsentrasi mengalokasikan dana untuk belanja produk tren tersebut.

Untuk jualan baju menggunakan toko dengan lokasi strategis
Kita harus mendisplai baju tren pada posisi yang mudah dilihat oleh orang yang lewat dekat toko, Kenapa demikian?, Ini dilakukan agar orang mengerti bahwa kita menjual produk yang sedang dicari orang. Usahakan dipasang pada manequin ( Patung ) agar lebih menarik.

Untuk jualan baju menggunakan toko dengan lokasi kurang strategis
Untuk menjalankan jualan baju dengan toko yang berlokasi kurang strategis, Tentu akan berbeda jika lokasi toko strategis. Untuk kondisi ini, Ada beberapa tahapan yang harus dijalankan, Antara lain;
  1. Melakukan promosi agar orang tahu kalau toko menjual baju yang sedang tren. Caranya bisa dengan memasang spanduk, Brosur ( leaflet ), Iklan radio dll. 
  2. Mendisplay baju tren dilokasi toko yang mudah dilihat calon konsumen.
Untuk jualan baju tanpa toko
Untuk cara jualan baju tanpa toko ini, Menurut saya akan lebih mudah jika dibandingkan denga yang jualan baju dengan menggunakan toko. Karena rata-rata penjual tanpa toko akan cenderung aktif jemput bola, Dan jika tidak, tentu cara jualan baju menggunakan toko diatas harus dijalankan.

Untuk jualan baju tanpa toko, Ada empat cara yang dapat dijalankan, Yaitu;
  1. Membawa baju tren dengan jumlah yang banyak, Cara ini mungkin sering kita temuai, Karena saat ini tidak sedikit penjual baju keliling dengan membawa baju dengan jumlah yang banyak. Kelebihan jualan baju dengan cara ini adalah calon konsumen akan mempunyai banyak pilihan produk yang langsung bisa dilihat, Baik dari segi warna, Motif dan ukurannya.
  2. Membawa sampel dari baju yang sedang tren, Kelebihan cara ini adalah kita lebih ringan, Karena tidak membawa beban lebih berat jika dibandingkan dengan membawa banyak barang. Untuk cara menjual baju seperti ini, Kita harus mempunyai pengetahuan produk yang matang, Baik dari segi ukuran, Warna dan motif agar kita bisa membuat keputusan yang tepat untuk calon konsumen.
  3. Menjual baju dengan katalog yang berisi produk baju tren. Dari segi beban karena berat membawa produk tentunya tidak ada. Namun untuk cara ini, Penjual baju harus benar-benar menguasai hampir semua aspek baju yang dijual, Diantaranya tentang detail model baju yang dijual, Bahan baju yang dijual, Harga, Motif dan warna.
  4. Kombinasi cara menjual baju no.2 dan no. 3. Dimana penjual baju membawa sampel produk dan katalog.
Beberapa cara diatas merupakan strategi untuk menginformasikan kepada calon pembeli bahwa kita menjual baju yang sedang tren, Namun kunci untuk sukses jualan baju paling dasar adalah terletak pada produk, Dalam pembahasan ini adalah baju yang sedang tren dipasaran. Apakah ini benar?, Tentu benar, Karena untuk produk baju, Orang cenderung akan mencari baju yang sedang tren dipasaran.

Bagaimana dengan baju yang harganya murah, Untuk suatu saat harga memang bisa menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli. Namun tidak sedikit orang mengabaikan harga untuk membeli baju yang sedang tren dengan kualitas sesuai harga agar bisa tampil modis dan tidak dikatakan ketinggalan tren, Apalagi untuk anak remaja.

Berdasar uraian diatas, Cara atau strategi agar sukses jualan baju adalah;
  1. Kita harus bisa mengenali tren baju dipasaran, Baik itu tren baju untuk orang dewasa, Remaja dan anak-anak. Dan untuk saat ini, Omset terbesar produk pakaian berasal dari baju remaja putri.
  2. Kita harus bisa mendapatkan baju-baju tren.
  3. Kita harus bisa mengkomunikasikan kepada calon pembeli bahwa kita menjual produk yang sedang tren dipasaran.
Demikian sedikit artikel marketing dari Go Klaten Jualan Go dengan tema Cara sukses jualan baju dengan strategi tren. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Baca Juga artikel marketing menarik dibawah ini;

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit motor

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Jumpsuit Dan Overall Serta Perbedaannya

Dalam dunia fashion dan busana, Kadang kita mendengar istilah-istilah fashion yang tidak mengerti artinya. Diantara adalah istilah jumpsuit dan Overall. Tidak sedikit dari masyarakat akan memberikan sebutan salah pada dua model pakaian ini. Hal ini bisa terjadi karena bentuk modelnya yang hampir sama. Serupa tapi tak sama, Itu yang bisa katakan. Lalu dimana letak kesamaan dan perbedaan jumpsuit dengan overall? Sebelum kita menyebutkan perbedaan overall dan jumpsuit atau persamaan overall dengan jumpsuit, Alahkah baiknya kita mengenal pengertian dari dua model pakaian tersebut. Pengertian jumpsuit Jumpsuit adalah bagian dari model pakaian yang menggabungkan antara atasan dengan celana namun masih mempunyai bentuk dan karakter masing-masing. Pengertian Over all Overall adalah model pakaian mirip dengan jumpsuit berbahan jean atau denim yang dalam pemakaiannya harus dipadukan dengan dalaman kaos atau kemeja. Dari pengertian jumpsuit dan overall diatas, Kita akan

Contoh Cara Iklan Promosi Carteran Mobil Di Tempat Strategis

Cara promosi yang tepat akan bisa membuat usaha iklan promosi optimal, Tepat disini bisa meliputi materi promosi, Bentuk promosi dan tempat pemasangan promosi. Materi meliputi segala hal terkait isi dari pesan promosi yang disampaikan, Bentuk promosi lebih mengarah pada media dan penampilan iklan promosi, Sedangkan tempat promosi merupakan area dimana media promosi akan dipasang agar bisa dilihat oleh khalayak umum. Kalau kita bicara cara promosi secara umum, Tentu pemilihan tempat atau lokasi pemasangan promosi merupakan salah satu pertimbangan penting agar kegiatan kampanye usaha dan atau produk bisa optimal. Untuk itu, Pemilihan tempat promosi harus strategis. Dimana kampanye iklan atau promosi akan berpeluang untuk bisa dilihat oleh orang banyak. Pemilihan tempat promosi strategis ini dibutuhkan oleh semua kegiatan iklan promosi. Baik itu perusahaan dengan produk jasa maupun produk fisik. Dan pada artikel iklan promosi kali ini Go Klaten Jualan Go akan share contoh cara i