Sosial media atau lebih dikenal dengan sebutan sosmed adalah sebuah media online untuk bersosialisasi antar individu satu dengan yang lainnya guna berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Untuk saat sekarang, Salah satu sosmed yang populer dikalangan masyarakat adalah whatsapp. Hampir semua orang pemilik smartphone menggunakan sosmed ini. Whatsapp sendiri adalah aplikasi pesan untuk smartphone.
Diakui apa tidak, Perkembangan pengguna aplikasi whatsapp semakin hari semakin meningkat, Bahkan bisa dikatakan meningkat tajam.
Seperti halnya sosial media yang lain, Whatsapp juga mempunyai dampak posisti dan negatif. Dan pada artikel kali ini, Blog marketing dan busana - BW akan membahas sisi positif dari kehadiran sosmed yang satu ini.
Salah satu dampak positif yang bisa didapat adalah digunakan pada bidang sales dan marketing. Lebih khususnya lagi sebagai media promosi yang bisa dibilang ampuh dan efektif.
Saat menggunakan aplikasi whatsapp, Tidak jarang kita menerima pesan berupa gambar atau video lucu. Baik itu terima dari teman secara langsung dikontak wa kita atau melalui group wahatsapp yang kita ikuti. Selain gambar, Pesan tulisan dan video lucu, Kadang kita juga menerima pesan dengan muatan unik dan update sesuai situasi yang sedang terjadi dimasyarakat.
Setelah menerima pesan seperti diatas, Tidak jarang kita akan membagikan kepada teman lain secara individu maupun melalui group. Dan ini tidak menutup kemungkinan akan dibagikan ulang kepada orang lain. Hal ini sering disebut dengan istilah populer Viral.
Sekarang mari kita bayangkan, Jika dalam pesan seperti diatas disisipi sebuah materi promosi, Kira-kira apa yang akan terjadi?. Jawabannya adalah akan terjadi promosi viral. Semakin menarik sebuah pesan, Tentu akan mampu menciptakan promosi viral yang lebih luas.
Sebagai contoh adalah sebuah video pendek lucu yang terdiri dari beberapa orang sedang duduk santai sambil main catur. Disitu salah satu pelaku tiba-tiba memukul meja dengan mengatakan " Ngopi ". menggunakan suara keras yang mampu memecahkan keheningan. Bayangkan jika dalam video pendek yang viral tersebut disisipi kata-kata atau gambar merek kopi. Tentu merek kopi yang dimaksud juga akan dilihat dan didengar secara viral.
Untuk saat sekarang, Tidak sedikit pemilik merek atau brand sudah menggunakan media sosial whatsapp untuk berpromosi. Hal ini dilakukan karena banyak pertimbangan, Salah satunya adalah dari segi pengguna aplikasi whatsapp yang sangat banyak dan selalu meningkat. Dan ini dipandang sangat efektif.
Selain dari sudut pandang efektive, Pertimbangan efisien juga sangat menarik dalam menentukan pilihan promosi menggunakan wahtsapp ini. Bayangkan saja, Hanya dengan menggunakan paket data internet sudah bisa melakukan kampanye produk kebanyak orang.
Walaupun promosi melalui whatsapp bisa dibilang efektif dan efisien, Tentu ada tantangan yang harus dilalui. Karena letak kesuksesan promosi dengan medsos ini adalah terletak pada konten yang menarik untuk dibagikan berulang atau menyebar secara viral.
Untuk mencapai kesuksesan dalam kegiatan promosi meggunakan wahtsapp, Pelaku promosi harus mampu menciptakan sebuah konten berupa pesan, Gambar atau video yang unik dan menarik, Sehingga akan membangkitkan keinginan kepada orang lain untuk membagikan secara viral kepada pengguna whatsapp lainnya.
Keunikan atau menariknya sebuah konten bisa berasal dari sudut pandang lucu, Memuat hal yang baru trend dimasyarakat atau bahkan kritikan. Sebagai misal beberapa waktu kemarin, Dimana trend yang berkembang adalah berita tentang pelokor, Disitu tidak sedikit netizen yang membuat konten lucu dengan topik seputar pelokor.
Selain materi diatas, Untuk produk tertentu mungkin pelaku pasar bisa menggunakan video sexy yang dikemas lucu. Diakui apa tidak, Konten dengan muatan sexy bisa mempunyai daya tarik kuat dalam membangkitkan keinginan orang untuk berbagi dengan orang lain.
Seiring perkembangan waktu, Pengguna aplikasi whatsapp mengalami peningkatan yang significan. Tentu ini merupakan celak bagi pelaku usaha untuk melakukan kegiatan promosi efektif dan efisien. Dengan membuat dan membagikan konten unik menarik yang menggugah orang lain untuk berbagi ualng secara viral. Tentu pesan promosi yang disisipkan pada konten tersebut akan menyebar secara viral.
Demikian artikel iklan promosi dari blog marketing dan busana - BW dengan tema sosmed whatsapp sebagai media promosi yang efektif dan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara bisa kunjungi artikel promosi menarik lainnya diabwah ini.