Langsung ke konten utama

Contoh Persaingan Iklan Atau Promosi Yang Sederhana

Iklan atau promosi merupakan salah satu usaha penting yang harus dijalankan oleh pengusaha atau pebisnis. Karena iklan dan promosi merupakan usaha dalam mengenalkan dan sekaligus membujuk calon konsumen untuk mengenal dan menggunakan produk yang ditawarkan. 

Karena pentingnya kegiatan kampanye melalui iklan atau promosi, Kadang kita akan menemukan bentuk persaingan diantara pelaku bisnis. Persaingan dalam beriklan bisa kita temui hampir dalam kehidupan sehari-hari. Dari iklan yang menggunakan pengorbanan biaya besar sampai iklan yang sederhana.

Persaingan iklan dan promosi ini bisa berupa materi iklan ataupun cara pemasangan iklan. Contoh persaingan iklan atau promosi dalam bentuk isi iklan bisa kita temukan pada media televisi atau radio. Persaingan iklan dengan media televisi dan radio biasanya akan terjadi atau akan dilakukan dalam bentuk video dan atau audio. Sebagai contoh, Mungkin kita pernah melihat iklan televisi dengan kalimat berikut "Buat apa beli botolnya".

Diatas adalah salah satu contoh persaingan iklan bentuk kalimat yang menggunakan media televisi atau radio. Seperti apa contoh persaingan iklan dari segi penempatan iklan sekaligus isi iklan?. Kalau kita bicara penempatan iklan, Tentu kita kan berfikir tentang tempat pasang iklan yang strategis. Karena tempat strategis ini merupakan target bagi pemasang iklan dalam menempatkan kampanye promosi.

Pada artikel iklan dan promosi ini, Go Klaten Jualan Go akan menuliskan artikel tentang contoh persaingan iklan yang sederhana. Kenapa dikatakan sederhana?. Karena penempatan iklan ini tidak dipungut biaya atau biaya pajak.

Sebelum saya menguraikan contoh persaingan iklan atau lebih ekstrimnya perang iklan, Berikut gambar contoh perang iklan yang dipasang pada tiang listrik.

+Gambar contoh perang iklan atau persaingan iklan promosi
Persaingan Iklan, By Go Klaten Jualan Go
Pada contoh promosi diatas, Kita bisa melihat  ada dua iklan dari pemilik usaha berbeda dengan produk jasa yang sama. Kalau melihat iklan promosi yang dipasang pada tiang listrik tersebut, Tentu kita akan menganggap hanya terjadi persaingan yang biasa. Tapi kalau kita mengikuti proses pemasangan iklan tersebut, Kita akan tahu bahwa sudah terjadi persaingan yang tidak baik atau tidak sehat.

Dalam proses pemasangan iklan diatas, Sebenarnya terjadi berkali-kali. Dimana tidak jarang akan terjadi pemasangan iklan pada iklan yang sudah terpasang. Jadi iklan lama akan tertutup iklan baru. Tidak tahu karena capai atau bosan saling menutup iklan, Akhirnya beberapa hari kemarin semua iklan bisa terlihat.

Setelah semua iklan bisa terlihat seperti pada gambar diatas. Kita bisa melihat perang iklan atau persaingan iklan yang lebih baik. Dimana persaingan lebih mengarah pada servis atau produk jasa yang ditawarkan. Dan masing-masing menonjolkan kelebihan yang dimiliki. Kelebihan apa yang di kampanyekan untuk menarik calon konsumen?.

Iklan pertama ( Berada diatas )

Kalau melihat isi dari iklan yang berada diatas, Kita bisa melihat bahwa pemilik usaha berusaha menarik calon konsumen dengan menawarkan pelayanannya. Hal ini bisa terlihat dari kalimat iklan yang ditonjolkan, Yaitu kalimat iklan "Jelas dan Pasti". Dari kalimat ini calon konsumen akan melihat kesungguhan dan ketepatan pelayanan. Jika ini bisa diwujudkan, Tentu harga akan menjadi pertimbangan kedua oleh konsumen.

Iklan kedua ( Berada dibawah )

Untuk iklan yang berada dibawah berusaha menarik calon konsumen dengan harga yang lebih rendah. Disini saya menyebut dengan harga rendah dan bukan murah, Kenapa?, Hal ini dengan pertimbangan layanan yang akan diterima konsumen. Jika pelayanan bagus, Kita bisa menyebutnya murah. Namun jika pelayanan asal-asalan dan mengecewakan, Mungkin pemakai jasa akan mengatakan mahal.

Bagi pemasang iklan atau pemilik usaha, Tentu sudut padang harga ini sudah dipertimbangkan matang guna menarik minat calon konsumen. Besar kemungkinan pelayanan juga akan dilakukan dengan baik. Hal dengan pertimbangan usaha jangka panjang. Apalagi di daerah yang sama juga terdapat pesaing yang siap memberikan pelayan bagus melalui iklannya.

Demikian artikel iklan dan promosi dari Go Klaten Jualan Go dengan tema contoh persaingan iklan promosi atau perang iklan yang sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara bisa kunjungi artikel iklan promosi menarik lainnya dibawah ini.

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. ...

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

"HARGA AMBYAR" Kalimat Promosi Untuk Obral Barang Sisa Lebaran 2020

Tidak sedikit pengusaha toko atau pedagang yang mengeluhkan menurunnya omset penjualan pada saat lebaran tahun 2020. Hal ini tentu bisa dimaklumi, karena datangnya covid19 sangat berpengaruh pada omset dagang yang dikelolanya.    Dengan kejadian diatas, Tentu akan mengakibatkan adanya sisa stok barang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan even lebaran tahun 2019. Dan ini memunculkan PR tersendiri bagi pedagang agar stok barang yang ada bisa terjual. Namun ini tidak mudah, Kenapa?, Diakui apa tidak, saat sekarang daya beli sebagian penduduk mengalami penurunan.   Pada artikel kali ini, Blog Marketing dan busana akan membahas tentang bagaimana menjual produk sisa lebaran 2020 dari segi kalimat promosi yang digunakan.   Untuk mengimbangi daya beli penduduk yang turun, Tentu harga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kecuali untuk produk kebutuhan pangan. Salah satu cara adalah dengan jual obral sisa stok lebaran 2020. Seperti apa kalimat promosi untuk obral b...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...