Langsung ke konten utama

Strategi Usaha Penjualan Barang

+Cara usaha penjualan barang

Kita bisa lihat dan amati didunia pemasaran saat ini, dimana sekarang tidak sedikit toko dan agen penjualan  hanya menjual produk dari satu produsen atau bahkan hanya menjual produk dengan satu merek. Dan yang lebih hebatnya lagi untuk hal itu sampai ada yang mengeluarkan uang ratusan juta rupiah.

Apakah hal ini jelek...? tentu tidak, dengan catatan produk yang dijual tidak mempunyai pesaing dari produk yang sejenis. Yang jadi pertanyaan lagi, apakah saat ini ada produk yang tidak mempunyai pesaing...? 

Untuk itu, Toko atau agen penjualan harus berfikir panjang serta berhati-hati sebelum menentukan pilihan ini. Kenapa...?

Karena suatu produk mempunyai fase/siklus hidup dipasaran.

  1. Fase pengenalan : Disini produk atau merek dikenalkan kepada kalayak, dan jika konsumen senang dengan produk yang dikenalkan tentunya akan masuk kefase selanjutnya.
  2. Fase dimana produk sudah dikenal kalayak umum atau konsumen, dalam fase ini produk akan bisa dijual dengan mudah, bahkan tidak sedikit konsumen yang setia dan selalu menunggu dan mencari produk keluaran terbaru untuk merek tersebut.
  3. Fase selanjutnya, dimana ketenaran produk sudah muali menurun dan bahkan dilupakan konsumen, kenapa hal ini terjadi...?karena dalam fase ini sudah banyak bermunculan pesaing yang produknya mirip atau bahkan sama, baik dari model maupun manfaatnya. karena kebiasaan pasar, jika ada produk laku keras dipasaran pasti tidak akan lama muncul pesaing yang juga menawarkan produk yang mirip.  
Kadang  kita tidak  mempunyai power, dalam hal-hal sebagai berikut:

  1. Penentuan kebijakan harga jual kekonsumen atau pelanggan.
  2. Penentuan kebijakan promosi.
  3. Penentuan kebijakan pendisplaian produk.
  4. Penentuan kebijakan jumlah karyawan atau pramuniaga toko.
  5. Penentuan warna cat toko kita tidak bisa memilih sendiri.
  6. Yang lebih parah lagi jika sampai kita tidak bisa menentukan kebijakan laba sendiri.
Hal ini terjadi karena kita mau tergantung pada satu produsen atau satu merek produk. Yang jadi pertanyaan, kenapa kita mau menjalani hal ini....? sedangkan modal kita sendiri yang punya. Mungkin karena saat ini merek produk dari produsen yang kita jual masih berada pada fase ramai diburu pembeli. Namun juga perlu dijadikan pertimbangan bahwa suatu produk mempunyai siklus hidup dimana suatu saat juga akan mengalami mati atau dilupakan orang.

Dengan beberapa pertimbangan diatas, maka kita harus berhati-hati dan selalu menimbang-nimbang suatu tawaran kerja sama dimana kita diwajibkan hanya menjual produk dari  produsen/mitra tertentu dan kita tidak bisa atau tidak boleh menjual produk dari produsen/mitra  lain.

Jika kita sudah terlanjur melakukan hal ini, mungkin tidak ada salahnya kita memulai untuk mengenalkan produk lainnya, Sedia payung sebelum hujan akan lebih baik dibandingkan menggunakan waktu dan tenaga untuk mencari payung dikala sudah hujan.

Mengatur usaha sendiri akan lebih menyenangkan dibanding didikte orang lain, karena pada dasarnya pemilik usaha jualan bukanlah karyawan dari pemilik merek yang dijual.

ARTIKEL TERKAIT MARKETING

*  Omset turun karena kebijakan interen
*  Agen penjualan terkenal akan mengundang pemilik merek
*  Membangun kekuatan pada jaringan keagenan
*  Proteksi area pemasaran tidak bisa optimal

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...

Kalimat Promosi Jual hp Second atau Handphone Bekas Yang Trend

Promosi merupakan salah satu roh dari martketing dalam usaha menginformasikan suatu produk. Karena dengan promosi orang atau calon konsumen akan menjadi tahu tentang produk atau usaha kita. Bagaimana dengan Jual handphone atau jual hp bekas?. Handphone juga merupakan produk, Jadi juga tidak akan lepas dari yang namanya promosi. Banyak cara telah dilakukan oleh orang yang jual hp second atau handphone bekas dalam mengkampanyekan produk yang dijual. Salah satunya dalam bentuk tulisan. Biasanya tulisan ini ditempatkan pada media banner yang dipajang didepan toko handphone, Selain itu, Bisanya banner dibuat dalam warna yang mencolok. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang yang lewat depan toko hp tersebut. Selain warna banner yang mencolok, Biasanya kalimatnya juga sangat menarik dan menggugah orang yang lewat. Sebetulnya banyak kata-kata atau kalimat yang sering kita jumpai dalam promosi jual hp second atau handphone Bekas. Berikut beberapa kata promosi atau k...