Langsung ke konten utama

Syarat Mutlak SPG Dalam Tugas Adalah Bisa dan Berani HOT

+Tugas SPG atau Sales promotion girl, +Fungsi SPG atau pramuniaga, +Bukan SPG HOT, +SPG berani HOT
SPG atau Sales Promotion Girl mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses penjualan produk. Selain itu SPG atau Pramuniaga juga mempunyai peranan penting dalam marketing. Karena SPG merupakan karyawan yang berada pada baris terdepan dalam proses penjualan barang, Dimana SPG berhubungan atau bertatap muka secara langsung dengan konsumen. Untuk itu, Produsen harus pandai-pandai menyeleksi calon SPG yang akan ditugaskan dalam proses penjualan produk.

Sebelum masuk kepembahasan syarat mutlak untuk bisa sukses dalam melaksanakan tugas bagi SPG, Berikut Go Klaten Jualan Go akan menyampaikan terlebih dahulu apa tugas dan fungsi SPG atau Pramuniaga.

Tugas utama SPG atau Pramuniaga adalah Mampu menarik perhatian calon pembeli datang kecounter dan melayani dengan baik. Karena barang bagus tidak akan bisa terjual jika tidak ada yang datang untuk melihat. Setelah melihatpun belum tentu terjadi penjualan jika tidak ada pelayanan yang baik dari seorang SPG. Maka disini kemampuan SPG untuk menarik perhatian calon konsumen dan pelayanan yang baik  mutlak dibutuhkan.

Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, Apabila calon konsumen sudah datang kecounter apakah akan langsung membeli produk?, Jawabannya bisa Ya dan Tidak. Jika Ya, Mungkin ini sudah selesai. Namun jika tidak, Seorang SPG atau Pramuniaga harus mempu meyakinkan calon pembeli tersebut agar mau membeli produk yang dijualnya. Dalam hal ini seorang SPG atau Pramuniaga harus benar-benar menguasai pengetahuan tentang produk yang dijual, Baik keunggulan dan manfaatnya. Apa cukup hanya dengan menguasai pengetahuan tentang produk?, Tentu tidak. Untuk penjelasan lebih lanjut akan dibahas pada penjelasan syarat mutlak SPG dalam Tugas adalah Bisa dan Berani HOT.

Selain tugas diatas, Untuk SPG pada counter tertentu  juga mempunyai tugas rutin berupa merapikan produk dan counter pada saat mulai tugas atau kerja dan pada saat akan pulang kerja. Sebagai contoh SPG yang bekerja pada counter pakaian.

Setelah mengerti dan menguasai beberapa tugas diatas, Seorang SPG atau Pramuniaga harus memenuhi syarat mutlak yang sangat diperlukan agar bisa sukses dalam melaksanakan tanggung jawabnya dalam menjual produk. Syarat mutlak ini akan sangat berhubungan dengan cara menarik dan melayani calon pembeli. Apa syarat mutlak tersebut?.

Syarat mutlak SPG dalam melaksanakan tugas adalah SPG atau Pramuniaga harus bisa dan berani HOT. Apakah Saudara yakin bahwa ini merupakan syarat mutlak bagi SPG dalam bertugas?, Kalau saya sangat yakin. Agar Saudara juga yakin seperti saya, Baca terus artikel ini.

Sebelum pembahasan tentang Syarat mutlak SPG harus bisa dan berani HOT, Kita harus samakan persepsi dulu apa itu bisa dan berani HOT?. HOT disini bukan berarti SPG HOT atau SPG berani tampil HOT. Melainkan SPG bisa dan Berani HOT disini adalah bahwa SPG bisa dan berani HADAPI ORANG TERTENTU. Jadi HOT adalah Hadapi Orang Tertentu.

Hadapi Orang Tertentu, Selama ini mungkin ada beberapa dari kita menganggap bahwa semua orang atau calon konsumen itu sama, Namun sebenarnya tidak. Karena masing-masing konsumen mempunyai karakter, Watak dan sifat yang berbeda, Inilah yang dimaksud orang tertentu. Jika demikian, Apakah seorang SPG atau Pramuniaga akan menggunakan cara yang sama dalam melayani calon konsumen?, Seharusnya tidak.

Dalam kehidupan ini, Manusia diciptakan dengan karakter, Watak dan sifat yang tidak semuanya sama. Diantaranya ;
  1. Suka Humor
  2. Pemarah ( mudah tersinggung )
  3. Pendiam ( Kurang suka diganggu )
  4. Banyak bicara, Dll
Jika dihubungkan dengan karakter, Watak dan sifat diatas, SPG yang bisa HOT ( Hadapi Orang Tertentu ) harus bisa dengan cepat mengenali sifat calon pembelinya, Hal ini akan sangat berguna bagi SPG atau Pramuniaga dalam melayani calon pembeli tersebut. Misal calon pembeli mempunyai sifat pendiam, Tentu akan lebih baik jika SPG tidak terlalu banyak bertanya atau menjelaskan tentang produk, Karena jika SPG melakukan itu, Calon konsumen justru kurang nyaman dan akhirnya akan pergi. Lalu apa solusi menghadapi calon pembeli seperti ini?, Waktu datang cukup ucapkan salam dan kasih tau dimana posisi anda. Jadi saat calon konsumen butuh Anda, Calon komsumen akan dengan mudah menemukan Anda.

Bagaimana dengan SPG yang berani HOT ( Hadapai Orang Tertentu )?, Setelah bisa mengenali watak atau sifat calon pembeli, SPG harus berani dan bisa mencari solusi untuk menghadapinya. Misal calon pembeli suka humor, Tentu SPG juga harus berani mengikuti arah mana isi humornya. Namun pada saat yang tepat, SPG harus bisa menjelaskan keuntungan dan manfaat jika membeli produk yang dijualnya.

Kenapa SPG bisa dan berani HOT ( Hadapai Orang Tertentu ) merupakan syarat mutlak?, Tentu, Karena ini sangat berhubungan dengan service atau pelayanan terhadap calon konsumen dimana konsumen akan merasa nyaman dalam berbelanja.

Demikian artikel tentang syarat SPG dalam melaksanakan tugas agar sukses. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca blog Go Klaten Jualan Go. Baca juga artikel tentang sales ( Sales force ) menarik dibawah ini;

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberapa tempat.