Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Penolakan Dalam Menjual atau menawarkan barang

Strategi dan langkah cara mengatasi penolakan dalam menjual atau menawarkan barang
Dalam usahanya menawarkan produk kepada toko baru dalam rangka ekspansi pasar untuk meningkatkan omset penjualan, Seorang sales tidak selamanya menerima hasil yang menggembirakan, Ada kalanya penawaran barang atau penjualan tersebut ditolak oleh toko dengan berbagai sebab, Walaupun persiapan menawarkan produk pada toko bau sudah dilakukan dengan baik.

Bagi seorang sales atau tenaga penjual yang sudah sering melakukan penawaran produk ketoko baru, Hal ini bukanlah malapetaka. Namun setelah penawaran penjualan ditolak, Seorang sales tidak boleh memutus rantai informasi dan hubungan yang telah tercipta dengan toko yang baru saja menolaknya. Sangat penting bagi seorang sales mengetahui cara mengatasi penolakan dalam menjual atau menawarkan barang, Karena dengan mengetahui dan mengerti cara atau tindakan serta langkah-langkah mengatasi penolakan dalam menjual dan menawarkan barang, Seorang sales akan selalu mempunyai peluang baru yang lebih baik untuk bisa menjual lebih banyak dikemudian hari.

Seorang sales atau tenaga penjual yang sudah ditolak dalam menjual produk ketoko baru, Harus mempunyai cara mengatasi penolakan dalam menjual atau menawarkan barang tersebut untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dan berguna dari toko yang menolaknya. Dengan catatan penawaran dan cara menawarkan sudah dilakukan dengan baik dan benar serta sudah menjual tanpa beban.

Berikut beberapa cara mengatasi penolakan dalam menjual atau menawarkan barang kepada toko baru.
  1. Jangan lupa mengucapkan terima kasih karena sudah berkenan menemuai dan melihat sampel produk atau bentuk penawaran Saudara. Hal ini sangat penting, Karena dengan ini Saudara sebagai sales sudah menciptakan hubungan baik dengan fihak toko. Dan ini sangat penting guna melakukan langkah kedua.
  2. Tanyakan kepada pemilik toko atau bagian order toko kenapa produk yang saudara tawarkan tidak bisa diterima. Hal ini merupakan tugas sales sebagai intelijen pasar, Dimana seorang sales harus bisa mengumpulkan informasi pasar yang penting. Hal-hal yang menjadi penyebab produk Saudara ditolak akan menjadi informasi penting bagi perusahaan dalam merencanakan dan membuat produk kedepan. 
  3. Setelah Seorang sales mendapatkan informasi penyebab produknya ditolak, Tanyakan kepada fihak toko, Apakah setelah melakukan perubahan terhadap penyebab ditolaknya penawaran dan sudah  sesuai dengan keinginan toko bisa datang kembali untuk menawarkan ulang  produk atau minta untuk ditinjau kemabli. Jika jawabannya bisa, Berarti Saudara sudah membuka peluang yang lebih besar untuk terjadinya kerjasama penjualan.
  4. Dapatkan informasi atau referensi dari fihak toko mengenai toko mana yang kira-kira bisa menerima produk atau ketentuan transaksi dari yang Saudara tawarkan. Hal ini sangat perlu, Karena tidak jarang pemilik toko atau fihak toko mempunyai teman atau kolega ditempat atau kota lain dengan usaha yang sama. Dan dengan membawa referensi dari fihak toko yang menolak penawaran Saudara, Langkah Saudara untuk menemui dan menawarkan produk kepada toko arahan akan lebih mudah.
  5. Catat  nama dan nomor telpon toko arahan guna langkah kerja selanjutnya, Serta minta nomor telpon yang paling mudah dihubungi kepada fihak toko atau pemilik toko yang menolak penawaran Saudara. Hal ini guna langkah penawaran kedua dan untuk menjaga kedekatan dengan fihak toko.
  6. Sebelum pergi, Ucapkan terima kasih sudah berkenan menemui dan sudah memberikan informasi dan referensi yang sangat berharga.
Penolakan toko baru terhadap penawaran kerjasama penjualan bagi tenaga penjualan memang tidak mengenakkan, Namun sebagai seorang sales, Mempunyai cara mengatasi penolakan dalam menjual sangatlah diperlukan. Dan yang lebih penting, Seorang sales atau tenaga penjualan tidak boleh memutuskan rantai infomasi menuju terciptanya hasil yang lebih baik dimasa depan. Rantai informasi tersebut meliputi penyebab produk atau cara transaksi yang Saudara tawarkan ditolak, Informasi atau referensi toko yang bisa menerima penawaran Saudara. Jadi sebagai seorang sales, Informasi harus bisa didapatkan dalam kondisi apapun. Langkah ini tidak terbatas pada penolakan oleh toko saja, juga bisa  diberlakukan untuk penolakan calon pembeli perseorangan.

ARTIKEL PENJUALAN LAINNYA

*  Cara Menjual Produk Agar Percaya Diri
*  Persiapan Sales Lapangan Sebelum Menawarkan Barang
*  Tugas Sales Sebagai Intelijen Pasar
*  Tugas atau Kerja Sales Lapangan Secara Umum
*  Cara membuat Jadwal Sales dilapangan
*  Cara Menjual Dahsyat Agar Omset Tinggi

>  +Fearless Consulting - Confidence in Sales and Strategy

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...